Jumat, 3 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    Rumah Tinggal

    Mencari Rumah Tinggal bagi Keluarga Sakinah

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik dalam Perspektif Mubadalah

    Kehilangan Mama

    Apa Rasanya Kehilangan Mama?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

    Akhlak Luhur Nabi

    Meneladani Akhlak Luhur Nabi Muhammad Saw

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    Rumah Tinggal

    Mencari Rumah Tinggal bagi Keluarga Sakinah

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik dalam Perspektif Mubadalah

    Kehilangan Mama

    Apa Rasanya Kehilangan Mama?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

    Akhlak Luhur Nabi

    Meneladani Akhlak Luhur Nabi Muhammad Saw

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Ngaji Kitab Al-Sittīn Al-‘Adliyah (2): Prinsip Umum dalam Relasi Kehidupan

Dari kitab Al-Sittīn Al-‘Adliyah karya Kang Faqihuddin saya berkesimpulan bahwa puncak dari prinsip relasi kehidupan adalah akhlak mulia

Moh Soleh Shofier Moh Soleh Shofier
11 September 2023
in Rujukan
0
Ngaji Kitab Al-Sittīn Al-‘Adliyah Prinsip Relasi Kehidupan

Ngaji Kitab Al-Sittīn Al-‘Adliyah Prinsip Relasi Kehidupan

1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Saat ngaji edisi kedua dari kitab Al-Sittīn Al-‘Adliyah karya Kang Faqihuddin saya berkesimpulan bahwa puncak dari prinsip relasi kehidupan adalah akhlak mulia. Namun sebelum itu, saya teringat dengan status guru saya di akun Facebooknya, KH. Dr. Imam Nakhe’i. Pada intinya, keagamaan seseorang hendaknya diukur seberapa akhlak mulia yang terjewantahkan dan sebesar apa kasih sayang kepada sesama.

Hal ini salah satu respons terhadap fenomena masyarakat yang kebingungan memilih guru lantaran banyak bermunculan figur-figur keagamaan yang satu dengan lain terkesan tidak adem. Tangkasnya, suka menjelek-jelekkan satu sama lain. Menuduh yang satu tidak lebih Islami lantaran satu dan lain hal. Dia antaranya menyuarakan hak-hak perempuan yang sebagian orang menuduh melampaui pakem syariat.

Akhlak Mulia Sebagai Tolak Ukur Spiritualitas Seseorang

Maka sangat relevan mengaji kitab Al-Sittīn Al-‘Adliyah. Dalam hadis ketiga, Kang Faqihuddin menuliskan hadis yang secara tegas Nabi mengatakan bahwa kebajikan adalah akhlak yang mulia. Berawal dari kegelisahan salah seorang sahabat al-Nawwas menyangkut persoalan kebajikan dan keburukan.

14 – (2553) عَنِ النَّوَّاسِ بْنِ سَمْعَانَ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ: « سَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم عَنِ الْبِرِّ وَالْإِثْمِ فَقَالَ: ‌الْبِرُّ ‌حُسْنُ ‌الْخُلُقِ، وَالْإِثْمُ مَا حَاكَ فِي صَدْرِكَ، وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ »

Dari Nawwas bin Sam’an Radhiallahu ‘Anhu berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam tentang kebaikan dan dosa,” beliau menjawab, “Kebaikah adalah akhlak yang baik, sedang dosa adalah sesuatu yang mengganjal dalam hatimu dan kamu tidak suka jika orang lain mengetahuinya”. (HR. Imam Muslim, 6/8)

Dalam hadis itu, ketika nabi mendapatkan sodoran pertanyaan tentang kebajikan dengan enteng beliau menjawab bahwa kebajikan adalah akhlak yang mulia sementara dosa, sebagaimana Kang Faqihuddin menukil suatu keterangan, yaitu aktivitas yang membuat hati seseorang gundah dan enggan terekspos.

