Rabu, 10 September 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

    Mahfud MD

    Mahfud MD Ungkap Masalah Utama Bangsa, Beberkan Cara Gus Dur Tangani Krisis dan Demo

    Bersaudara dengan Alam

    GUSDURian Ajak Manusia Kembali Bersaudara dengan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ketimpangan Gender

    Menggeser Sri Mulyani, Namun Tidak Menggeser Ketimpangan Gender

    Sri Mulyani

    Reshuffle Sri Mulyani: Krisis Kepercayaan dan Keadilan Fiskal

    Stigma Patriarki

    Perempuan Juga Layak Memimpin: Membongkar Stigma Patriarki dalam Budaya

    Wakil Rakyat

    Belajar dari Wakil Rakyat: Komunikasi dengan Baik itu Penting

    Refleksi Maulid

    Refleksi Maulid sebagai Alarm Sosial: Dari Quraisy ke Oligarki

    Pseudoharmoni

    Pseudoharmoni; Kekaburan Relasi Pejabat Dengan Rakyat

    Demokrasi Deliberatif

    Habermas dan Senayan: Demokrasi Deliberatif yang Absen di Indonesia

    Maulid Nabi

    Maulid Nabi Tahun Ini Diwarnai oleh Darah

    Demo

    Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Nabi Saw

    Nabi Saw Melakukan Pekerjaan Rumahnya Sendiri

    Nabi Saw tidak

    Nabi Muhammad Saw Tidak Pernah Membalas Keburukan Orang Lain

    Nabi Muhammad yang

    Kehangatan dan Kesederhanaan Nabi Muhammad Saw dalam Kehidupan Sehari-hari

    Sang Paripurna

    Muhammad Saw, Sang Paripurna yang Dinanti Dunia

    Fisik Nabi

    Keindahan Sang Paripurna: Gambaran Fisik Nabi Muhammad Saw

    Cahaya Kepemimpinan Perempuan

    Lima Cahaya Kepemimpinan Perempuan dalam Maulid Nabi

    Nabi Muhammad Saw

    Kecintaan Para Sufi kepada Nabi Muhammad Saw

    Surat Al-Hujurat Ayat 2

    Ketika Suara Menentukan Etika; Refleksi Teladan Nabi Melalui Surat Al-Hujurat Ayat 2

    Nabi Muhammad Saw

    Nabi Muhammad Saw adalah Ahsan An-Nas Khalqan wa Khuluqan

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

    Mahfud MD

    Mahfud MD Ungkap Masalah Utama Bangsa, Beberkan Cara Gus Dur Tangani Krisis dan Demo

    Bersaudara dengan Alam

    GUSDURian Ajak Manusia Kembali Bersaudara dengan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ketimpangan Gender

    Menggeser Sri Mulyani, Namun Tidak Menggeser Ketimpangan Gender

    Sri Mulyani

    Reshuffle Sri Mulyani: Krisis Kepercayaan dan Keadilan Fiskal

    Stigma Patriarki

    Perempuan Juga Layak Memimpin: Membongkar Stigma Patriarki dalam Budaya

    Wakil Rakyat

    Belajar dari Wakil Rakyat: Komunikasi dengan Baik itu Penting

    Refleksi Maulid

    Refleksi Maulid sebagai Alarm Sosial: Dari Quraisy ke Oligarki

    Pseudoharmoni

    Pseudoharmoni; Kekaburan Relasi Pejabat Dengan Rakyat

    Demokrasi Deliberatif

    Habermas dan Senayan: Demokrasi Deliberatif yang Absen di Indonesia

    Maulid Nabi

    Maulid Nabi Tahun Ini Diwarnai oleh Darah

    Demo

    Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Nabi Saw

    Nabi Saw Melakukan Pekerjaan Rumahnya Sendiri

    Nabi Saw tidak

    Nabi Muhammad Saw Tidak Pernah Membalas Keburukan Orang Lain

    Nabi Muhammad yang

    Kehangatan dan Kesederhanaan Nabi Muhammad Saw dalam Kehidupan Sehari-hari

    Sang Paripurna

    Muhammad Saw, Sang Paripurna yang Dinanti Dunia

    Fisik Nabi

    Keindahan Sang Paripurna: Gambaran Fisik Nabi Muhammad Saw

    Cahaya Kepemimpinan Perempuan

    Lima Cahaya Kepemimpinan Perempuan dalam Maulid Nabi

    Nabi Muhammad Saw

    Kecintaan Para Sufi kepada Nabi Muhammad Saw

    Surat Al-Hujurat Ayat 2

    Ketika Suara Menentukan Etika; Refleksi Teladan Nabi Melalui Surat Al-Hujurat Ayat 2

