Mubadalah.id – Dalam perjalanan ke Jakarta untuk acara KUPI, aku membawa kitab Ihya Ulumuddin magnum opus Imam al-Ghazali (w. 505 H) sebagai teman. Tidak semuanya, karena banyak dan berat. Hanya satu: jilid ke-3 saja, yang membahas tentang hati, nafsu, syahwat dan jiwa dalam perspektif Imam al-Ghazali. Ditambah dengan segala rupa kondisi internal seorang manusia. Beberapa kali, sering membuka-buka jilid ke-3 ini, ketika sedang perlu. Belum pernah tamat sih. Tetapi, yang sesekali ini banyak juga memberi inspirasi dalam perjalanan hidupku. Terutama ketika sudah memiliki perspektif mubadalah. Jadi lebih nyaman dan mendalam.
Hidup adalah Perjalanan
Hidup adalah perjalanan panjang, yang sudah lama kita mulai dan masih akan terus berlangsung. Ujung awalnya adalah Allah Swt dan begitupun ujung akhirnya. Huwal al-Awwalu wal-Akhiru. Dia, Allah Swt, yang awal dan yang akhir. Kami, semua manusia dan semua semesta, adalah dari-Nya dan menuju pada-Nya. Inna lillah wa inna ilaihi roji’un.
Saat ini, yang sedang kita lalui: adalah hanya salah satu perhentian saja, dari perjalanan panjang kita. Perjalanan saat ini kita sebut sebagai kehidupan dunia, yang berarti dekat (dunya), atau pendek. Karena ada perhentian yang lebih tinggi (qushwa) dan panjang. Yaitu, ketika kita sudah benar-benar bersama Allah Swt.
Semua pasti mati dan mengakhiri kehidupan pendek ini. Tetapi bukan berarti berhenti atau selesai. Masih ada kehidupan lain, yang akan dilalui. Kematian adalah akhir dari kehidupan seseorang di dunia, untuk memasuki kehidupan selanjutnya, yang berbeda tetapi berkelanjutan.
Jiwa adalah Pengendara
Lalu, siapakah yang berjalan menapaki perjalanan kehidupan ini? Ya, kita semua sebagai manusia. Manakah dari manusia yang melakukan perjalanan ini? Tubuhnyakah atau jiwanya? Atau keduanya?
Kata Imam al-Ghazali yang menjadi pejalan (salik) dari kehidupan ini, yang sesungguhnya, adalah jiwa manusia. Sementara tubuhnya adalah kendaraan (markab) bagi jiwa yang sedang melakukan perjalanan kehidupan tersebut.
Jiwa-lah yang dipanggil oleh Allah Swt, disapa, dituntut, dan dimintai pertanggung-jawaban. Dia-lah yang memenuhi panggilan, menjawab, mengenali, dan memahami kehendak Allah Swt. Karena itu, yang sadar dengan jiwanya akan mudah mengenali Tuhan-nya (man ‘arafa nafsahu faqad ‘arafa rabbahu).
Pertanyaanya, apakah jiwa kita sudah benar-benar menjadi pengendara yang mengatur dan mengarahkan tubuh kita untuk kepentingan jiwa kita?
Tubuh adalah Kendaraan
Semua anggota tubuh kita adalah alat kendaraan bagi jiwa kita yang sedang melakukan perjalanan ini. Tubuh ini harus dijaga, dirawat, dan dipenuhi kebutuhannya agar mampu menjadi kendaraan yang kuat dan sanggup melayani kebutuhan jiwa kita untuk menapaki kehidupan ini dan meneruskan perjalanan berikutnya.
Otak dengan kekuatan akal pikirannya, seperti supir bagi jiwa pengendara yang bisa melihat jalan, membaca berbagai kemungkinan dan mengarahkan perjalanan ke depan yang lebih baik. Hati dengan perasaannya, seperti co-driver sekaligus penasehat bagi jiwa, agar melakukan berbagai pertimbangan dalam melalui perjalanan ini.
Nafsu syahwat (asy-syahwah) laksana bensin atau energi yang membuat jiwa terus berkehendak, bergerak, dan berjalan. Sementara amarah (al-ghadhab) laksana satpam atau polisi di dalam kendaraan kita, yang bertugas mengawasi segala gerak-gerik yang akan menghancurkan jiwa kita.
Jiwa pengendara yang hidup dan sadar adalah yang mampu mengenali semua fungsi kendaraannya, berupa seluruh anggota tubuhnya, mengelola, dan memimpin semuanya agar perjalanan hidup ini selamat, aman, nyaman, dan sampai pada tujuan sesuai dengan harapan bertemu Allah Swt dalam keadaan tenang dan bahagia (muthma’innah). Wahai jiwa-jiwa yang tenang, pulanglah menemui Tuhanmu dengan penuh kerelaan dan penerimaan (QS. Al-Fajr, 89: 27-28).
Ilmu dan Amal adalah Bekal Perjalanan
Kata Imam al-Ghazali, bekal bagi jiwa dalam perjalanan ini adalah ilmu dan amal-amal kebaikan. Ilmu tentang anggota tubuh dan kehidupuan, serta ilmu tentang jiwa dan kebutuhan-kebutuhannya. Yang membuat bekal ilmu ini memiliki vitamin dan energi adalah amal kebaikan yang bertumpu pada akhlaq karimah.
Agar jiwa ini memperoleh dan mengonsumsi bekal yang benar dalam perjalanan ini, ia harus berlatih secara berkesinambungan untuk selalu berhubungan dengan Allah Swt, mendekat kepada-Nya, dan mengingat-Nya secara terus menerus. Jiwa yang selalu mengingat-Nya akan mudah tenang dan bahagia (QS. Ar-Ra’d, 13: 28), dan mampu menjalankan kendaraan tubuhnya menapaki kehidupan, dengan baik, dan melanjutkannya agar sampai pada tujuan. Wallahu a’lam. []