Akhlak Mulia Syarat Cinta Nabi

Lebih jauh pada hadis keempat, Kang Faqihuddin menuliskan hadis yang menjelaskan akhlak mulia sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan cinta Nabi dan bisa hidup bersama kelak.

عَنْ جَابِرٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: «إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ القِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا، وَإِنَّ أَبْغَضَكُمْ إِلَيَّ وَأَبْعَدَكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ القِيَامَةِ الثَّرْثَارُونَ وَالمُتَشَدِّقُونَ وَالمُتَفَيْهِقُونَ»،

“Sesungguhnya diantara orang yang paling aku cintai dan paling dekat kedudukannya dariku di Hari Kiamat adalah orang yang paling bagus akhlaknya dari kalian. Sesungguhnya orang yang paling aku benci dan paling jauh kedudukannya dariku di Hari Kiamat adalah banyak omong yang merugikan, meremehkan orang lain, dan sombong.” (HR. Al-Turmudzi, 4/370).

Jika menggunakan logika syarat dan masyrut, maka seseorang yang tidak berakhlak mulia tentu tidak akan mendapat cintanya Nabi. Apa lagi bersamanya kelak di hari kiamat. Sebagaimana Nabi menegaskan dalam separuh frasa selanjutnya. Dengan demikian, sebagaimana paparan kitab Al-Sittīn Al-‘Adliyah bahwa puncak dari prinsip relasi kehidupan adalah akhlak mulia.

Sekilas Interpretasi Hadis

Menarik mengkaji redaksi الثَّرْثَارُونَ yang secara leksikal bermakna banyak omong. Kang Faqihuddin dengan mengutip syarah hadis menjelaskan bahwa “Al-Tsartsarun” adalah berbusa-busa dalam omongan hingga keluar dari rel kebenaran.

Selain itu, jika dilihat dari aspek cakupannya lafal tersebut bersifat general. Karena lafal tersebut berbentuk plural yang kemasukan AL, yang menurut kajian kebahasaan bersifat umum dan cakupannya amat luas.

Ini artinya, siapapun (mau ustad, mau akademisi, mau intelektual hatta perempuan sendiri) yang sering membahas sesuatu dan tidak senapas dengan ajaran Islam masuk kategori tersebut. Baik melalui kedok dakwah dan lain semacamnya, baik virtual maupun online.

Misalnya, tidak sedikit orang menggembar-gemborkan seorang perempuan  harus begini dan begitu, tidak boleh begini dan begitu, tidak boleh keluar rumah karena mengandung fitnah (menggoda). Seolah-olah Islam mengekang kebebasan perempuan lantaran jenis kelamin perempuan.

Di saat yang sama seringkali merendahkan perempuan-perempuan yang tidak sesuai dengan anjurannya. Merendahkan perempuan lantaran akal dan agamanya kurang, memandang perempuan sebagai manusia kelas dua baik dalam bidang spiritual dan lainnya karena perempuan adalah makmum. Dengan demikian, ia juga masuk dalam kategori المُتَشَدِّقُونَ (meremehkan orang lain).

Kasih Sayang Sebagai Puncak Akhlak Mulia

Sebagai penutup bab ini, Kang Faqih, memasukkan hadis yang amat relevan di mana Nabi menjelaskan bahwa manusia yang berakhlak mulia dan menyangi akan disayangi pula. Kebalikannya, orang yang tidak menyayangi maka akan sulit mendapat kasih sayang dari orang lain.

Ini menegaskan bahwa puncak dari prinsip relasi kehidupan adalah akhlak mulia sebagaimana saat ngaji edisi kedua dari kitab kitab Al-Sittīn Al-‘Adliyah karya Kang Faqihuddin tersebut.

Secara fitrah manusia (cenderung) ingin timbal balik, maka dalam mengokohkan akhlak mulia beliau juga mengiming-imingi konsekuensi-konsekuensi yang akan ada. Tentu saja, hal ini tidak bisa diambil mafhum sebagaimana berkembang di tengah masyarakat bahwa “Orang yang tidak baik maka kita tidak perlu baik padanya”.

