Mubadalah.id – Membincang perkawinan anak, berangkat dari dasar hukum, yakni Undang-undang pernikahan No 1 Tahun 1974 yang menjelaskan bahwa pernikahan adalah ikatan lahir maupun batin antara suami istri yang bertujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal. Dalam undang-undang tersebut tepatnya pada pasal 7 ayat 1 dijelaskan bahwa seseorang di-ijinkan oleh negara melakukan perkawinan pada usia 19 tahun bagi laki-laki dan per 16 tahun bagi perempuan.
Tetapi, dalam hal ini terdapat perubahan pada pasal 7 tahun 1974 ayat 1 bahwa perkawinan dapat dilakukan jika pihak laki-laki dan perempuan berusia minimal 19 tahun. Pasal 6 ayat 2 juga menjelaskan guna melangsungkan pernikahan masing-masing calon mempelai yang belum mencapai umur 21 tahun harus mendapatkan izin kedua orang tua. Jika sebelum usia itu, maka disebut dengan istilah perkawinan anak.
Peraturan yang diuraikan di atas cukup jelas bahwa perkawinan anak tidak diinginkan oleh negara. Perkawinan anak bukan kasus yang baru, upaya pencegahan telah dilakukan oleh berbagai pihak untuk melakukan pencegahan. Berita beberapa bulan lalu tentang Wedding Organizer sempat meramaikan jagad media. Aisha Wedding Organizer yang mempromosikan perkawinan anak pada usia 12 tahun mendapatkan kecaman dari berbagai pihak baik pemerintah maupun non pemerintah.
Kecaman tersebut tentu berdasar atas beberapa alasan. Alasan perlunya mengecam tindakan tersebut adalah karena dampak buruk terhadap perkawinan anak. Penulis melalui artikel ini akan menguraikan beberapa poin tentang dampak buruk perkawinan anak. Antara lain:
Pertama, dampak buruk dari perkawinan anak salah satunya dari segi psikologis. Seseorang yang melakukan praktik perkawinan anak akan mengalami gangguan psikologis seperti stress, takut, malu atau terbebani. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya kematangan dalam menjalankan peran dalam keluarga.
Selain itu, dalam proses menghadapi masalah rumah tangga seringkali gagap dalam menjalaninya. Hal tersebut juga akibat dari hilangnya masa sekolah dan remaja. Ketidaksiapan yang ada juga melahirkan beberapa problem dalam keluarga seperti tidak siap hamil dan akhirnya menimbulkan keguguran. Dampak tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan seorang istri atau calon Ibu.
Kedua, dampak perkawinan anak selanjutnya berkaitan dengan sisi kesehatan. Kesehatan yang dimaksud di sini adalah kesehatan reproduksi bagi perempuan. Masa perkembangan yang masih tersebut berjalan dan ketidaksiapan untuk mengandung juga menjadi masalah kesehatan. Ketidaksiapan tersebut seringkali menimbulkan keguguran dan bayi prematur.
Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa perkawinan anak harus dikecam karena dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti anemia, hipertensi dan berat badan bayi baru lahir rendah. Lalu, secara biologis seorang perempuan yang berusia 19 tahun yang belum matang sangat resisten dengan beragam resiko kesehatan tersebut.
Ketiga, dampak buruk yang timbulkan dari perkawinan anak adalah masalah ekonomi. Praktik perkawinan anak sering terjadi dengan keadaan pasangan yang belum memiliki pekerjaan tetap atau pendapatan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut terjadi karena pasangan merupakan usia produktif belajar dan belum memiliki pengalaman bekerja.
Bergantung hidup pada orang tua adalah salah satu pilihan yang kerap terjadi pada kasus keluarga yang menjalani praktik perkawinan anak. Ketidakmampuannya dalam menghidupi kebutuhan keluarga sehari-hari juga melahirkan beberapa akar permasalahan seperti rantai kemiskinan yang terus berulang.
Ketiga dampak yang diuraikan diatas adalah hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Sari dkk (2020) dan Maulidina (2019). Dampak yang telah diuraikan ini adalah sebagian kecil dari beberapa akibat lain yang lahir dari perkawinan anak. Penolakan terhadap praktik perkawinan anak, tentu dengan berbagai alasan yang kuat karena banyaknya kemadharatan dari pada manfaatnya.
Keberhasilan usaha yang dilakukan oleh berbagai pihak dalam pencegahan praktik perkawinan anak tentu membutuhkan dukungan dari masyarakat secara luas, termasuk kita generasi muda yang sudah melek teknologi, dan mudah mengakses informasi.
Upaya edukasi dan sosialisasi sederhana dari individu, juga bagian dari usaha-usaha kecil yang dilakukan secara konsisten, dan mampu memberikan pengaruh positif terhadap pencegahan perkawinan anak. Dengan memberi penekanan bahwa mencegah terjadinya praktik perkawinan anak adalah salah satu upaya kita, untuk menghadirkan kesejahteraan dan jaminan masa depan yang lebih baik bagi orang lain. Sehingga sudah selayaknya para pembaca bisa ikut serta mengkampanyekan pencegahan perkawinan anak demi kebaikan bersama. []