Mubadalah.id – Fear of Missing Out atau yang sering disebut dengan FOMO adalah sebuah fenomena yang tak berkesudahan untuk terus kita bicarakan. FOMO sendiri adalah perasaan cemas dan takut ketinggalan informasi, pengalaman, atau tren-tren yang sedang viral di media sosial. Belakangan ini yang hype di media sosial adalah boneka labubu.
Fenomena FOMO boneka Labubu telah menarik perhatian banyak orang, terutama di kalangan kolektor mainan dan penggemar budaya pop. Boneka ini, diciptakan oleh seniman Hong Kong yaitu Kasing Lung. Popularitas boneka Labubu ini mencuat setelah terlihat dalam unggahan Lisa, salah satu anggota Blackpink. Hal ini menjadi salah satu faktor yang dapat memicu FOMO.
FOMO dan Tren Labubu
Tren Labubu menjadi salah satu contoh yang memicu FOMO setelah Lisa Blackpink mengunggah postingan di salah satu platform media sosial. Boneka Labubu adalah salah satu produk dari Pop Mart, sebuah perusahaan yang terkenal karena menjual mainan yang mereka design untuk kita koleksi dan sering terjual dengan konsep “blind box”.
Labubu sendiri adalah karakter imajinatif dengan telinga tinggi dan runcing serta gigi bergerigi. Pertama kali muncul dalam buku bergambar karya Kasing Lung. Boneka ini tersedia dalam berbagai warna dan bentuk. Labubu sering kali mereka rilis dalam edisi terbatas, yang membuatnya semakin diminati oleh kolektor.
Meski seperti terlihat sederhana, nyatanya harga dari boneka Labubu setelah viral berkisar 300 ribu hingga jutaan. Selain itu, FOMO dalam tren Labubu ini juga terpicu dengan banyaknya influencer yang membuat konten unboxing sehingga banyak orang yang merasa terdorong untuk membelinya. Mereka rela untuk mengantri panjang dari pagi sampai pagi.
Fenomena ini menjadi bukti bahwa media sosial sangat mempengaruhi perilaku konsumtif dan menciptakan tekanan sosial untuk turut serta dalam tren. Pada akhirnya FOMO akan berujung dengan sifat overconsumtion (konsumsi berlebihan).
Pandangan Islam Terhadap FOMO dan Overconsumtion
Sering kali FOMO berujung dengan overconsumtion yang mana dalam Islam tidak dianjurkan untuk membuang dan membelanjakan harta secara berlebihan untuk hal yang sia-sia. Turut membeli padahal sebenarnya tidak membutuhkan. Hanya dengan alasan takut ketinggalan bukanlah alasan yang kita benarkan untuk membeli sesuatu. Sebagaimana firman Allah swt. dalam surah Al-Isra’ ayat 26:
وَاٰتِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّه وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرً
Artinya: “Berikanlah kepada kerabat dekat haknya, (juga kepada orang) orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan. Janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.
Tafsir dari akhir ayat surah al-Isra’ adalah, Allah swt melarang kaum Muslimin bersikap boros. Yaitu membelanjakan harta tanpa perhitungan yang cermat sehingga menjadi mubazir. Larangan ini bertujuan agar kaum Muslimin mengatur pengeluarannya dengan perhitungan yang secermat-cermatnya. Tujuannya agar apa yang kita belanjakan sesuai dengan keperluan dan pendapatan mereka.
Tidak bisa kita nafikan bahwa sikap Overconsumtion berawal dari FOMO. Dari rasa takut tertinggal, belum merasa puas, hingga akhirnya membeli secara berlebihan. Apalagi jika barang yang ingin kita beli tersedia dalam edisi terbatas. Dalam menyikapi FOMO, Islam memberikan pandangannya melalui sikap Qana’ah dan syukur. Sesuai dengan firman Allah swt dalam surah Ibrahim ayat 7:
تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ
“(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.”
Meski FOMO tidak tersebutkan secara langsung dalam Al-Qur’an, tetapi Al-Qur’an menjawabnya dengan anjuran untuk bersikap syukur. Bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki lebih baik daripada memaksa untuk membeli sesuatu hanya karena takut ketinggalan zaman.
Dampak FOMO dalam Tren Labubu
Tren Labubu yang semakin menjamur di Indonesia mulai membawa dampak negatif, seperti kerusuhan saat antrean di toko PopMart dan munculnya diskriminasi. Salah satu unggahan di TikTok menunjukkan cerita tentang anak-anak SD yang membawa boneka Labubu ke sekolah dan membentuk kelompok khusus.
Akibatnya, anak-anak yang tidak memiliki boneka tersebut merasa tersisih dan terkucilkan. Fenomena FOMO ini menunjukkan bagaimana FOMO pada tren tertentu dapat mempengaruhi interaksi sosial anak-anak, menciptakan perpecahan berdasarkan kepemilikan barang
Fenomena FOMO memang menjadi salah satu tantangan yang mau tidak mau harus kita hadapi di era digital ini. Namun, dengan tetap berpegang pada prinsip syukur dan ajaran agama Islam disertai dengan kesadaran untuk lebih mengedepankan hal yang bermanfaat tentunya dapat membantu kita dalam menghadapi fenomena ini. []