Mubadalah.id – Dear Lesti, romansa cinta Leslar (Lesti-Billar) menjadi konsumsi publik jauh sebelum kalian masuk ke jenjang pernikahan. Kisah cinta ala anak muda yang “uwu” kerap dipertontonkan di wilayah publik. Hal itu terus berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Konsep walimah Leslar bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia karena live di salah satu televisi swasta.
Maka, berita tentang KDRT yang Lesti alami dan dilakukan oleh pasangan halalnya tersebut sontak membuat warganet kaget. Banyak pihak yang tidak mengira, sosok Billar yang selama ini menunjukkan tanggungjawabnya sebagai seorang suami yang mencintai istri dan meyayangi anaknya tersebut tega melakukan KDRT.
Berdasarkan laporan yang Lesti sampaikan di Kepolisian, KDRT tersebut terjadi dua kali dalam sehari, dan dalam jangka waktu yang berdekatan. Yang lebih menyedihkan lagi, awal mula KDRT tersebut karena Lesti meminta dipulangkan ke ayahnya.
Lantas seperti apa sebenarnya Islam memandang KDRT? Bukannya Islam memiliki konsep nusyuz yang membolehkan suami memukul istri jika melakukan pembangkangan? Termasuk salah satunya ketika istri minta pulang pada keluarga apakah bagian dari nusyuz?
Nusyuz Bukan Legalisasi KDRT
Dear Lesti, tahukah kamu ayat yang digunakan untuk melegalisasi KDRT atas nama nusyuz terdapat dalam Qs. An-Nisa ayat 34. Narasi fadribu yang memiliki arti memukul pada ayat tersebut juga memiliki aturan-aturan yang harus suami taati, yaitu pukulan yang tidak menyakitkan, tidak menyebabkan memar, tidak boleh meninggalkan bekas, dan tidak membahayakan fisik.
Jika melihat aturan tersebut, maka narasi memukul di situ memiliki makna qiyas yang sebenarnya bukan berarti memukul sebagaimana yang kita pahami. Karena secara nalar manusia, kita tidak bisa membayangkan bagaimana konsep memukul yang tidak menyebabkan rasa sakit?
Oleh karena itu, KH. Faqihuddin Abdul Kodir dalam kitab Manbaus Sa’adah dengan sangat tegas melarang untuk melakukan pemukulan meskipun dengan alasan mendidik. Karena inti dari perkawinan adalah bagaimana pasangan suami istri menjalankan mu’asyaroh bil ma’ruf atau memberlakukan pasangan secara bermartabat.
Dalam kitab yang sama juga ada penjelasan bahwa suami dan istri harus memiliki kesamaan visi untuk saling menghormati. Karena baik suami maupun istri dua-duanya adalah manusia maka harus kita perlakukan sebagaimana manusia. Memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan.
Teladan Nabi
Dear Lesti, Role model yang harus selalu menjadi rujukan tentunya adalah bagaimana Nabi Muhammad bersikap sangat lemah lembut terhadap istri-istrinya. Jika memang dalam narasi memukul tersebut mendatangkan kebaikan bagi istri tentu Nabi adalah orang pertama yang akan melakukannya. Namun tidak ada satupun ayat maupun hadits yang menceritakan bahwa nabi pernah memukul istrinya dengan dalih untuk kebaikan istrinya.
Hal ini sejalan dengan pesan dalam Al-Qur’an surat Ali Imron ayat 159, yang artinya;
“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya”.
Ayat di atas bisa kita internalisasikan dalam kehidupan rumah tangga, bahwa ketika salah satu pihak baik suami maupun istri melakukan tindakan negatif, anjurannya adalah menyelesaikan dengan jalan yang baik. Mengutamakan musyawarah dan mencari solusi terbaik. Mengedepankan musyawarah, dan berorientasi pada kemaslahatan bersama. bukan menggunakan kekerasan yang melukai fisik maupun psikis pasangan.
Berdasarkan penjelasan tersebut di atas, tampak jelas bahwa KDRT bukanlah sesuatu yang bisa kita legalkan dengan dalih menegakkan nusyuz. Islam secara mutlak melarang adanya KDRT. Pada dasarnya laki-laki dan perempuan setara di depan Allah SWT. Baik suami maupun istri berpotensi untuk melakukan tindakan negatif yang dapat memunculkan relasi yang tidak baik dalam rumah tangga. Dan jika perilaku negatif tersebut terjadi, maka solusi penyelesaiannya harus mengedepankan musyawarah terlebih dahulu.
KDRT Masuk ke Ranah Hukum
Jika pasangan sudah berani melakukan kekerasan secara fisik pun dengan dalih nusyuz, maka tidak ada satupun ayat al-Quran maupun hadits yang membolehkan tindakan tersebut. Al-Quran dan hadits tegas melarang adanya kekerasan dalam rumah tangga. Maka tindakan Lesti yang segera melaporkan KDRT yang ia alami sudah tepat. Melaporkan KDRT juga bukan berarti membuka aib suami. Karena KDRT adalah tindakan kriminal yang harus mendapatkan hukuman yang setimpal.
Hal ini sebagaimana suatu kisah yang pernah terjadi di masa Rasullulah SAW. Suatu saat, datanglah istri yang mengadukan pemukulan yang suaminya lakukan. Nabi memberikan respon atas aduan para istri tersebut dengan mengeluarkan hadits bahwa sebaik-baik laki-laki adalah yang bersikap baik terhadap perempuan. Beliau juga tidak pernah memukul istri-istrinya bahkan kepada pembantunya sekalipun. Jadi, dear Lesti, apa yang kamu lakukan itu sudah tepat. []