    Nabi Muhammad Saw

    Nabi Muhammad Saw adalah Ahsan An-Nas Khalqan wa Khuluqan

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Childfree, dan Rumitnya Relasi Orang Tua-Anak

Keputusan untuk childfree ini sangat kasuistik, setidaknya hubungan orang tua-anak di masa lalu yang kurang harmonis bisa menjadi pemicu bagi seseorang atau dua orang yang berpasangan secara sah untuk tidak memiliki anak

SITI KHOIROTUL ULA SITI KHOIROTUL ULA
6 September 2021
in Keluarga, Rekomendasi
0
Indonesia

Indonesia

247
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Perbincangan mengenai childfree alias keputusan untuk tidak memiliki anak meskipun memiliki pasangan yang sah (menikah) di kalangan warganet masih berujung pada perdebatan salah-benar. Ini dipicu oleh ketidaksiapan masyarakat kita terhadap  perbedaan pilihan hidup masing-masing individu serta standar hidup yang ingin dicapai.

Sebagai seorang individu yang memiliki hak asasi dan hidup di negara yang berlandaskan hukum, pilihan untuk tidak memiliki anak yang diputuskan oleh pasangan menikah adalah pilihan yang sah. Keputusan ini tentu saja dapat dipertanggungjawabkan dan didasarkan pada pilihan yang dianggap maslahat oleh yang bersangkutan. Lantas kenapa keputusan pasangan menikah untuk childfree ini kemudian menjadi perdebatan yang berujung pada keadaan saling menghujat? Mari kita mencoba menguraikan salah satu penyebab munculnya keinginan untuk childfree  seperti relasi orang tua-anak.

Meskipun keputusan untuk childfree ini sangat kasuistik, setidaknya hubungan orang tua-anak di masa lalu yang kurang harmonis bisa menjadi pemicu bagi seseorang atau dua orang yang berpasangan secara sah untuk tidak memiliki anak.  Tidak dapat kita pungkiri bahwa hubungan orang tua-anak tidak selamanya berjalan mulus.

Dalam hal ini  ajaran Islam sendiri memberikan rambu-rambu bagaimana seharusnya seorang anak bersikap kepada kedua orang tuanya dan beberapa kewajiban berbakti yang melekat pada anak.  Di samping itu, Islam juga memberikan sederet kewajiban bagi orang tua terhadap anaknya untuk membentuk seorang anak yang berbakti dan bermanfaat untuk sesamanya.

Pekerjaan membesarkan seorang anak bukanlah pekerjaan yang mudah. Ia tidak hanya berhubungan dengan perkembangan anak secara fisik semata, tetapi juga mentalnya. Maka tidak mengherankan jika banyak orang tua -atau orang yang terlanjur menjadi orang tua- yang tidak memiliki kesiapan mental dalam membesarkan anak sehingga tidak bisa bersikap dewasa dan bijaksana sebagai orang tua. Alih-alih memberikan contoh yang baik, tidak sedikit orang tua yang justru memberikan trauma mendalam kepada anaknya. Belakangan, tipikal orang tua yang demikian sering disebut sebagai toxic parents.

Orang tua tidak serta merta menjadi toxic hanya karena mereka berbeda pandangan dengan anaknya. Ada kriteria tertentu seperti manipulatif, memaksakan kehendak, abusive, bahkan tidak sedikit orang tua yang membully anaknya sendiri. Ciri-ciri yang demikian ini menjadikan orang tua bisa dilabeli sebagai toxic parent.

Sejalur dengan label toxic parent ini, yang lebih mengerikan adalah label anak durhaka yang diberikan oleh orang tua karena anaknya tidak mau “menurut” apa kata orang tua. Padahal,  anak juga tidak serta merta mendapatkan predikat sebagai anak durhaka hanya karena berbeda pendapat dengan orang tuanya. Namun, perbedaan pendapat antara anak dan orang tua ini sering kali memberikan label “durhaka” pada anak karena tidak “nurut” dengan orang tuanya.

Relasi orang tua dan anak yang seringkali miss komunikasi ini, yang kemudian sedikit banyak menyumbang keinginan oleh para pasangan menikah untuk memutuskan childfree, daripada mengulang kembali tragedi di masa lalu yang mereka sendiri belum tentu siap menjadi orang tua yang tidak beracun jika mereka memiliki anak nanti.

