Jumat, 17 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Berdoa

    Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    Difabel Muslim

    Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

    Hak Milik dalam Relasi Marital

    Hak Milik dalam Relasi Marital, Bagaimana?

    Media Alternatif

    Media Alternatif sebagai Brave Space dalam Mainstreaming Isu Disabilitas

    Disabilitas intelektual

    Melatih Empati pada Teman Disabilitas Intelektual

    Alam

    Menjaga Alam, Menyelamatkan Ekosistem

    Diplomasi Iklim

    Ekofeminisme dalam Diplomasi Iklim

    Korban Kekerasan Seksual

    Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan Itu yang Mempermudah, Bukan yang Memersulit

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan dalam Perspektif Mubadalah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Berdoa

    Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    Difabel Muslim

    Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

    Hak Milik dalam Relasi Marital

    Hak Milik dalam Relasi Marital, Bagaimana?

    Media Alternatif

    Media Alternatif sebagai Brave Space dalam Mainstreaming Isu Disabilitas

    Disabilitas intelektual

    Melatih Empati pada Teman Disabilitas Intelektual

    Alam

    Menjaga Alam, Menyelamatkan Ekosistem

    Diplomasi Iklim

    Ekofeminisme dalam Diplomasi Iklim

    Korban Kekerasan Seksual

    Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan Itu yang Mempermudah, Bukan yang Memersulit

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan dalam Perspektif Mubadalah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Rohingya dan Refleksi Hijrah Nabi

Kita hanya perlu menggunakan kacamata kemanusiaan dalam melihat tertindasnya para pengungsi Rohingya

Aaz Haz Aaz Haz
22 November 2023
in Publik, Rekomendasi
0
Rohingya

Rohingya

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id– Sebuah kapal kayu berisi 249 orang pencari suaka Rohingya bersandar di Bireun, Aceh. Namun sayangnya, warga setempat tidak memberi izin kapal tersebut bersandar. Fenomena “manusia perahu” pencari suaka ini terus berulang akibat krisis kemanusiaan di Rakhine Myanmar.

Ada yang terlewat dari cara kita merespon tragedi kemanusiaan terbesar di wilayah Asia Tenggara ini. Sederhananya, mungkin Rohingnya adalah penindasan yang terlupakan oleh dunia. Saya akan mengajak salingers untuk melihat Rohingya dari kacamata refleksi hijrah nabi. Keduanya berangkat dari diskriminasi dan eksploitasi yang diterima di tanah asalnya.

Siapakah Rohingya?

Eskalasi kekerasan terhadap etnis ini terus menerus terjadi dari tahun 2016. Kekerasan justru datang dari pemerintah Myanmar yang enggan mengakui etnis ini sebagai warga negara mereka. Menurut pemerintah Myanmar, Rohingya adalah etnis pendatang yang menurut konstitusi mereka tidak berhak menerima kewarganegaraan.

Melansir dari BBC News, PBB mendefinisikan Rohingya sebagai minoritas agama dan etnis yang hidup di negara bagian termiskin di Myanmar. Bahkan sejarawan berpendapat etnis ini sudah menempati Rakhine sejak ratusan tahun yang lalu.

Hidup di daerah miskin dengan sumber daya yang tidak banyak, menjadikan perebutan sumber daya terjadi tidak sehat. Etnis selain Rohingya yang menempati wilayah tersebut mendiskriminasi dan menumbuhkan sentimen agama. Mereka beranggapan bahwa Rohingya adalah pendatang dan tidak berhak atas sumber daya yang ada.

Gesekan semacam inilah yang menimbulkan konflik bersenjata antar etnis dan kemudian meluas menjadi konflik etnis dan militer. Konflik sejak beberapa tahun terakhir ini, menjadikan Rohingya pada kondisi sosiologis yang betul-betul merugikan. Hak hidup mereka terampas oleh serentetan operasi militer yang lebih pantas disebut genosida.

Melihat Rohingnya Dengan Kemanusiaan

Berada pada kondisi sosiologis yang tidak menguntungkan, banyak warga Rohingya memutuskan untuk meninggalkan Myanmar dengan menggunakan perahu kayu. Mereka berusaha mencari suaka dan penghidupan di negara-negara sekitar yang tidak jauh dari Myanmar.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menerima pengungsi Rohingya dan menampungnya. Namun belakangan, warga Aceh yang wilayahnya sering disinggahi pengungsi tidak mau lagi menerima ratusan “manusia perahu” tersebut.

Saya betul-betul mengapresiasi tindakan warga Aceh. Meskipun mereka menolak pengungsi, mereka masih memberikan bahan-bahan makanan kepada para pengungsi. Kalau bukan rasa kemanusiaan yang bekerja, tolong-menolong ini tidak mungkin terjadi.

