Mubadalah.id – Ketika aku mengingat nama Sayuti Melik sebagai laki-laki yang mengetik naskah Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Tiba-tiba aku penasaran dengan sosok yang menjadi pasangan laki-laki itu. Hampir tidak mungkin ada sosok sehebat Sayuti Melik tanpa perempuan hebat juga di sekitarnya. Dan benarlah, ternyata ada sosok Soerastri Karma Trimurti (SK Trimurti) di sana. Membaca biografinya, aku segera menyadari bahwa aku telah mencintai sosok SK Trimurti.
SK Trimurti bukanlah perempuan sembarangan, dia adalah seorang jurnalis dan wartawati yang berani di masa penjajahan Belanda. Begitu pula dengan Sayuti Melik yang saat itu menjadi jurnalis untuk sebuah harian yang terbit di Semarang, yakni Sinar Selatan.
Keduanya sering bertemu untuk bertukar pikiran hingga berdebat seputar teori, strategi, hingga siasat perjuangan. Sayuti Melik yang mencintai sosok SK Trimurti pun lantas meminangnya. “Kalau begitu, saudara dapat bekerja sama dengan saya. Sebaiknya saudara menjadi istri saya saja”.
Perjanjian Pernikahan
Ketika SK Trimurti menikah dengan Sayuti Melik, ternyata ada sebuah perjanjian yang keduanya sepakati. Perjanjian itu hanya satu, yakni bersama-sama berjuang. Sayuti Melik bahkan menulis dalam serial “Belajar Memahami Sukarnoisme”: “Perjodohan tidaklah berarti pemeliharaan istri atau suami, melainkan jembatan hidup.
Bagi kaum pria tidaklah berarti menerima beban baru, dan bagi kaum wanita tidak berarti mendapatkan tuan baru”. Di sini selain mencintai sosok SK Trimurti yang berani membuat perjanjian pernikahan dengan Sayuti Melik, aku juga mencintai sosok suaminya.
Pada tulisan Ahmad Subardjo Djojoadisuryo dalam “Lahirnya Republik Indonesia” diketahui bahwa pasangan SK Trimurti dan Sayuti Melik adalah pasangan dengan relasi kesalingan yang apik. Kendati keduanya jarang hidup tenteram karena sebagian besar hidupnya terpaksa mereka jalani di dalam penjara.
Jika sang suami bebas, maka giliran sang istri yang masuk penjara. Sehingga mereka bergantian mengurus rumah tangga dan anak-anak mereka. Keduanya saling mengisi kekosongan peran pasangannya kala salah satunya tidak berada di sana.
Saat terjadi revolusi sosial di Karesidenan Pekalongan, yang mencakup Brebes, Tegal, dan Pemalang, Sayuti Melik sebagai utusan dari pemerintah gagal mengembalikan ketertiban di sana, bahkan dia pun nyaris tewas di sana. Ketika itu, SK Trimurti mendengar kabar rencana pembunuhan atas suaminya oleh para pemberontak. Dengan tenang, dia membawa kedua anaknya yang masih kecil menyusul suaminya.
Tatkala dia bertemu dengan sang suami, SK Trimurti hanya menyarankan suaminya untuk pergi ke Yogyakarta untuk memberikan laporan kepada pemerintah. Sayuti Melik setuju, sehingga saat para pemberontak mencarinya untuk dibunuh, mereka tidak menemukannya. Sayuti Melik diselamatkan oleh istrinya.
Meski SK Trimurti telah banyak memberikan dukungan untuk Sayuti Melik, ternyata tidak cukup untuk membuat Sayuti Melik setia padanya. SK Trimurti bercerai dari Sayuti Melik pada 8 Juli 1969 saat suaminya jatuh cinta pada Siti Rancari. SK Trimurti memilih bercerai daripada dipoligami.
Memilih Cerai Daripada Poligami
Dalam memoarnya, SK Trimurti pernah menulis “Perkawinan adalah bentuk dari sebuah kongsi. Hal yang bisa dikerjakan bersama kami kerjakan. Tapi yang tidak mungkin dikongsikan tak usah dipaksakan. Meski sudah bersatu dalam perkawinan, tak berarti harus saling menyesuaikan 100%, masing-masing harus tetap memiliki kedaulatan. Jika tidak, hilanglah kepribadian kita”. Di sini aku mencintai sosok SK Trimurti sebagai perempuan yang teguh pada prinsipnya.
Tidak ada alasan untuk tidak mencintai sosok SK Trimurti. Sosok perempuan berpendidikan dan cerdas. Berani mengambil keputusan dan berpegang teguh pada prinsip yang ia yakini. Sosok perempuan merdeka yang sepenuhnya berdaulat atas diri sendiri. Tidak kehilangan jati diri meski telah menikah, bahkan terus berkiprah untuk banyak orang.
SK Trimurti menjadi bukti bahwa manusia, laki-laki dan perempuan adalah makhluk Allah yang setara. Fitrah manusia yang berakal benar-benar dia maksimalkan demi tegaknya keadilan. Sosoknya mengabarkan bahwa perempuan bukanlah manusia lemah, cengeng dan tanpa kiprah. Justru sebaliknya, perempuan adalah makhluk kuat, tabah dan penuh karya.
Dari dia aku tahu bahwa perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia tidak hanya terisi oleh laki-laki, namun juga perempuan. Misi manusia sebagai khalifah di muka bumi telah berhasil ia emban dengan baik. Mencintai sosok SK Trimurti seperti sebuah kekuatan baru untuk menjadi perempuan yang merdeka seperti dirinya. []