Contoh lainnya misalnya kenangan masa kecil seperti kondisi ekonomi orang tua yang serba pas-pasan bahkan miskin dan memiliki anak banyak tentu akan sangat sulit dijalani. Butuh perjuangan yang sangat keras untuk sekedar tidak mati. Keadaan demikian bisa juga menjadi alasan pasangan menikah untuk tidak memiliki anak apalagi jika yang bersangkutan memang tidak memiliki sumber daya ekonomi yang memadai. Jika mereka memiliki anak nantinya, mereka takut tidak bisa memberikan kehidupan yang layak kepada anaknya dan justru melahirkan seorang manusia yang harus merasakan kesusahannya di dunia ini.

Pilihan hidup untuk childfree ini pada dasarnya – secara pribadi menurut padangan penulis- bukanlah sebuah pilihan yang egois jika itu dipilih oleh orang yang memang secara mental tidak siap memiliki anak. Apalagi jika kondisi finansialnya tidak memadai. Lalu bagaimana jika dihadapkan pada konsep agama bahwa setiap orang akan membawa rejekinya masing-masing?

Hal yang demikian juga merupakan konsep yang tidak salah. Bahwa setiap orang memiliki rejeki adalah kebenaran yang tidak bisa dibantah. Namun, keputusan untuk childfree yang dilandasi dengan pengetahuan yang memadai dan bertanggung jawab serta tidak melakukan hal-hal buruk di kemudian hari karena tidak memiliki anak juga tidak bisa disalahkan. Apalagi jika yang bersangkutan takut berbuat dzalim kepada anaknya kelak.

Fenomena childfree ini  tidak sedikit dipicu oleh relasi orang-tua anak di masa lalu. Secara umum, anak-anak memang tidak selalu sama dengan orang tuanya. Mereka dilahirkan dan sebagian besar di lingkungan dan era yang berbeda dengan orang tuanya. Nilai-nilai yang dianggap penting oleh masyarakat tentu berkembang seiring dengan berkembangnya masayarakat itu sendiri, termasuk value tentang memiliki anak.

Bagi orang yang mengambil keputusan childfree, tidak memiliki anak bukanlah suatu hal yang buruk dan menjadi sesuatu yang menghalanginya untuk terus berbuat baik dan berkarya. Bagaimanapun, pilihan hidup setiap orang wajib dihargai sepanjang itu dipilih secara bertanggung jawab dan tidak mendatangkan kemudharatan bagi orang lain dan lingkungan sekitar. []

 

 

 

 

 

Tags: anakChildfreekeluargaKesalinganorang tuaparentingperkawinanRelasiToxic Parents
SITI KHOIROTUL ULA

SITI KHOIROTUL ULA

Penulis lepas, penjual buku dan sehari-hari mengajar di UIN SATU Tulungagung

Terkait Posts

Pendidikan Agama
Hikmah

Membekali Anak dengan Pendidikan Agama

5 September 2025
Keberagaman
Hikmah

Membekali Anak untuk Menghargai Keberagaman

4 September 2025
Nonseksis
Hikmah

Tidak Membedakan Jenis Kelamin (Nonseksis) Kepada Anak

4 September 2025
Beyond The Bar
Film

Membaca Drama Korea Beyond The Bar Episode 3 Melalui QS. Luqman

2 September 2025
Affan Kurniawan
Personal

Affan Kurniawan dan Ketidakadilan yang Kasat Mata

2 September 2025
Pratama Arhan dan Azizah Salsha
Personal

Perceraian Artis Terjadi Lagi, Kini Pratama Arhan dan Azizah Salsha

29 Agustus 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Keadilan Zakat

    Mendenyutkan Kembali Keadilan Zakat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kecintaan Para Sufi kepada Nabi Muhammad Saw

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Keindahan Sang Paripurna: Gambaran Fisik Nabi Muhammad Saw

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Cahaya Kepemimpinan Perempuan dalam Maulid Nabi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Reshuffle Kabinet, Ketika Kesempatan Perempuan Kian Menyempit di Lingkar Kekuasaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menggeser Sri Mulyani, Namun Tidak Menggeser Ketimpangan Gender
  • Nabi Saw Melakukan Pekerjaan Rumahnya Sendiri
  • Reshuffle Sri Mulyani: Krisis Kepercayaan dan Keadilan Fiskal
  • Nabi Muhammad Saw Tidak Pernah Membalas Keburukan Orang Lain
  • Mendenyutkan Kembali Keadilan Zakat

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID