Rabu, 17 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    gerakan peradaban

    Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

    Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    Kekerasan Seksual

    Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    Gender KUPI

    Julia Suryakusuma Apresiasi Peran KUPI dalam Mendorong Islam Berkeadilan Gender

    sikap ambivalen

    Julia Suryakusuma Soroti Ancaman Kekerasan Seksual dan Sikap Ambivalen terhadap Feminisme

    Feminisme

    Julia Suryakusuma: Feminisme Masih Dibutuhkan di Tengah Krisis Multidimensi Indonesia

    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

    Dialog Publik KUPI

    Dialog Publik KUPI: Dari Capaian hingga Tantangan Gerakan Keulamaan Perempuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Tubuh Perempuan

    Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang

    Seksisme

    Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan

    Donasi Pembalut

    Donasi Pembalut Tidak Penting? Ini Bukti Kesehatan Reproduksi Masih Diremehkan

    Konservatisme Islam

    Menguatnya Konservatisme Islam Kian Menekan Perempuan

    Hidup yang Bermakna

    Hidup yang Bermakna dalam Perspektif Katolik

    Ruang Digital

    Menjaga Jari di Ruang Digital: Etika Qur’ani di Tengah Krisis Privasi

    Isu perempuan

    Menjadi Lelaki Penyuara Isu Perempuan, Bisakah?

    Lingkungan Perempuan

    Kerusakan Lingkungan dan Beban yang Dipikul Perempuan

    Halaqah Kubra KUPI

    Halaqah Kubra KUPI Dua Ribu Dua Lima yang Sarat Makna

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    gerakan peradaban

    Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

    Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    Kekerasan Seksual

    Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    Gender KUPI

    Julia Suryakusuma Apresiasi Peran KUPI dalam Mendorong Islam Berkeadilan Gender

    sikap ambivalen

    Julia Suryakusuma Soroti Ancaman Kekerasan Seksual dan Sikap Ambivalen terhadap Feminisme

    Feminisme

    Julia Suryakusuma: Feminisme Masih Dibutuhkan di Tengah Krisis Multidimensi Indonesia

    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

    Dialog Publik KUPI

    Dialog Publik KUPI: Dari Capaian hingga Tantangan Gerakan Keulamaan Perempuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Tubuh Perempuan

    Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang

    Seksisme

    Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan

    Donasi Pembalut

    Donasi Pembalut Tidak Penting? Ini Bukti Kesehatan Reproduksi Masih Diremehkan

    Konservatisme Islam

    Menguatnya Konservatisme Islam Kian Menekan Perempuan

    Hidup yang Bermakna

    Hidup yang Bermakna dalam Perspektif Katolik

    Ruang Digital

    Menjaga Jari di Ruang Digital: Etika Qur’ani di Tengah Krisis Privasi

    Isu perempuan

    Menjadi Lelaki Penyuara Isu Perempuan, Bisakah?

    Lingkungan Perempuan

    Kerusakan Lingkungan dan Beban yang Dipikul Perempuan

    Halaqah Kubra KUPI

    Halaqah Kubra KUPI Dua Ribu Dua Lima yang Sarat Makna

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Mengenal Relasi Diri dengan Al-Qur’an di Kala Pandemi

Yulia Dwi Andriyanti Yulia Dwi Andriyanti
3 Agustus 2020
in Pernak-pernik
0
Mengenal Relasi Diri dengan Al-Qur’an di Kala Pandemi

(sumber foto tebuireng.online)

69
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Di masa physical distancing ini, salah satu cara untuk menjaga kewarasan diri adalah tetap terhubung dengan orang-orang terkasih. Meskipun, tetap saja ya rasanya berbeda antara ngobrol dari balik layar ponsel atau laptop dibanding ketemu secara langsung. Bahkan, mudik untuk berlebaran pun belum tentu dirasakan semua orang dalam situasi ini.

Ngobrolin tentang keterhubungan alias merawat relasi dengan orang-orang terkasih, saya jadi mengingat tentang membangun relasi yang lain. Kali ini, pertanyaannya agak jleb.

“Bagaimana relasimu dengan Qur’an?”

Pertanyaan ini nyantol di kepala karena saya ikut webinar yang diadakan Musawah, sebuah gerakan global tentang kesetaraan dan keadilan dalam keluarga Muslim. Undangan webinar ini nongol di barisan email baru saya sekitar dua minggu lalu.

Webinar ini bertajuk Feminist Quest for Quranic Justice, Beauty and Spiritual Care dengan para feminis kece sebagai narasumbernya, yakni Asma Lamrabet dan Mulki Al-Sharmani. Webinar ini mengajak saya untuk melihat lebih jauh ke dalam subjektivitas diri saya – sebagai perempuan queer Muslim – mengenai relasi saya dengan Al-Qur’an, terlebih dalam masa swakarantina akibat pandemi dan berbarengan dengan bulan Ramadhan.

Saya mulai menarik napas dalam-dalam karena di ingatan saya, teks-teks Al-Qur’an tak melulu selalu terasa melegakan atau menyenangkan hati. Ini karena Al-Qur’an tidak bicara untuk dirinya sendiri. Al-Qur’an, sebagai sebuah teks suci, tetap sarat tafsir berdasarkan si penafsirnya.

Hingga tak jarang berbagai posting di media sosial kerap menjadikan teks-teks Qur’an untuk melegitimasi tindakan penghakiman dan kebencian. Namun, kali ini saya bersyukur karena saya diajak untuk berefleksi ulang tentang relasi saya dengan Al-Qur’an sebagai upaya merawat kebahagiaan spiritual.

