Mubadalah.id – Fenomena klitih yang terjadi di Yogyakarta dan Magelang beberapa waktu lalu sempat menyita perhatian publik. Kasus ini melibatkan pelajar yang masih duduk di bangku sekolah. Dalam menjalankan aksinya, pelaku biasanya membawa senjata tajam dengan mengendarai motor. Mereka biasanya menyerang kelompok atau geng di luar diri mereka. Bahkan dalam beberapa kasus, bisa menyerang warga masyarakat yang kebetulan melintas di sekitar mereka.
Klitih tentu saja menjadi fenomena yang meresahkan bagi masyarakat. Hal ini seakan memperlihatkan kepada kita bahwa moralitas harus selalu melekat dalam diri manusia dan harus menjadi bagian hidup. Terutama generasi muda di lingkungan kita.
Sebelum berbicara lebih jauh agaknya penting mengetahui terlebih dulu apa yang kita maksud dengan moral. Istilah moral secara etimologis, berasal dari bahasa latin mos yang berarti kebiasaan, adat-istiadat. Sedangkan, moral dalam bahasa Indonesia saya maknai sebagai aturan kesusilaan. Dengan demikian, moral dapat kita definisikan sebagai nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pedoman bagi individu atau kelompok dalam hidup bermasyarakat dan bernegara.
Pentingnya Nilai Moralitas
Menurut Emile Durkheim, sosiolog terkemuka yang menaruh minat terhadap pendidikan moral. Melalui buku berjudul “Pendidikan Moral” (Durkheim, 1990) berpendapat bahwa moralitas mempunyai peran sangat penting, baik secara teori dan praktik.
Pertama, moralitas secara teori. Di mana setiap sistem hubungan manusia yang abadi harus kita lihat sebagai sifat moral secara intrinsik meliputi: unsur-unsur wajib memaksa tingkah laku, konsepsi bersama tentang yang baik, dan menjadi dasar kesatuan sosial. Kedua, moralitas dalam praktik menurut Durkheim dengan adanya moralitas sekular yang kuat (mutlak) memungkinkan terciptanya kesehatan nasional dan kelangsungan hidup rakyatnya.
Meskipun pandangan umum menilai bahwa pendidikan moral adalah keluarga. Akan tetapi, Durkheim mempunyai pandangan berbeda. Menurutnya peranan sekolah dalam perkembangan moral memiliki pengaruh yang sangat besar. Jika sekolah tidak menyediakan pendidikan moral, maka seluruh aspek kebudayaan (sesuatu yang sangat penting) itu akan hilang.
Dengan kata lain, keluarga adalah tempat tepat dan efektif untuk membangkitkan dan mengatur perasaan-perasaan mendasar yang sederhana. Namun keluarga bukanlah lembaga yang kita dirikan dan bertujuan mendidik moralitas untuk memenuhi tuntutan-tuntutan masyarakat sebagaimana sekolah.
Generasi Penerus Bangsa
Terlepas dari sejauh mana peranan keluarga dan sekolah seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Di era perkembangan teknologi yang serba canggih ini, tujuannya agar mampu memudahkan umat manusia dalam mengakses informasi.
Itu sebabnya, tanggung jawab terhadap kelangsungan generasi penerus bangsa tidak hanya kita bebankan kepada keterlibatan satu pihak saja. Melainkan membutuhkan kerjasama di antara keduanya yakni sebagai wadah menanamkan pendidikan moral dalam diri generasi penerus bangsa.
Oleh sebab itu, pendidikan moral sudah seharusnya menjadi bagian penting bagi manusia. Keterlibatan keluarga dan sekolah adalah hal penting yang harus terus kita lakukan demi menciptakan manusia atau generasi masa depan yang mempunyai moralitas baik.
Dari sudut pandang Islam, (Mutahhari, 1986) dalam buku Masyarakat dan Sejarah berpendapat bahwa penyimpangan apapun dari jalan benar kemanusiaan adalah kezaliman. Dengan demikian, segala tindakan yang tidak patut, perusakan, kemudaratan, dan tidak bermoral adalah bentuk penyimpangan terhadap moral itu sendiri.
Sementara bagi bangsa Indonesia, kepribadian atau wataknya sangat ditentukan oleh nilai-nilai moral yang berlandaskan pancasila. Menurut (Soeparno, 1992) dalam buku Rekayasa Pembangunan Watak dan Moral Bangsa menjelaskan bahwa tujuan moral bagi manusia Indonesia sebagai pengarah atas pengalaman pancasila dalam pembangunan, sekaligus juga sebagai perwujudan harkat dan martabat kepribadian luhur bangsa Indonesia. []