Mubadalah.id – Banyak ulama Nusantara yang mampu menunjukkan eksistensi diri di tanah suci Makkah. Bahkan, dalam sejarahnya, mereka bukan sekadar ulama figuran, lebih dari itu menjadi sosok-sosok yang berada di garis depan transmisi pengetahuan di tanah suci.
Menariknya, di antara ulama Nusantara yang mewarnai aktivitas keilmuan Makkah tidak hanya ada dari kalangan laki-laki, namun juga ada dari kalangan perempuan.
Salah seorang perempuan Nusantara yang memiliki kiprah keulamaan di tanah suci adalah Nyai Khoiriyah Hasyim. Progresivitas pemikiran dan gerakannya mampu membuka lebih luas gerbang pengetahuan bagi perempuan di Makkah pada masanya.
Ulama Perempuan yang Memperjuangkan Kesetaraan Pendidikan
Nyai Khoiriyah Hasyim merupakan putri dari Kiai Hasyim Asy’ari dan Nyai Nafiqah. Dia lahir di Tebuireng, Jombang, pada tahun 1908 M. Besar dalam lingkungan keluarga ulama pesantren, menjadikan Nyai Khoiriyah sejak kecil sudah akrab dengan keilmuan Islam di Pesantren Tebuireng. Dia belajar agama langsung kepada kedua orang tuanya yang adalah ulama mumpuni.
Privilege yang Nyai Khoiriyah miliki itu semakin berarti, sebab pada dasarnya dia merupakan seorang pelajar yang amat tekun. Dia memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menyerap ilmu dari Kiai Hasyim Asy’ari dan Nyai Nafiqah. Sehingga, dirinya pun tumbuh menjadi sosok ulama perempuan dengan keilmuan Islam yang mendalam.
Memiliki ilmu yang mendalam membuat Nyai Khoiriyah mampu membaca realitas kehidupan perempuan secara kritis. Dalam hal ini, Nyai Koiriyah sadar betul bahwa dalam masyarakat masih ada saja kesenjangan pendidikan bagi perempuan.
Sebagaimana penjelasan Fitrotul Muzayanah dalam “Gerakan Sosio-Intelektual Nyai Khoiriyah Hasyim,” bahwa Nyai Khoiriyah memandang perempuan harus mendapatkan hak yang setara dalam memperoleh pendidikan. Menurutnya, ajaran Islam tidak membedakan antara Muslim laki-laki maupun perempuan dalam hal menuntut ilmu.
Adanya pemikiran dan komitmen gerakan kesetaraan pendidikan, menjadikan Nyai Khoiriyah tampil sebagai ulama perempuan yang memperjuangkan ruang-ruang pendidikan yang layak bagi perempuan.
Melangkahkan Kaki ke Tanah Suci
Pernikahan Nyai Khoiriyah dengan Kiai Abdul Muhaimin al-Lasemi menghantarkan langkah kakinya ke tanah suci Makkah. Ini merupakan pernikahan kedua Nyai Khoiriyah. Sebelumnya, pada 1921 M, Nyai Khoiriyah menikah dengan Kiai Maksum Ali. Selang 12 tahun pernikahan mereka, pada 1933 M, Kiai Maksum Ali meninggal. Dan, pada 1940 M, Nyai Khoiriyah menikah dengan Kiai Abdul Muhaimin al-Lasemi.
Sebagaimana penjelasan Amirul Ulum dalam al-Jawi al-Makki: Kiprah Ulama Nusantara di Haramain, bahwa pada masa itu banyak orang Nusantara yang bermukim di Makkah. Mereka datang ke tanah suci ada yang untuk naik haji, belajar agama, dan mencari perekonomian. Mereka yang belajar sebagian memilih menetap serta mengajarkan ilmu yang mereka dapatkan di Makkah.
Satu di antara yang menetap itu adalah Kiai Abdul Muhaimin al-Lasemi, yang menjadi Direktur Madrasah Darul Ulum Makkah. Oleh karena itu, Nyai Khoiriyah yang telah menikah dengan ulama Lasem ini pun berangkat menuju tempat tinggal suaminya. Dia melangkahkan kaki ke tanah suci sambil membawa pemikiran progresifnya perihal kesetaraan pendidikan bagi perempuan dan laki-laki.
Memperjuangkan Pendidikan Perempuan di Makkah
Pada masa Nyai Khoiriyah ke Makkah, kondisi pendidikan bagi perempuan di Arab Saudi belum berjalan baik. Berbeda dengan pendidikan bagi laki-laki yang telah ada lembaganya, seperti Shaulatiyah dan Darul Ulum, pendidikan bagi perempuan masih berjalan seadanya tanpa ada lembaga yang sistematis.
Hal ini tentu membawa kerisauan tersendiri di hati Nyai Khoiriyah. Sebab, baginya perempuan juga berhak atas pendidikan yang baik. Sehingga, pada 1942 M, Nyai Khoiriyah mendirikan madrasah khusus perempuan yang berlokasi di Syamiah.
Perihal nama madrasah yang Nyai Khoiriyah dirikan, sebagaimana berdasarkan penjelasan Fitrotul Muzayanah, ada berbagai pendapat. Ada yang mengatakan nama madrasahnya Kuttabul Banat, Jam’iyah al-Khoiriyah, maupun Yayasan al-Khoiriyah. Entah yang mana pun namanya, yang jelas bahwa apa yang Nyai Khoiriyah lakukan telah membuka lebih luas gerbang pendidikan bagi perempuan di Makkah.
Madrasah yang Nyai Khoiriyah dirikan terbilang merupakan madrasah khusus perempuan yang pertama di Makkah. Dan, sebagaimana penjelasan Amirul Ulum, bahwa madrasah yang Nyai Khoiriyah rintis menginspirasi lahirnya lembaga pendidikan khusus perempuan lain. Misalnya, Jam’iyyah Khoiriyah Univesity yang Nyai Aminah, istri Syaikh Yasin al-Fadani, dirikan.
Nyai Khoiriyah mengelola madrasah yang dia dirikan sekitar sembilan tahun lamanya. Pada 1956 M, Kiai Abdul Muhaimin al-Lasemi meninggal. Dan, setahun setelahnya, pada 1957 M, Nyai Khoiriyah kembali ke Indonesia.
Di Indonesia, Nyai Khoiriyah tetap melanjutkan kiprah keulamaan perempuannya dalam memperjuangkan pendidikan yang baik bagi perempuan. Dia kembali mengasuh Pesantren Seblak, Jombang, yang dahulu Nyai Khoiriyah dan Kiai Maksum Ali dirikan.
Apa yang Nyai Khoiriyah lakukan jelas bukanlah sesuatu yang biasa saja. Pada masa pendidikan bagi perempuan di Makkah masih sangat terbatas, dia mampu membuka ruang pendidikan perempuan dengan mendirikan madrasah banat. Hal ini menjadikan sosoknya sebagai ulama perempuan Indonesia yang namanya pantas untuk terus terukir dalam sejarah. []