Mubadalah.id – Apa yang dimiliki pesantren sehingga akhir-akhir ini begitu banyak dilirik orang? Utamanya saat banyak kelompok tertentu mengatasnamakan Islam untuk melegitimasi kekerasan. Kenapa perlu melirik pesantren?
Seharian tadi saya berada dalam sebuah pertemuan besar yang dihadiri lebih dari lima ratusan orang penggerak perubahan. Terdiri dari para sineas, aktivis, artis, pemangku kebijakan, investor, dan banyak lagi profesi, dari berbagai negara.
Pada acara ini, lima film dokumenter terpilih dipresentasikan sutradara dan produsernya. Lima film itu adalah Hidup dengan Bencana, Bara, Menggapai Bintang, Waste on My Plate, dan Pesantren.
Setelah presentasi, film akan dibahas beberapa panelis di atas panggung. Dan terakhir, peserta dari berbagai latar belakang itu memberikan dukungan agar film bisa memberikan dampak lebih luas dan maksimum.
Ada yang memberikan dukungan finansial, kerjasama liputan, kerjasama pemutaran dan diskusi film, penguatan sumber daya, undangan ke festival film international, dan sebagainya.
Dan yang membuatku datang ke sini adalah karena salah satu film mengangkat wajah pesantren. Ya, film itu berjudul “Pesantren”. Saya datang menggantikan Kang Faqih Abdul Kodir yang kebetulan ada agenda lain.
Film Pesantren mengangkat Pesantren Kebon Jambu, Cirebon, Jawa Barat. Pesantren yang dipimpin seorang perempuan, Nyai Masriyah Amva. Pesantren tempat berlangsungnya Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) 2017 silam.
Film ini mengikuti kehidupan dua orang santri dan dua guru muda. Bagaimana mereka hidup dan berinteraksi di pesantren.
Sutradara film, Salahuddin Siregar menjelaskan, dia ingin melawan stigma bahwa pesantren itu kolot dan tidak berkembang. Pesantren juga jarang dipimpin seorang perempuan. Tapi ternyata banyak pesantren yang membantah semua stigma itu.
“Saya sungguh terkesan. Saya menemukan kehidupan pesantren itu sangat dinamis, hangat, riang, dan terbuka,” katanya.
Santri tidak hanya mengaji, tetapi mereka didorong untuk kreatif, bermain musik, bahkan ber-stand up comedy.
Santri berpikiran terbuka dan menghargai orang lain. Mereka juga biasa membahas isu-isu kontemporer, tentu dalam kacamata Islam.
Produser film, Suryani Liauw, mengatakan, di tengah massifnya penguatan identitas akhir-akhir ini, pesantren akan menjadi benteng terakhir bangsa di masa datang.
Pesantren tidak seperti sekolah yang hanya mengejar prestasi akademik dan kecerdasan kognitif belaka. Pesantren membangun karakter dan menanamkan tanggung jawab terhadap masyarakat.
Salah seorang panelis, Anita Wahid mengatakan film Pesantren bisa memperlihatkan Islam yang tidak eksklusif, tapi inklusif, yang rahmatnya untuk seluruh alam.
Tugas kita sekarang adalah menyediakan panggung yang lebih besar untuk pesantren agar lebih banyak orang yang mengetahuinya. Itulah jalan ikhtiar pembuat film ini.
Saya jadi ingat sebuah pertanyaan dari teman, kenapa pesantren mengajarkan kitab yang radikal tapi santrinya tidak menjadi radikal?
Karena pesantren melakukan pembelajaran langsung dalam kehidupan. Materi yang disampaikan kiai selalu merupakan hasil dialog dengan lingkungan.
Sedangkan menurut KH Husein Muhammad, keterbukaan pemikiran disebabkan karena orang-orang pesantren menguasai banyak literatur.
Untuk membahas satu hal saja, pesantren akan mempunyai landasan teks yang beraneka rupa. Sehingga dengan sendirinya orang-orang pesantren terbiasa dengan perbedaan pendapat.[]