Mubadalah.id – Sepertinya sudah menjadi rahasia umum yang diketahui banyak orang, stigma perempuan sebagai penduduk terbanyak neraka. Sebagai perempuan, pastilah aku merasa tidak sepakat dengan hal ini. Seakan terlahir sebagai perempuan secara otomatis mengantongi tiket neraka. Bahkan stigma ini kerap dilandasi oleh hadits Rasulullah Saw. Aku makin menyangsikan hal ini, karena Rasulullah dalam keyakinanku adalah representasi Islam yang rahmatan lil alamin dan sarat akan akhlakul karimah.
Beruntung dalam tadarus subuh Kyai Faqih, membahas tema “Benarkah perempuan penduduk terbanyak neraka?” Dan benar saja, hadits yang dibahas adalah hadits yang kerap digunakan untuk menggiring opini publik pada stigma perempuan penduduk terbanyak neraka. Teks hadits itu adalah “iththola’tu fil jannati wa ra-aytu aktsara ahlahaa al-fuqaraa-a wa-th-thola’tu fi-n-naari fa ra-aytu aktsara ahlahaa an-nisaa” (aku diperlihatkan pada surga dan aku lihat kebanyakan penduduknya adalah orang-orang miskin. Dan aku juga diperlihatkan pada neraka dan aku lihat kebanyakan penduduknya adalah perempuan) HR. Bukhari.
Kyai Faqih kembali mengingatkan, bahwa hadits berbeda dengan Al-Qur’an. Jika Al-Qur’an sudah disepakati oleh semua sahabat sejak zaman Rasulullah, maka hadits yang baru dikumpulkan setelah wafatnya Rasulullah, statusnya diterima oleh sebagian sahabat dan ulama namun juga ditolak oleh sebagian lainnya. Mereka bukan menolak hadits dari Rasulullah, melainkan menolak perawi atau sanad dari hadits itu. Karena memang, jika salah satu dari sanad ataupun perawinya tidak kredibel, maka status hadits menjadi gugur karenanya. Sebagaimana hadits yang kerap digunakan untuk menstigma perempuan sebagai penduduk neraka terbanyak.
Kyai Faqih menjelaskan bahwa teks hadits tentang perempuan penduduk terbanyak neraka seakan mempunyai makna bahwa “penduduk ahli surga kebanyakan adalah orang-orang fakir miskin dan penduduk ahli neraka kebanyakan adalah perempuan”. Kyai Faqih memberikan analogi yang jelas, bahwa fakir miskin dan perempuan bukanlah dua hal yang dapat dibandingkan, sehingga lafadz keduanya dalam hadits menjadi tidak apple to apple.
Dan aku juga sepakat dengan itu, fakir miskin adalah tentang keadaan sedangkan perempuan adalah jenis kelamin, fakir miskin dapat dipilih dan berubah berdasarkan upaya, sedangkan perempuan adalah hal kodrati dan anugerah dari Allah yang tidak dapat dipilih. Bagaimana mungkin membandingkan dua hal yang sejak awalnya sudah tidak sebanding?
Ada sebuah hadits yang memiliki teks serupa dengan teks hadits sebelumnya, yaitu “kharaja rasulullah saw fii adh-haa aw fithri ila-l-mushallaa, fa marra ‘ala-n-nisaa’ fa qaala ‘yaa ma’syara-n-nisaa’ tashaddaqanna fainnii uriitukunna aktsara ahli-n-naar”. Pada hadits ini, dijelaskan bahwasanya pada saat itu Rasulullah tengah berjalan-jalan di sebuah hari raya, kemudian Rasulullah menemui perempuan dan mengajak mereka bersedekah, seraya berseloroh kepada mereka “bersedekahlah kalian, karena aku diperlihatkan bahwa kalian banyak di neraka”.
Melalui hadits ini, jelaslah jika perempuan yang dimaksud adalah mereka yang saat itu hadir di hadapan Rasulullah, bukan keseluruhan perempuan di dunia ini, hal ini dibuktikan dengan kata “kalian” yang dimaknai sebagai perempuan yang hadir di hadapan Rasulullah saat itu. Dan maksud dari hadits ini adalah ajakan untuk bersedekah, sebagai upaya pembebasan dari ahli neraka, bukan penghakiman atas perempuan sebagai penduduk terbanyak neraka.
Jika menilik pada ayat ke-40 Surat Ghafir yang artinya “…dan barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan sedangkan dia dalam keadaan beriman, maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezeki di dalamnya tidak terhingga…”, jelaslah bahwa yang menentukan seseorang sebagai ahli surga adalah amal shalih, keimanan dan perangai baik, bukan karena jenis kelamin laki-laki atau perempuan.
Kyai Faqih mengutip ayat ke-18 dari surat Az-Zumar, yang berbunyi “fabasysyir ‘ibaadi alladziina yastami’uuna-l-qaula fa yattabi’uuna ahsanah” berilah kabar gembira kepada hamba-hambaku yang mendengar perkataan/firman (Al-Qur’an), (dari semua yang didengar) ia mengikuti yang terbaik.
Jika merujuk pada ayat di surah Az-Zumar, maka yang dipilih dan diikuti adalah yang ahsanahu, yang terbaik. Lantas yang terbaik itu yang bagaimana? jika yang terbaik dampaknya, maka menurut konsep Imam Ghazali, dampak yang terbaik adalah dampak yang menguatkan hubungan kita dengan Allah dan menguatkan hubungan kita dengan manusia untuk berakhlak mulia.
Apakah pemaknaan hadits perempuan sebagai penduduk terbanyak neraka memberikan dampak yang baik terlebih bagi perempuan? Menurutku pemaknaan seperti ini hanya akan membawa dampak buruk bagi perempuan khususnya. Karena menurut keyakinanku, penduduk terbanyak surga dan neraka tidak ada kaitannya dengan jenis kelamin, melainkan pada perbuatan baik dan buruk seseorang, laki-laki maupun perempuan. []