Mubadalah.id – Kitab “al-Adab al-Mufrad” merupakan salah satu karya seorang ulama besar dalam bidang hadis bernama Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim al-Bukhari atau yang karib dipanggil Imam Bukhori (w. 254 H). Kitab ini ditulis guna menampung hadis-hadis soal adab yang luput dari perhatian beliau ketika menuliskan kitab “Shahih al-Bukhari”. Sesuai namanya, kitab tersebut mengulas tuntas hal-hal yang erat kaitannya dengan adab secara independen.
Al-Bukhari –begitu ia dikenal—mengawali kitabnya dengan tema-tema seputar berbakti terhadap kedua orang tua. Beliau mencantumkan kurang lebih lima puluhan hadis terkait hal ini. Hadis pertama adalah kisah dari seorang sahabat bernama Abdullah. Suatu ketika ia pernah bertanya pada Nabi ihwal amal apa yang paling dicintai oleh Allah? Nabi kemudian mulai menjelaskan bahwa shalat di awal waktu adalah amal yang amat disenangi Tuhan, kemudian berbakti pada orang tua dan berjihad di jalan Allah swt.
Lebih lanjut, di halaman-halaman berikutnya atau tepatnya pada hadis nomer 32 dan 33, Imam Bukhari membuat bahasan khusus mengenai dahsyatnya doa kedua orang tua. Melalui hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad Saw pernah menyampaikan :
ثلاث دعوات مستجابات لهن ولا شك فيهن دعوة المظلوم ودعوة المسافر ودعوة الوالدين ولدهما
Artinya : “Terdapat tiga kategori doa yang terjamin diterima oleh Allah swt,. doa orang yang terdzalimi, doa orang yang sedang bepergian dan doa kedua orang tua kepada anaknya.”
Masih hadis riwayat Abu Hurairah, Nabi menuturkan sebuah kisah yang membuktikan betapa doa orang tua sangat ampuh, dan mujarab. Rasulullah saw bersabda :
ما تكلم مولود من الناس في المهد الا عيسى ابن مريم وصاحب جريج
Artinya : “Ketahuilah, sepanjang sejarah tidak pernah ada bayi yang dikarunai kemampuan bicara kecuali dua orang yaitu Nabi Isa bin Maryam dan shahib Juraij.”
Para sahabat jelas tahu betul siapa Nabi Isa bin Maryam. Kisah tentangnya sudah tersimpan rapi dalam lembaran-lembaran al-Qur’an. Tetapi nama berikutnya, mereka tidak tahu pasti. Nama tersebut begitu asing di telinga. Karena penasaran, salah seorang sahabat memberanikan diri bertanya :
“Wahai Nabi! Siapa gerangan yang anda maksud dengan shabib Juraij?”
Nabi mulai berpose layaknya seorang yang akan berkisah, kemudian beliau mulai menceritakannya.
Dahulu ada seorang shalih bernama Juraij. Ia merupakan pemuda yang amat gemar beribadah. Hari-harinya, ia habiskan hanya untuk bermunajat dan mendekatkan diri pada Allah, tidak yang lain. Seluruh gerak-geriknya bernilai ibadah, bahkan bisa jadi ia bersih dari dosa layaknya anak kecil yang baru lahir dari rahim ibunya.
Demi itu semua, dia rela menepi dari hiruk-pikuk dunia dengan membangun tempat ibadah (semacam mushala) yang jauh dari pemukiman warga. Pemuda itu memilih tinggal bersebelahan dengan padang rumput ketimbang harus menetap di tengah kebisingan.
Hingga suatu ketika, di saat Juraij sedang berasyik-maksyuk dengan shalatnya, tetiba terdengar suara lantang yang meneriakkan namanya. Suara itu tidak lain adalah ibu yang bermaksud meminta bantuan dari anaknya, Juraij. Panggilan ini sempat membuat hatinya goyah. Hampir saja ia putus shalatnya untuk datang memenuhi seruan ibunya. Namun demikian, ia akhirnya memantapkan tekad dan melanjutkan shalatnya.
Mendapati putranya tidak merespon, sang ibu mengulangi seruannya hingga tiga kali. Tetapi Juraij tak acuh. Seolah tidak peduli, ia malah makin asyik dengan ibadahnya. Hal ini membuat ibunya geram dan berucap :
والله لا اماتك الله يا جريج حتى تنظر في وجه المومسات
Artinya : “Demi Allah, kau tidak akan meninggal sebelum melihat wajah perempuan-perempuan pekerja malam.“
Sementara itu, di tempat lain tersebutlah seorang perempuan muda dengan paras cantik datang kepada raja guna berkeluh kesah. Dia mengadu kesucian yang mestinya dijaga, telah direnggut oleh pemuda bernama Juraij. Perempuan tersebut mengaku dirinya telah melakukan hubungan terlarang dengan kekasihnya. Ia juga baru saja melahirkan anak dari hubungan gelapnya itu. Sayang, ibarat kata “habis manis sepah dibuang”, kekasihnya Juraij enggan bertanggung jawab atas perbuatannya.
Alhasil, pengakuan perempuan ini berhasil membuat raja murka. Ia tidak habis pikir, Juraij yang selama ini dikenal sebagai pemuda yang tekun ibadah tak lain hanya pria hidung belang berkedok agama. Seketika, sang raja memanggil para ajudannya untuk bergegas membawa Juraij ke istana. Ia tak sabar mendengar pengakuan Juraij.
Sesampainya di tempat Juraij, tanpa pikir panjang mereka menyeretnya keluar dan menghajarnya habis-habisan. Tak hanya itu, mereka juga memberangus mushala tempat Juraij beribadah. Puas dengan tindakan anarkisnya, merekapun membawanya ke istana dengan tangan terikat.
Selama di perjalanan Juraij hanya bisa tertunduk. Tak kuasa mengangkat kepala lantaran malu. Hingga akhirnya ia mendapati mbak-mbak pekerja malam (المومسات) berjejer rapi di pinggir jalan seolah menyambut hangat kedatangannya. Momen ini mampu membuatnya berani angkat kepala dan sejenak melempar senyum kepada mereka.
Akhirnya Juraij pun tiba di istana, segera ia bertanya kesalahan apa yang telah diperbuat hingga raja tega suruh orang untuk menyiksanya. Sebab, dalam ingatannya Juraij tak pernah berbuat salah. Seluruh hidupnya hanya untuk ketaatan. Bahkan keluar mushala saja jarang. Raja kemudian menceritakan kronologi penangkapannya. Ia jelaskan kembali pengakuan dari perempuan tadi.
Usai mendengar penjelasan raja, Juraij meminta agar anak tersebut dibawa ke hadapannya. Entah kenapa, Juraij bertingkah aneh. Ia malah menanyai bayi mungil itu perihal siapa ayah kandung yang sebenarnya. Tak disangka, bayi tersebut berbicara, dan memberi jawaban :
“Ayahku adalah seorang pengembala sapi (yang sering merumput di dekat mushalamu).”
Sontak kejadian ini membuat seisi istana kaget, mereka sadar telah menuduh orang yang salah. Dengan mudahnya mereka percaya begitu saja pada pengakuan seorang perempuan tanpa lebih dulu memastikan kebenarannya.
Raja pun merasakan hal yang sama, ia sangat menyesal karena keliru membuat keputusan. Sebagai permohonan maaf, ia menawari Juraij untuk dibuatkan mushala dari emas atau perak. Tetapi Juraij enggan dan hanya meminta mushalanya dikembalikan seperti sediakala.
Di akhir cerita, salah seorang bertanya kepada Juraij soal kenapa dirinya tersenyum pada saat berpapasan dengan para perempuan pekerja malam. Ia jelaskan bahwa apa yang baru saja dialami tidak lain adalah dampak doa ibunya yang ‘jengkel’ karena Juraij ogah memenuhi panggilannya. Wallahu a’lam bisshawab. []