Mubadalah.id – Onani atau masturbasi yang dilakukan oleh seseorang (laki-laki atau perempuan) dengan cara memainkan alat kelaminnya dengan tangannya sendiri tampaknya disepakati sebagai bagian dari tindakan yang merusak unsur etika dan tidak pantas dilakukan.
Kendatipun demikian, dari sudut kesehatan banyak para ilmuan dan psikolog mengatakan bahwa masturbasi tidak merusak kesehatan jika melakukannya tidak secara berlebih-lebihan. Kehilangan benih tidak merugikan bagi tubuh, karena kelenjar-kelenjar benih akan segera dapat mengisi kekosongan.
Sedangkan dalam konteks hukum legal-formal, para ulama ahli hukum Islam (fuqahâ`) berbeda pandangan dengan berbagai argumennya yang berimplikasi pada perbedaan pendapat hukumnya tentang masturbasi dan onani ini.
Secara kategorial, seperti termaktub dalam kitab-kitab fiqh, dapat kita klasifikasikan ke dalam lima pendapat hukum yang secara umum mampu menjelaskan masalah-masalah masturbasi. Kategori tersebut secara baik tercatat oleh Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqh al-Sunnah-nya.
Pendapat yang dikemukakan oleh para ulama mazhab Malikiyyah dan Syafi’iyyah. Mereka secara tegas berpendapat, bahwa masturbasi atau onani haram dilakukan oleh siapapun. Baik oleh kaum lelaki maupun perempuan, dewasa maupun remaja, sudah kawin maupun masih lajang, semuanya diharamkan melakukan masturbasi atau onani.
Hujjah atau argumen hukum yang mereka gunakan adalah firman Allah SWT. Menurut mereka, secara keseluruhan ayat-ayat al-Qur’an tersebut menyuruh kepada kita (umat manusia) untuk memelihara alat kemaluan atau kehormatannya (hifdh al-furûj) pada semua keadaan, kecuali ketika mendatangi istri-istri atau ‘budak-budak’ yang menjadi miliknya.
Pandangan Al-Suyuthi
Di samping ayat di atas, al-Suyuthi mengutip sebuah hadits yang dikeluarkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Muhammad Ibn Ka’ab bahwa “Setiap farj haram atas kamu kecuali dua farji: farji istri dan budak miliknya.”
Konsekuensi dari pemahaman demikian, apabila ada seorang lelaki yang melampaui batas dari dua keadaan tersebut. Yakni mendatangi istri dan budak miliknya–misalnya dengan cara masturbasi atau onani. Maka ia oleh ketentuan ayat al-Qur’an tersebut dimasukkan ke dalam orang yang melampaui batas dari sesuatu yang dihalalkan Allah SWT. Dipahami oleh mereka, “melampaui batas ini” adalah masuk ke dalam perbuatan yang diharamkannya.
Untuk lebih jelasnya, tercatat dalam firman Allah dalam redaksi sama yang terdapat dalam Surat al-Mu’minûn (23) ayat 5-7 dan Surat al-Ma’ârij (70) ayat 29-31:
“Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak-budak yang mereka miliki. Maka sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang tiada tercela. Barangsiapa yang mencari kebalikannya itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.”
Ketiga ayat di atas mengajarkan bahwa orang-orang yang memelihara kemaluannya (dengan tidak memasukkan penisnya ke sembarang vagina dan tidak membiarkan vaginanya dimasuki oleh sembarang penis) kecuali terhadap pasangannya yang sah (seperti istri dan suami) atau budak-budaknya (bagi tuan laki-laki).
Adalah termasuk orang mukmin yang akan memperoleh kebahagiaan (dalam Surat al-Mu’minûn). Dan tidak termasuk orang yang bersifat keluh kesah dan kikir. Bahkan apabila tertimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan ia amat kikir (dalam Surat al-Ma’ârij).
Mereka itulah orang-orang yang tidak tercela. Sementara orang yang melampiaskan nafsu syahwatnya dengan cara lain, seperti masturbasi atau onani, adalah orang-orang yang melampaui batas (al-‘âdûn).