Mulki Al-Sharmani menyampaikan tentang diri yang satu (nafs wahida). Manusia itu sesungguhnya berasal dari diri yang satu dan kemudian bertumbuh secara berbeda-beda. Keberbedaaan itu sungguh-sungguh melampaui situasi yang serba hitam-putih.

Seketika, ingatan saya tiba pada kesedihan bercampur marah terhadap Mira, seorang transpuan dari Cilincing, yang tetap harus keluar rumah semasa swakarantina namun dituduh sebagai pencuri dan akhirnya dibunuh dengan cara dibakar. Kenapa seseorang bisa membenci sesama manusia dengan sangat sehingga menghilangkan kehidupannya?

Lalu, Asma Lamrabet menjelaskan tentang konsep istikhlaf yang merupakan simbolisasi dari hubungan yang erat antara manusia dan Pencipta. Kata khalifa ternyata merupakan salah satu bentuk yang ada di Qur’an untuk menjelaskan konsep istikhlaf.

Selama ini, saya pikir khalifa fil ard berarti pemimpin di bumi. Namun, Asma Lamrabet menyampaikan bahwa ini berarti wakil Tuhan di bumi. Bukan arti literal yang kerap dijadikan legitimasi para penguasa untuk menundukkan rakyatnya. Wakil Tuhan di bumi ini menyiratkan hubungan sangat dekat yang dikehendaki Tuhan dengan manusia.

Berbeda dengan hubungan antara Tuhan dan malaikat yang merupakan hubungan ketundukan dan kepatuhan. Tuhan menghendaki hubungan yang erat, dekat dan setara dalam mewujudkan sebuah misi, yakni untuk mengelola kehidupan di bumi.

Mengelola kehidupan di bumi berarti bukan sekedar kehidupan manusia, tapi juga binatang, tumbuhan dan bumi itu sendiri. Pandemi memberikan tanda yang sungguh kentara agar saya melihat ulang relasi saya sebagai manusia dengan makhluk lainnya dan semesta yang saya bernaung didalamnya.

Sudahkah saya merawat semesta seperti saya merawat diri saya sendiri? Sebagai orang yang hidup di daerah urban dengan kecemasan terhadap krisis pangan, saya bersyukur karena para petani di desa-desa bersolidaritas lewat donasi pangan bagi orang-orang miskin kota.

Namun di sisi lain, saya juga khawatir karena tak sedikit petani yang terancam penghidupannya karena tanahnya digusur perusahaan sawit ataupun tambang dan berujung pada tindak kriminalisasi terhadap para petani tersebut. Padahal, petani dan tanahnya adalah wujud nyata dari cara manusia berrelasi dengan alam.

Dalam pencarian seorang feminis tentang keadilan dan keindahan Al-Qur’an, Asma Lamrabet mengajak komunitas Muslim untuk melakukan refleksi mendalam terhadap kehidupan ekologi yang sangat terkait erat dengan kehidupan manusia itu sendiri. Kemudian, Mulki Al-Sharmani mengingatkan tentang pentingnya masyarakat Muslim untuk berpihak pada individu dan kelompok yang kerap mengalami opresi berlapis dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika saya berupaya menjawab tentang relasi saya dengan Al-Qur’an, saya mengingat beberapa hal yang saya dengar. Tentang cerita Olot Suharya, seorang tokoh masyarakat adat Kasepuhan Cisungsang yang beragama Sunda Wiwitan dengan komunitas agrarisnya, mengenai masih penuhnya lumbung-lumbung padi mereka untuk memenuhi kebutuhan enam bulan ke depan.

Juga tentang Jeni, seorang transpuan muda di Yogyakarta yang bersama-sama mengelola dapur umum dan mengantarkan bahan pangan untuk kelangsungan hidup kawan-kawannya, agar bisa bertahan selama pandemi.

Masa pandemi membuat saya mampu menyediakan lebih banyak waktu untuk melakukan perjalanan ke dalam diri sendiri, terutama mengenali nilai-nilai setara dan relasi yang saling. terpaut antara diri sebagai bagian dari nafs wahidah dengan semesta raya yang tak lelah menghidupi saya.

Bagi saya, berelasi dengan Al-Qur’an merupakan upaya yang tak putus untuk merayakan kehidupan kemanusiaan dan alam yang lestari. Maka, saya mengamini pencarian feminis terhadap Qur’an karena ia membawa saya pada perjalanan menuju Islam yang membawa rahmat bagi seluruh alam. Kalau kamu, gimana menjelaskan relasimu dengan Al-Qur’an? []

Yulia Dwi Andriyanti

Yulia Dwi Andriyanti

Terkait Posts

Jilbab dan Aurat
Buku

Buku Jilbab dan Aurat: Membaca Ulang Tanda Kesalehan Perempuan

17 Desember 2025
Tubuh Perempuan
Publik

Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang

17 Desember 2025
Seksisme
Publik

Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan

17 Desember 2025
Donasi Pembalut
Personal

Donasi Pembalut Tidak Penting? Ini Bukti Kesehatan Reproduksi Masih Diremehkan

17 Desember 2025
Konservatisme Islam
Publik

Menguatnya Konservatisme Islam Kian Menekan Perempuan

17 Desember 2025
Hidup yang Bermakna
Personal

Hidup yang Bermakna dalam Perspektif Katolik

16 Desember 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menguatnya Konservatisme Islam Kian Menekan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Donasi Pembalut Tidak Penting? Ini Bukti Kesehatan Reproduksi Masih Diremehkan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Buku Jilbab dan Aurat: Membaca Ulang Tanda Kesalehan Perempuan
  • Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang
  • Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan
  • Donasi Pembalut Tidak Penting? Ini Bukti Kesehatan Reproduksi Masih Diremehkan
  • Menguatnya Konservatisme Islam Kian Menekan Perempuan

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID