• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Ewa dan Niat untuk Berpoligami

Nur Anisa Nur Anisa
26/02/2021
in Kolom
0
Semua Orang Butuh Curhat

Semua Orang Butuh Curhat, Tak Terkecuali Laki-Laki

13
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Ada beberapa pemahaman dari teks agama yang perlu kita luruskan sebelum kita yakini. Karena ada banyak orang memahami suatu teks hanya dari terjemahan. Tanpa mengetahui makna, konteks, asal muasal, asbabun nuzul, dan maksud teks. Pernah suatu ketika saya sedang bersama Ewa (Pakde) saat liburan semester. Saat itu saya sedang berada di rumah Nenek, tiba-tiba beliau bercerita perihal dirinya yang punya niat untuk berpoligami.

Ewa menanyakan padaku ihwal niatnya itu. Saya pun bingung menjawabnya. Kemudian sampailah kita pada perdebatan. Ewa menanyakan teks al-Quran yang membolehkan untuk berpoligami. Dia bersikeras tentang ayat itu.

Ewa dengan gayanya mengatakan juga tentang kanjeng Nabi yang berpoligami pada zamannya.

“Nis, poligami itu boleh kan dalam Islam? Toh di dalam al-Quran juga dijelaskan dan itu artinya adalah sunah Nabi.”

Sontak aku tak setuju, dengan kalimat bahwa poligami itu adalah sunah Nabi. Dan aku langsung jawab, “Ya engga lah, masa poligami sunah Nabi.” Dengan dada berdebar karena sebetulnya saya belum tahu persis kalau itu bukan sunah Nabi.

Baca Juga:

Pola Relasi Suami-Istri Ideal Menurut Al-Qur’an

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

Menggugat Poligami, Menegakkan Monogami

5 Kewajiban Suami untuk Istri yang sedang Menyusui

“Lah kan buktinya Nabi saja punya banyak istri. Iyakan? Ah sudahlah Ewa mau pulang.”

Kemudian beliau pun beranjak pulang. Dan aku pun masih mikir. Sebenarnya banyak hal yang ingin kujelaskan terhadapnya, tapi sayang sekali saya belum tahu dasar dari ayat dalam al-Quran yang dimaksudkan Ewa dan juga alasan pasti kanjeng Nabi berpoligami.

Selang bergantinya semester, saya baru paham ayat yang dimaksud Ewa adalah surat an-Nisa ayat 3. Bersyukur saya kuliah di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF), kampus yang memberikan saya pemahaman tentang Islam dan gender, toleransi, HAM, dan sebagainya. Bahkan semua pemahaman langka itu ada mata kuliahnya sendiri. Mungkin kampus lain juga ada, saya tidak tahu.

Lalu suatu hari saya coba ikut “Short Course Mengembangkan Prespektif Mubadalah (Resiprositi) dalam Kajian Keislaman Adil Gender.” Pembahasan di dalamnya pas sekali untuk bisa menjawab pertanyaan dari Ewa.

Dalam acara itu ada tiga pembicara yang begitu jelas menjabarkan tentang poligami dalam Islam. Salah satu pembicara yang masih saya ingat adalah KH Marzuki Wahid. Beliau menjelaskan tentang ayat tersebut dan beliau berkata, “poligami itu haram.”

Kata Kiai Marzuki, pemahaman orang pada umumnya adalah seseorang tidak boleh berpoligami kecuali dengan tiga syarat yang dapat dipenuhi. Yakni jaminan finansial, izin kepada istri pertama, dan yang terakhir adalah sanggup berlaku adil.

Adil pun seringkali diartikan sebagai suami bisa membagi rata masalah finansialnya dan jatah hubungan intim. Padahal adil sebetulnya bukan hanya dua masalah itu tapi apakah dia sanggup adil dalam batin? Bagaimana perasaan istri pertama ketika suami sedang dengan istri kedua? Lalu apakah iya tidak akan cemburu?

Ketika istri kedua sedang bahagia karena ada suami di sisi sedangkan istri pertama menjalani harinya dengan kesepian dan kerinduan, apakah itu keadilan?

Dari situlah saya mendapatkan jawaban atas niatan poligami Ewa. Pertanyaannya tentang apakah boleh poligami dalam Islam? Saya akan tegas menjawab, tidak boleh. Karena mustahil seseorang bisa memenuhi syarat tadi, khususnya adil, kecuali kanjeng Nabi.

Nabi pun tidak pernah berpoligami saat menikah dengan Siti Khodijah. Beliau suami yang sangat setia. Kalaupun setelahnya terjadi cerita yang berbeda, Nabi menikahi perempuan-perempuan yang lemah, hampir hilang, putus asa karena tidak memiliki suami dan keluarga. Nabi pun menikah dengan perempuan yang sudah tua.

Dari sini saya memahami bahwa untuk mengetahui kandungan makna dari teks dalam al-Qur’an maupun hadist kita harus jeli dan berhati-hati. Jangan hanya memhami secara leterlek. Sebagai anak muda kita harus kepo dan penasaran kenapa sebuah teks berkata demikian.

Terakhir saya dengar kabar, Ewa tidak jadi poligami. Saya bersyukur karena saya tidak harus berdebat lagi dengannya bahwa poligami itu tidak dibolehkan dalam Islam.[]

Tags: fahminaGenderHaditsisifislamistripelatihanpoligamiQuransuami
Nur Anisa

Nur Anisa

Nur Anisa, Mahasiswi Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Terkait Posts

Kekerasan Seksual Sedarah

Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

19 Mei 2025
Inspirational Porn

Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

19 Mei 2025
Kehamilan Tak Diinginkan

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

18 Mei 2025
Keberhasilan Anak

Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

17 Mei 2025
Inses

Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

17 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version