Rasanya kita tidak perlu melihat fenomena ini dengan menggunakan jubah agama atau identitas etnis. Kita hanya perlu menggunakan kacamata kemanusiaan dalam melihat tertindasnya para pengungsi Rohingya.

Saya sungguh tidak bisa membayangkan sebuah perahu kayu kecil penuh sesak manusia terombang-ambing di lautan. Agustus lalu, perahu yang membawa pengungsi terbalik di Teluk Benggala, sedikitnya 17 orang meninggal dalam peristiwa tersebut. Belum lagi ada dua kelompok rentan yaitu perempuan dan anak-anak yang ikut dalam perahu tersebut.

Sudah pasti perempuan dan anak-anak paling merasakan dampak terberatnya. Pengalaman reproduksi perempuan (haid) akan terasa sangat berat di tengah situasi yang tidak menentu. Seringkali terlupakan, bantuan kemanusiaan hanya berupa makanan instan dan pakaian, sedangkan pembalut dan kebutuhan perempuan lainnya terlewatkan.

Indonesia tentu tak bisa dituntut menjadi satu-satunya yang memecahkan masalah ini. Perlu andil seluruh pihak termasuk PBB dan ASEAN dalam memecahkan masalah kemanusiaan terberat di Asia Tenggara ini.

Hijrah Yang Tolong Menolong

Kondisi sosiologis yang tidak menguntungkan juga mendorong hijrah umat Islam dari Makkah ke Madinah 1445 tahun lalu. Islam di awal kemunculannya menjadi sebuah identitas yang asing dan menjadi minoritas. Karena menjadi minoritas, muslim pada saat itu mengalami diskriminasi luar biasa dari kaum kafir Makkah.

Hijrah ke Habasyah (Ethiopia) dan ke Madinah bukan langkah keputusasaan dari umat Islam. Hijrah adalah upaya untuk mencari kehidupan sosial yang layak dan terlindungi.

Sementara itu, setelah di tujuan hijrah umat Islam tidak berdiam diri menunggu bantuan. Nabi mempersaudarakan muhajirin dan anshor. Melalui strategi ini, terjadilah kerjasama dan pembagian sumber daya yang adil dan merata. Beberapa sahabat nabi yang menjadi saudara kaum Anshor adalah Abu Bakar dengan Kharijah bin Zubair dan Umar bin Khattab dengan Itban bin Malik.

Kita dapat mengambil semangat tolong menolong dalam hijrah ini dalam melihat Rohingya. Bagaimanapun mereka hanyalah manusia yang sedang dihadapkan dengan konflik kekerasan di tanah kelahirannya. Para pengungsi tidak mungkin datang jika di negara mereka sendiri dalam keadaan aman, bukankah begitu salingers?.

Yang kuat menolong yang lemah, itu adalah semangat hijrah nabi yang harus kita pegang hari ini. Dalam konteks Rohingya, negara penerima suaka cukup dengan memberikan penampungan yang layak bagi pengungsi dan menjamin keamanannya. Jangan sampai di pengungsian mereka mendapat kekerasan dan diskriminasi lagi seperti di negara asalnya. []

Tags: AcehDonasiHijrah NabikemanusiaanRohingya
Aaz Haz

Aaz Haz

Silih Asah Silih Asih Silih Asuh

Terkait Posts

Korban Kekerasan Seksual
Publik

Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

14 Oktober 2025
Keluarga sebagai
Hikmah

Keluarga sebagai Sekolah Pertama Menanamkan Nilai-nilai Kemanusiaan

11 Oktober 2025
Laki-laki Perempuan dalam Kemanusiaan
Hikmah

Laki-Laki dan Perempuan: Mitra Setara dalam Kemanusiaan

10 Oktober 2025
Terminasi
Publik

Terminasi : Sebab Minimnya Kelahiran Down Syndrome di Islandia

13 Oktober 2025
Isu Disabilitas
Publik

Isu Disabilitas dan Pergeseran Paradigma Sosial dan HAM: Dari Belas Kasihan ke Keadilan

8 Oktober 2025
Islam Perempuan
Hikmah

Islam Mengangkat Martabat Perempuan dari Objek Warisan Menjadi Subjek Kemanusiaan

7 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rima Hassan: Potret Partisipasi Perempuan Aktivis Kamanusiaan Palestina dari Parlemen Eropa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Memahami Fitrah Anak
  • Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok
  • 5 Pilar Pengasuhan Anak
  • Rima Hassan: Potret Partisipasi Perempuan Aktivis Kamanusiaan Palestina dari Parlemen Eropa
  • Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID