Mubadalah.id – Bismillaahirrahmaanirrahiim. Dalam dunia pesantren, makna Bismillah kita rinci dengan sangat jelas tentang tingkat antara Ar-rahmaan dan Ar-Rahiim. Ar-rahmaan yang berarti: “Dzat kang welas asih ing dalem dunia maring wong mukmin lan wong kafir.”
Mengglobalkan kasih sayang Tuhan bahwa di dunia, Tuhan menyayangi semua umat manusia tanpa memandang suku, bangsa, ras dan agama. Semua makhluk sama rata mendapat rezeki dan anugrah kehidupan dari Allah Swt.
Sementara Ar-Rahiim lebih mengkhususkan hanya kepada orang-orang yang beriman saja, “Dzat kang welas asih ing dalem akhirat maring wong mukmin belaka”. Tingkatan ini berarti bahwa sebelum kita menjadi mukmin yang kelak di kasihi Allah di akhirat, hendaknya kita menjadi muslim yang menyayangi sesama manusia dulu di dunia, tanpa memandang perbedaan sedikitpun.
Bersikap saling menyayangi manusia lain berarti kita telah mengimplementasikan makna Ar-Rahman. Di mana ini merupakan makna hakikat yang telah dianalogikan untuk manusia. Sementara Ar-Rahiim merupakan makna analogis yang terkait dengan rahmat Tuhan.
Karena itu, sebagai manusia kita seharusnya bersikap saling menyayangi manusia lain sehingga kita tidak boleh berbuat aniaya dengan mendiskriminasi, menindas, menyakiti, hingga merampas hak hidup manusia lainnya.
Kemanusiaan sebelum ke-ber-agama-an
Pada satu kesempatan, Kiai Mumu Muhyiddin menafsir bismillah dengan; “Tolok ukur keberagaman manusia dilihat dari seberapa dia berperikemanusiaan. Sebelum beragama hendaknya dia menjadi manusia. Sebelum membangun surga akhirat bangunlah dulu surga dunia. Karena ketika sudah menciptakan surga dunia maka balasannya surga akhirat.”
Dalam hal ini beliau ingin mengantarkan maksud bahwa sebelum kita mencapai Ar-Rahiim, kita haruslah bersikap Ar-Rahmaan terlebih dahulu. Oleh karenanya, segala sikap radikal, saling menyerang sesama manusia, dan merampas kehidupan orang lain dengan berbuat dzhalim bukanlah sifat Ar-Rahmaan. Sehingga kita akan menyangsikan balasan Ar-Rahiim kita di akhirat. Sebaliknya, ketika sudah bersikap Ar-Rahmaan antar sesama manusia, kita akan mencecap ganjaran Ar-Rahiimnya Allah di akhirat kelak.
Maka, saat hendak beraktivitas kita sertai niat murni ingin menuju Allah dengan mengucap “Bismillaah”, dalam artian meniadakan segala hal kecuali Allah, kita akan berdiri di antara dua jalan, yakni Ar-Rahmaan dan Ar-Rahiim. Jalan kemanusiaan dan jalan ke-ber-agama-an.
Misi Kemanusiaan Nabi Muhammad sebelum Bertauhid kepada Allah Swt
Begitu pun juga, karena agama turun untuk manusia, maka pokok ajaran agama adalah untuk misi kemanusiaan. Nabi Muhammad pertama kali menyampaikan wahyu untuk memperbaiki akhlak masyarakat Arab dan mengajak umat supaya menjauhi kemungkaran.
Yakni dengan menghormati wanita, saling tolong menolong, mengasihi fakir miskin dan menyayangi anak yatim. Di mana semua itu merupakan jalan untuk mencapai inti agama, yakni hanya menghamba kepada Allah Swt.
Selain itu, tersebutkan bahwa tujuan Allah menciptakan manusia adalah untuk menjadi khalifah di muka bumi. Sejalan dengan ini, Allah mengutus Nabi Muhammad untuk menguatkan tujuan itu dengan membawa rahmat bagi seluruh alam melalui jalan kemanusian. Suksesnya misi Nabi Muhammad tak lepas dari landasan cinta kasih dan keimanan beliau. Yakni demi menciptakan kebaikan di dunia, dan membebaskan umat dari belenggu kebodohan.
Setelahnya, ketika keadaan di rasa aman lantaran misi kemanusiaan telah tersebar luas, barulah Nabi menyeru ketauhidan. Di mana hal itu berdasarkan ajaran bahwa semua manusia di mata Tuhan hakikatnya sama. Sehingga dengan begitu, karena sesama manusia merupakan sama-sama makhluk, maka hanya diwajibkan menyembah satu Tuhan saja, yakni Allah Swt. Karena itu, teranglah bahwa ketika kita ingin menuju Tuhan, maka jalannya adalah dengan kemanusiaan. []