Bukan seperti itu, Islam tidak mengenal logika demikian. Sebab, sebagaimana di muka, muslim sejati adalah orang yang senantiasa menebarkan kedamaian.

«عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَبَّلَ الْحَسَنَ بْنَ عَلِيٍّ، وَالْأَقْرَعُ بْنُ حَابِسٍ التَّمِيمِيُّ جَالِسٌ، فَقَالَ الْأَقْرَعُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ لِي لَعَشَرَةً مِنَ الْوَلَدِ مَا قَبَّلْتُ مِنْهُمْ إِنْسَانًا قَطُّ، قَالَ: فَنَظَرَ إِلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: “إِنَّ ‌مَنْ ‌لَا ‌يَرْحَمُ ‌لَا ‌يُرحَمُ”»

“Barang siapa tidak menyangi maka tidak akan disayang”. (HR. Bukhari, 5/2235).

Historis Hadis dan sekilas Interpretasinya

Menurut riwayat, latar-belakang hadis itu lantaran sahabat Al-Qra’ bin Habis al-Tamimi. Ia merasa terheran-heran dengan sikap Nabi yang mencium Hasan, cucunya yang masih kecil (Hasan). Di saat yang sama kondisi sosial kala itu menganggap seorang lelaki (ayah/kakek) dianggap aib bila mencium anak-anaknya.

Menurut tradisi ini, tak sepantasnya ayah sebagai lelaki mencium anak-anak cowok apa lagi cewek. Karena lelaki identik dengan sikap maskulin yang harus tegas bahkan kasar. Sementara mencium anak-anak adalah bentuk feminin. Maka Al-Qra’ bin Habis meski sudah memiliki sepuluh anak ia masih belum mencium anak-anaknya.

Hebatnya, Nabi bersabda tidak hanya merespons keheranan Al-Qara’ bin Habis. Padahal bisa saja Nabi bersabda, “Kau yang tidak menyayangi anaknya maka anakmu jiga tidak akan menyayangimu”. Tapi tidak. Nabi justru bersabda dengan jangkauan yang luas. Tidak hanya kepada Al-Qara’ bin Habis tetapi seluruh manusia, baik lelaki maupun perempuan yaitu (مَنْ).

Lebih dari itu, tidak hanya menyangi anak tetapi seluruh manusia dan makhluk hidup. Ya, makluk hidup semisal lingkungan. Terbukti, lingkungan yang tidak kita sayangi dan hanya tereksploitasi maka akan murka dengan berbagai akibatnya semisal longsor, banjir, dan lain-lain.

Terakhir, saya menjadi paham mengapa KH. Imam Nake’i mengatakan bahwa tolak ukur kualitas keagamaan seseorang adalah akhlak mulia dan seberapa besar kasih sayangnya kepada sesama. Bukan hanya seberapa banyak hafal hadis, Alquran, dan postulat hukum fikih serta teori ushul fikih. []

Tags: Akhlak MuliaAl-Sittīn Al-‘Adliyahkasih sayangPrinsip Relasi Mubadalahrelasi kehidupan
Moh Soleh Shofier

Moh Soleh Shofier

Dari Sampang Madura

Terkait Posts

Non Muslim yang
Publik

Meneladani Sifat Kasih Sayang Nabi Muhammad kepada Non Muslim

26 September 2025
Saling Pengertian
Publik

Gus Dur, Gereja, dan Kearifan Saling Pengertian Antarumat Beragama

18 September 2025
Kasih Sayang
Hikmah

Mengasuh Anak dengan Penuh Kasih Sayang

24 Juli 2025
Kekerasan Anak
Hikmah

Mengasuh Anak dengan Kasih Sayang, Bukan Kekerasan

24 Juli 2025
IBu
Hikmah

Kasih Sayang Seorang Ibu

7 Juli 2025
Kasih Sayang Orang Tua
Hikmah

Pentingnya Relasi Saling Kasih Sayang Hubungan Orang Tua dan Anak

7 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik
  • Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik
  • Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID