Mubadalah.id – Selama berabad-abad, sebagian umat Islam kerap merujuk pada sebuah hadis populer yang menyebut bahwa “perempuan adalah fitnah terbesar bagi laki-laki.” Hadis ini kerap dijadikan legitimasi untuk membatasi gerak perempuan di ruang publik, menutup tubuhnya secara berlebihan, bahkan menyalahkan keberadaannya atas timbulnya hasrat laki-laki.
Namun, jika kita kembali pada Al-Qur’an, istilah fitnah justru dimaknai secara lebih adil dan timbal balik, bukan semata-mata dilekatkan pada tubuh perempuan.
Dalam Al-Qur’an, kata fitnah tidak menunjuk secara sepihak pada satu jenis kelamin. Fitnah adalah ujian, cobaan, atau bahkan relasi sosial yang kompleks dan saling mempengaruhi.
Dalam QS. Al-Anbiya ayat 35, baik kebaikan maupun keburukan disebut sebagai fitnah. Dalam QS. Ad-Dukhan ayat 49 dan QS. Al-Maidah ayat 49, Rasul adalah fitnah bagi kaumnya, dan sebaliknya.
Bahkan dalam QS. Al-Buruj ayat 10 serta QS. Al-Mumtahanah ayat 5, disebutkan bahwa orang kafir bisa menjadi fitnah bagi orang mukmin, dan sebaliknya. Al-Qur’an juga menyebut bahwa sebagian manusia adalah fitnah bagi sebagian yang lain (QS. Al-An’am: 53 dan Al-Furqan: 20).
Dengan demikian, dalam perspektif Al-Qur’an, laki-laki bisa menjadi fitnah bagi perempuan, sama seperti perempuan bisa menjadi fitnah bagi laki-laki. Pandangan ini jelas lebih proporsional daripada hadis yang hanya menyalahkan satu pihak.
Stigma bahwa perempuan adalah satu-satunya sumber fitnah bukan hanya tidak adil. Tetapi juga tidak sesuai dengan prinsip keadilan relasi manusia dalam Islam.
Potensi Sumber Kebaikan
Setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki potensi menjadi ujian (fitnah) bagi yang lain, dan pada saat yang sama, juga memiliki potensi menjadi sumber kebaikan (maslahah).
Penolakan terhadap narasi yang menyudutkan perempuan juga pernah Aisyah ra. sampaikan secara tegas. Ia tidak menerima hadis yang dari Abu Hurairah ra. yang menyatakan bahwa “perempuan, rumah, dan kendaraan adalah sumber kesialan.”
Aisyah bahkan mengatakan bahwa mustahil Rasulullah SAW, suaminya, pernah mengucapkan hal seperti itu. Ia lalu menyitir QS. Al-Hadid ayat 22:
“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan pada dirimu sendiri, melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah.”
Apa yang Aisyah ra. sampaikan penting untuk kita angkat kembali hari ini, karena di tengah maraknya ujaran keagamaan yang masih mengafirmasi superioritas laki-laki dan mengobjektifikasi perempuan.
Umat Islam perlu secara kritis menimbang ulang teks-teks keagamaan. Terutama hadis-hadis yang berpotensi bias gender dan tidak sejalan dengan semangat keadilan dalam Al-Qur’an.
Sebagaimana menurut pandangan Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dalam bukunya Pertautan Teks dan Konteks dalam Muamalah, memahami teks keagamaan tidak cukup hanya dengan menghafal matannya. Konteks sosial, pemahaman utuh terhadap Al-Qur’an, serta keadilan relasional antara laki-laki dan perempuan harus menjadi pijakan utama dalam menafsirkan ajaran Islam. []