Mubadalah.id – Beberapa hari lalu kita tenggelam dalam euforia perayaan hari Kartini, hampir semua organisasi perjuangan han-hak perempuan mengadakan agenda-agenda berupa diskusi, perlombaan, nonton bareng film Kartini dan lain-lain, sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan Kartini untuk perempuan. Bagaimana tidak, Kartini adalah salah satu perempuan hebat yang memperjuang perempuan untuk keluar dari belenggu budaya patriarki, yang kita kenal salah satu strateginya yaitu lewat pendidikan.
Namun sebelum jauh membahas bagaimana perjuangan Kartini, pernah tidak terfikirkan bagaimana kartini bisa sampai pada fase kesadaran yang menghasilkan pemberontakan terhadap budaya patriarki? Karena setiap pemberontakan pasti ada latar belakangnya, untuk kemudian membentuk sebuah kesadaran. Tentunya asal usul pemberontakan Kartini sangat menarik untuk dibahas.
Di dalam buku “Habislah Gelap Terbitlah Terang” berisikan kumpulan surat-surat Kartini yang dikirim kepada sahabat penanya, salah satu suratnya, Kartini menceritakan bagaimana asal mula pemberontakannya terbentuk. Hal tersebut berawal dari percakapan sederhana dengan teman sekolahnya.
Siang hari, di lorong sana tampaknya Kartini sedang berusaha membujuk Lesti, salah satu teman sekolahnya untuk menceritakan isi sebuah buku yang telah selesai dibacanya. Tetapi Lesti menolak keras, karena pada saat itu sedang sibuk belajar bahasa belanda, padahal bukan jam pelajarannya.
“Ayolah Les ceritakan isi buku itu sakarang, belajar bahasa belanda bisa nanti sepulang sekolah!” bujuk Kartini dengan nada memohon. Lestipun menjawab dengan sigap tanpa berfikir panjang “Ni, aku harus bekerja keras belajar bahasa belanda, karena dengan itu aku bisa sekolah untuk mewujudkan cita-citaku menjadi guru. Ohiya Ni kalau cita-citamu menjadi apa?”
Pertanyaan yang sederhana, tetapi membuat Kartini berputar memikirkannya “Tidak tau Les!” jelas dia tanpa basa basi. “Hayolah Ni masa tidak punya cita-cita?” Tanya Lesti penuh dengan keheranan, karena tidak habis pikir seorang siswa cerdas seperti Kartini tidak memiliki cita-cita. Lalu sepulang dari sekolah sampai rumah, pertanyaan itu masih menghantui kartini, “apa cita-citaku? Seberapa penting cita-cita itu?” Kartini mulai diambang ke galauan.
Setelah tiba di rumah dan menyimpan alat tulisnya, Kartini langsung bergegas menghampiri ayahnya “Yah, akan jadi apa aku kelak nanti?” Kartini bertanya dengan penuh harapan bisa menemukan jawaban dari ayahnya. Tetapi tidak sesuai ekspetasi, ayahnya terdiam dan hanya tersenyum sambil mencubit pipi Kartini.
Di tengah obrolan mereka, ternyata kakaknya mendengar percakapan mereka sehingga menghampirinya “Hah harus jadi apakah para gadis? Ya tentunya menjadi Raden Ayu!” jawab kakaknya sambil tertawa nyinyir. Kartini langsung terdiam “Raden Ayu? Apakah Raden Ayu itu?” pertanyaan itu terus terbayang dan Kartini mencoba menemukan jawabannya.
Setelah berfikir dan mencoba memandang sekelilingnya, akhirnya Kartini menemukan maknanya. Raden Ayu adalah gelar kebangsaan Jawa yang diberikan kepada seorang perempuan keturunan ningrat yang menikah dengan seorang laki-laki dari generasi kedua hingga ketujuh dari raja terdekat. Dan pada saat itu menjadi salah satu tradisi yang dijunjung tinggi, dimana para gadis harus kawin, harus jadi milik laki-laki tanpa bertanya apa, siapa dan bagaimana.
Dari sana mulailah pemberontakan Kartini, dia merasa perempuan berhak memiliki cita-cita sebagai manusia utuh dan kawin itu bukan tujuan ataupun cita-cita perempuan. Apalagi setelah kawin perempuan adalah hak mutlak milik laki-laki, padahal menurut kesadarannya perempuan berhak atas penentuan nasibnya sendiri. Dan dalam penentuan perkawinanpun perempuan berhak seutuhnya memilih kapan dan dengan siapa dia akan menikah.
Praktik perjodohan saat ini masih marak, begitupun budaya yang beranggapan menikah itu cita-cita dan tujuan hidup perempuan, bukan kah ini suatu kemunduran besar? Jika dulu Kartini berjuang untuk mengeluarkan perempuan dari belunggu tersebut, lantas apa alasan kita sekarang untuk tetap mempertahankannya? Sebuah hal yang bodoh dan sia-sia bukan?.
Saya jadi teringat salah satu kutipan Kartini yang sangat popular “Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tidak bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam” seharusnya kutipan ini menjadi semboyan para perempuan untuk senantiasa bercita-cita tinggi dan menggapainya, perempuan bebas bercita-cita apapun, terserah! Setinggi apapun!
Perjuangan Kartini belum usai! Faktanya masih banyak budaya yang dulu dihancurkan oleh Kartini, justru sekarang masih dipopulerkan bahkan dianggap budaya baik. Mari menjadi Kartini abad 21, menjadi Kartini artinya menjadi seseorang yang selalu konsisten dalam memperjuangkan hak-hak kesetaraan gender. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. []