Mubadalah.id – Dalam berbagai konteks sosial dan keagamaan, perempuan kerap menjadi kelompok paling rentan. Alih-alih mendapatkan perlindungan yang adil, mereka justru dibebani oleh sederet aturan yang dibungkus dengan dalih moralitas dan kehormatan. Padahal, aturan-aturan tersebut lebih sering berfungsi sebagai alat kontrol sosial yang mengekang perempuan dan memperkuat dominasi laki-laki.
Sebagaimana pandangan Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dalam bukunya Pertautan Teks dan Konteks dalam Muamalah, fikih yang dibangun di atas asumsi negatif terhadap perempuan pada dasarnya adalah bentuk legitimasi terhadap cara pandang yang menganggap tubuh dan keberadaan perempuan sebagai sumber masalah. Inilah yang kemudian dikenal sebagai “fikih fitnah”.
Fikih fitnah telah menanamkan kesadaran kolektif yang reduktif terhadap perempuan. Gerak-gerik perempuan dipandang sebagai ancaman moral. Ruang publik pun dianggap harus “diamankan” dari kehadiran perempuan bukan karena mereka berbuat salah. Melainkan karena adanya pandangan keliru yang membebani perempuan atas ketidakmampuan sebagian laki-laki mengendalikan hasrat dan prasangkanya.
Sudah saatnya umat Islam meninggalkan fikih yang berbasis kecurigaan dan praduga tak berdasar. Kita membutuhkan paradigma baru yaitu fikih amanah. Sebuah pendekatan hukum Islam yang berlandaskan pada nilai kepercayaan, tanggung jawab moral, dan keadilan sosial.
Pandangan Ibn Qayyim al-Jawziyyah
Konsep ini bukan hal baru dalam khazanah Islam. Ibn Qayyim al-Jawziyyah dalam I’lam al-Muwaqqi’in ‘an Rabb al-‘Alamin menegaskan bahwa syariat sejati adalah yang mencerminkan kasih sayang, keadilan, dan kemaslahatan. Jika suatu fatwa atau interpretasi hukum justru menimbulkan kezaliman, diskriminasi, dan kerusakan sosial. Maka ia tidak layak menjadi bagian dari syariat, meskipun berbasis pada teks-teks keagamaan.
Lebih jauh, perlu kita tinjau ulang bagaimana kata fitnah berada dalam diskursus Islam. Karena dalam banyak hadis populer, perempuan sering kali dicitrakan sebagai fitnah terbesar bagi laki-laki.
Namun Al-Qur’an justru menawarkan perspektif yang lebih adil dan setara. Fitnah dalam Al-Qur’an adalah ujian kehidupan yang bersifat timbal balik dan pasti semua manusia baik laki-laki maupun perempuan akan mengalami.
Dalam QS. Al-Anbiya: 35, Allah menyatakan: “Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai fitnah.” Bahkan Rasulullah pun menyebutnya sebagai fitnah bagi kaumnya (QS. Ad-Dukhan: 49), dan sebaliknya. Umat kafir juga menyebutnya sebagai fitnah bagi orang beriman (QS. Al-Buruj: 10). Artinya, fitnah tidak eksklusif melekat pada perempuan, apalagi sebagai beban moral satu pihak saja.
Sudah saatnya umat Islam membangun relasi laki-laki dan perempuan di atas fondasi kepercayaan, saling menghormati, dan tanggung jawab bersama. Fikih yang membebaskan dan memanusiakan semua pihak baik laki-laki maupun perempuan harus menjadi pijakan utama dalam menegakkan keadilan sosial di tengah kehidupan beragama yang beradab. []