• Login
  • Register
Minggu, 8 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Featured

Pancasila Ada dalam Laku Kehidupan Manusia

Pancasila disebut titik temu dari beragam berbeda agama dan budaya; bahwa di balik semua perbedaan yang dialami manusia, ada sisi-sisi yang sama yang mempertemukan segala perbedaan, inilah substansi bhinneka tungal ika.

Listia Listia
09/06/2021
in Featured, Pernak-pernik
0
Pancasila

Pancasila

158
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dalam suatu forum kajian ‘Pembudayaan Pancasila di Sekolah’ bersama guru-guru di sebuah SMPN terkenal di Jogjakarta pada 2018 silam, seorang ibu guru bertanya dengan wajah tulus, “Bu, masyarakat Indonesia sangat beragama. Apakah berarti Pancasila diposisikan di atas kitab suci?”. Pertanyaan penting ini pernah ditanyakan oleh banyak pendidik, termasuk dosen. Bahkan dalam forum lain Prof Amin Abdullah bercerita ada profesor yang mengajukan pertanyaan yang sama.

Dalam hati saya heran juga, (apa karena saya hanya pendidik non formal sehingga berimajinasi soal ini sudah beres di tingkat para pendidik).  Mengapa hal seperti ini masih jadi pertanyaan?

Saya yang waktu itu sedang piket mewakili jaringan kerjasama Pappirus, AMAN Indonesia, FTIK UIN Sunan Kalijaga, Rumah Kearifan, FIS UNY, Setara Institute PSPP UKDW, mencoba memberi penjelasan. Saya tulis di hari bersejarah ini sebagai pengantar.

“Pancasila dan Kitab suci memiliki ranahnya masing-masing. Dalam kehidupan keagamaan masing-masing umat beragama, kitab suci adalah rujukan utama. Dalam urusan internal agama atau kadang disebut urusan privat kemasyarakatan, kitab suci menjadi pokok. Tapi dalam ranah di mana banyak orang dari berbagai latar belakang agama hidup saling bekerjasama, kitab suci suatu agama tidak dapat mengatur hidup penganut agama berbeda karena mereka memiliki kitab suci sendiri, ini biasanya disebut dengan ranah publik dan di sinilah tempatnya Pancasila.”

Oleh karena itu Pancasila disebut titik temu dari beragam berbeda agama dan budaya; bahwa di balik semua perbedaan yang dialami manusia, ada sisi-sisi yang sama yang mempertemukan segala perbedaan, inilah substansi bhinneka tungal ika.

Mengapa titik temu, karena pada Pancasila terdapat nilai-nilai yang diajarkan agama-agama dan budaya di Indonesia. Ada yang menyebut titik temu ini sebagai dasar etika sosial bersama, ada yang menyebut akhlak dalam muamalah, ada pula yang menyebut konsensus atau kesepakatan. Namun intinya menjelaskan Pancasila ada pada wilayah publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian Pancasila dan kitab suci memiliki ranahnya masing-masing, tidak bertentangan justru saling menguatkan.

Baca Juga:

Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila

Fenomena Inses di Indonesia: Di Mana Lagi Ruang Aman bagi Anak?

Menilik Peran KUPI Muda dalam Momen Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

#JusticeForArgo: Melawan Privilese Dalam Menegakkan Keadilan Korban

Tgl 1 Juni adalah pertama kali istilah Pancasila dikenalkan oleh Bung Karno untuk bakal dasar negara yang kala itu tengah digodog oleh Tim BPUPKI. Tgl 18 Agustus 1945 rumusan resmi menjadi dasar negara di tetapkan. Dua tanggal dalam satu moment. Tanggal 1 Juni menjadi hari kelahiran, Pancasila, 18 Agustus menjadi hari konstitusi.

Menurut saya yang terpenting Pancasila  dalam laku personal dan dalam kebijakan pemerintah maupun lembaga-lembaga publik. Pada masa Orde Baru luar biasa indoktrinasi Pancasila di semua lembaga. Mendidikkan Pancasila dengan cara indoktrinasi terbukti tidak berhasil, orang taat karena dorongan kekhawatiran bahkan ketakutan.

Padalah pendidikan nilai lebih membutuhkan tauladan pemimpin dan kebijakan yang mendorong persatuan dan keadilan sosial. Namun yang terjadi kala itu Pancasila digunakan sebatas jargon yang dipakai memperkuat tampilan kuasa negara, untuk mengembangkan kecurigaan dan stigmatisasi bahkan  penghukuman bagi warga negara yang berbeda pandangan dengan negara kala itu.

Setelah reformasi masyarakat mengalami rasa jenuh kelas berat pada Pancasila karena perlakukan negara dalam membawakan Pancasila era sebelumnya itu, sehingga seperti lupa pada maknanya yang sangat fundamental. Bahkan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pun tidak mencantumkan Pancasila sebagai ideologi pendidikan. Padahal sewajarnya Pancasila menjadi ideologi pendidikan agar generasi muda Indonesia tidak kehilangan akar kemanusiaan di tengah arus perubahan besar dunia.

Semoga ada perubahan dalam hal ini pada Undang-undang tersebut dalam prolegnas kali ini DPR juga memiliki ketetapan hati soal ideologi pendidikan ini. Dan kita, janganlah mengulang kebiasaan menjadikan Pancasila sekedar jargon namun sepi dalam lakunya, misalnya membiarkan (atau ikut -ikutan memperbesar pembelahan dalam masyarakat karena perbedaan pandangan).

Bagaimana praktik Pancasila untuk netizen menurut anda? []

Tags: Bhinneka Tunggal IkaIdeologi NegaraIndonesiakeadilanKebangsaanPancasilaPerdamaiantoleransi
Listia

Listia

Pegiat pendidikan di Perkumpulan Pendidikan Interreligus (Pappirus)

Terkait Posts

Anda Korban KDRT

7 Langkah yang Dapat Dilakukan Ketika Anda Menjadi Korban KDRT

7 Juni 2025
KDRT

3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

7 Juni 2025
Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

Islam Berikan Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

6 Juni 2025
Wuquf Arafah

Makna Wuquf di Arafah

5 Juni 2025
Aurat

Aurat Perempuan: Antara Teks Syara’ dan Konstruksi Sosial

5 Juni 2025
Batas Aurat

Menelusuri Perbedaan Pendapat Ulama tentang Batas Aurat Perempuan

5 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Jam Masuk Sekolah

    Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 7 Langkah yang Dapat Dilakukan Ketika Anda Menjadi Korban KDRT
  • Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan
  • Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID