Mubadalah.id – Di era digital saat ini, banyak jenis pekerjaan yang booming, salah satu pekerjaan yang saat ini sedang booming adalah kreator konten media sosial. Kreator konten adalah seseorang yang sering atau rutin membuat konten dan membagikannya ke media sosial. Menjadi seorang kreator konten di zaman sekarang banyak diminati dari berbagai lini usia, khususnya anak muda milenial yang memiliki banyak ide dan menjadikannya sebuah konten.
Tidak jarang konten yang mereka buat menjadi viral di media sosial dan terlihat oleh jutaan penonton. Tidak heran banyak orang yang tertarik untuk menjadi seorang kreator konten seperti para artis, pejabat, gamers, dan food vlogger, biasanya mereka membuat konten mengikuti apa yang sedang hits dan viral.
Banyak konten yang bertebaran di media sosial dalam berbagai macam bentuk seperti konten edukasi, podcast, food vlogger, travel vlogger, desain, hingga konten prank yang akhir-akhir ini jadi tren dan menuai kontroversi.
Kreator konten harusnya selektif membuat konten yang menarik, memberikan edukasi, serta memiliki dampak positif. Namun, kenyataannya banyak konten yang bertebaran di media sosial yang tidak berfaedah, seperti konten prank yang saat ini sedang viral dan ramai menjadi omongan netizen yang banyak youtuber lakukan.
Konten Prank
Kemunculan konten prank yang mereka buat dengan dalih sebuah guyonan bisa kita sebut membohongi seseorang serta bersifat ‘mengerjai’. Konten ini awalnya dibuat seakan-akan serius namun ternyata bohongan saja, agar target yang terkena prank merasa terkejut, sedih, atau bahkan malu.
Konten prank memang tidak semua mengarah kepada hal buruk. Namun yang sangat kita sayangkan ialah dampak yang targetnya terima. Pada tahun 2009 terdapat program televisi di Indonesia bernama “Ups Salah” menayangkan konten seseorang yang dijadikan target untuk prank oleh pembawa acara. Target ada yang sampai kesal, panik bahkan ada yang sampai menangis. Ini sungguh sangat merugikan target walaupun kita tahu ini merupakan sebuah prank.
Baru-baru ini sedang ramai dan viral seorang artis terkenal kita ketahui mengalami kasus KDRT. Naiknya pemberitaan kasus KDRT ini, rupanya dimanfaatkan oleh salah satu artis yang juga seorang youtuber untuk ia jadikan konten. Dalam konten video artis tersebut, menampilkan istrinya berpura-pura mengalami KDRT, lalu melaporkan hal tersebut ke polisi. Di akhir video, artis tersebut mengungkapkan bahwa laporan itu hanya prank semata dan kemudian memberikan edukasi tentang KDRT.
Setelah video tersebut dia unggah di channel YouTubenya, sontak menimbulkan berbagai reaksi dari netizen. Namun rata-rata mengecam konten tersebut sebagai konten yang tidak baik. Pasalnya netizen menganggap artis tersebut menjadikan KDRT sebagai bahan prank. Hal ini tentu saja merupakan bukan tindakan yang bijak, meski ia bungkus dengan edukasi pada akhir video. Artis tersebut kemudian membuat klarifikasi bahwa konten tersebut semata untuk edukasi dan ingin melihat bagaimana reaksi polisi ketika mendapat laporan tentang KDRT.
KDRT bukan Bahan Candaan
Kasus KDRT bukanlah hal yang bisa menjadi bahan candaan. Sama halnya seperti gangguan mental yang tidak etis untuk kita jadikan bahan candaan. Dalam KDRT ada korban yang terluka baik jiwa maupun psikisnya. Kemungkinan besar korban akan memiliki trauma akibat kejadian yang ia alami. Seharusnya tindakan yang bisa kita lakukan adalah memberi dukungan dan simpati kepada korban, bukan malah menjadikannya sebagai konten peluang cuan.
Apalagi jika konten tersebut menjadikan kasus KDRT sebagai prank. Bagaimana perasaan korban ketika melihat seseorang membuat konten tentang kejadian traumatisnya itu seakan-akan hal candaan? Tentu itu akan berefek negatif kepada korban.
Banyak cara untuk membuat konten edukasi perihal KDRT. Salah satunya bisa kita lakukan dengan cara membuat diskusi atau bincang santai dengan ahli yang paham dalam menangani kasus KDRT. Cara lain mungkin bisa dengan memberi edukasi kepada publik agar lebih bijak dalam menghadapi permasalahan rumah tangga dan akibat yang ditimbulkan dari KDRT secara hukum.
Semoga kita bisa lebih bijak dalam membuat sebuah konten. Tujuannya agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang menonton, serta memberikan nilai-nilai positif sebagai seorang kreator konten. Kreator konten yang bijak pasti akan memberikan nilai yang baik dan bagus untuk masyarakat.
Bukan hanya dengan gagasan serta tujuan yang baik. Namun juga harus melakukannya dengan cara yang benar. Jejak digital akan selalu ada, jangan sampai kita mewariskan hal yang negatif kepada anak-anak kita maupun generasi setelah kita. []