• Login
  • Register
Selasa, 1 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Definisi Nusyuz Menurut Ulama Ahli Tafsir dan Fikih

Wahbah az-Zuhaili, ahli fikih kontemporer dari Syria, mendefinisikan nusyuz sebagai “ketidaksetiaan salah satu pasangan suami-istri terhadap apa yang seharusnya dipatuhi dan/atau rasa benci terhadap pasangannya.”

Redaksi Redaksi
19/03/2025
in Hikmah, Pernak-pernik
0
Nusyuz Menurut Fikih

Nusyuz Menurut Fikih

673
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Para ulama ahli tafsir dan fikih mendefinisikan nusyuz sebagai penolakan, pembangkangan, atau ketidaksetiaan pasangan. Hal ini baik istri kepada suami atau suami kepada istri.

Abu Mansur al-Lughawi, misalnya, menyatakan bahwa “Nusyuz adalah kebencian suami atau istri terhadap lainnya.” Ibnu Mandhur (630 H/1232 M —711 H/1311 M), ahli linguistik Arab, dalam Lisan al-‘Arab, mendefinisikan nusyuz sebagai “rasa kebencian salah satu pihak (suami atau istri) terhadap pasangannya.”

Wahbah az-Zuhaili, ahli fikih kontemporer dari Syria, mendefinisikan nusyuz sebagai “ketidaksetiaan salah satu pasangan suami-istri terhadap apa yang seharusnya ia patuhi dan/atau rasa benci terhadap pasangannya.”

Ketidaksetiaan tersebut terkait dengan tidak dipatuhinya kewajiban satu atas yang lain. Nusyuz bisa dilakukan dalam bentuk menolak diajak bicara, atau menyatakan pembangkangan, bisa dalam bentuk ekspresi, tindakan atau sikap yang tidak bersahabat, tidak ramah atau tidak menyenangkan pasangannya.

Dalam konteks istri yang nusyuz, maka ulama menyampaikan sejumlah indikator, antara lain menolak menjawab panggilan atau ajakan suami, menjawab/menyahut tetapi dengan suara keras, dan kasar, menolak hubungan intim, atau memenuhinya, akan tetapi dengan memperlihatkan keengganan, ekspresi wajah yang cemberut atau muram, dan sebagainya.

Menarik sekali definisi yang Syeikh Abu Zahrah kemukakan. Guru Besar Hukum Islam dari Al-Azhar University ini menyatakan bahwa nusyuz istri adalah: “juhud al-zawjah li ghayr sabab syar’iy” (penolakan istri tanpa alasan yang dibenarkan hukum).

Baca Juga:

Fikih yang Berkeadilan: Mengafirmasi Seksualitas Perempuan

Saat Fikih Menjadikan Perempuan Kelompok Paling Rentan

Seksualitas Perempuan dalam Fikih: Antara Penghormatan dan Subordinasi

Menelusuri Perbedaan Pendapat Ulama tentang Batas Aurat Perempuan

Pernyataan jelas menunjukkan bahwa penolakan istri untuk memenuhi ajakan atau kepentingan suami haruslah berkaitan dengan alasan yang benar. Jadi tidak semata-mata menolak, lalu ia nusyuz.

Sejumlah ulama menyebutnya: “li ghayr ‘udzr syar’iy”. Kata ini biasanya diterjemahkan “tanpa alasan yang dibenarkan agama.”

Pandangan Al-Bajuri

Catatan ini dikemukakan antara lain oleh Syeikh Ibrahim al-Bajuri. Ia mengatakan bahwa apabila ada alasan seperti ini, maka penolakan istri terhadap kepentingan suami, tidak boleh dianggap sebagai nusyuz.

Ibrahim al-Bajuri menyatakan: “Tidak dikatakan nusyuz istri-istri yang apabila terdapat keudzuran seperti dalam keadaan sakit. Atau apabila berhubungan dapat menimbulkan sakit/lemah, atau vaginanya bernanah, istihadlah, atau kemaluan suaminya terlalu besar sehingga menyakitkan. Dalam keadaan-keadan seperti ini istri tidak bisa kita sebut “nusyuz”. (Ali Ibnu Qasim al-Gozi, al-Bajuri, Jilid II, hlm. 133)

Lebih jauh, al-Bajuri mengatakan bahwa termasuk alasan yang fikih benarkan adalah keluar rumah untuk mengadukan hak-haknya kepada negara atau dalam rangka mencari nafkah, sehubungan suaminya miskin.

Perempuan juga boleh keluar rumah, baik siang ataupun malam, karena profesinya, seperti dokter, guru, bidan, perawat, atau pekerja lainnya. Boleh setiap hari keluar karena keridlaan suaminya. (Baca Wahbah al-Zuhaili, Al-Fiqh al-Islimy wa Adillatuhu, juz VII, hlm. 792).

Sementara nusyuz suami memiliki tanda dengan sejumlah hal, antara lain: bersikap acuh tak acuh, tidak memberi mahar yang keduanya sepakati. Lalu tidak memberi nafkah yang meliputi pangan, sandang, dan papan (tempat tinggal), tidak menyediakan pembantu, dan berbagai keperluan istrinya. []

Tags: Ahli TafsirDefinisifikihNusyuzulama
Redaksi

Redaksi

Terkait Posts

Wahabi

Menjaga Pluralisme Indonesia dari Paham Wahabi

30 Juni 2025
Taman Eden

Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian

30 Juni 2025
Beda Keyakinan

Meninjau Ulang Cara Pandang terhadap Orang yang Berbeda Keyakinan

30 Juni 2025
Seksualitas Perempuan

Fikih yang Berkeadilan: Mengafirmasi Seksualitas Perempuan

29 Juni 2025
Sakinah

Tafsir Sakinah

28 Juni 2025
Seksualitas Perempuan

Mari Hentikan Pengontrolan Seksualitas Perempuan

28 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Toxic Positivity

    Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menjaga Pluralisme Indonesia dari Paham Wahabi
  • Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian
  • Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!
  • Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman
  • Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID