• Login
  • Register
Senin, 19 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Stereotip Perempuan Indramayu

Fatikha Yuliana Fatikha Yuliana
28/09/2022
in Kolom
1
Stereotip Perempuan Indramayu

Ilustrasi: wikimedia[dot]com

2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.Id– Berikut stereotip perempuan Indramayu. Hal ini tak bisa dipungkiri ada di sebagian masyarakat. Yang menyarankan perempuan nikih siri atau kontrak.

“Kebanyakan perempuan di situ lebih memilih menikah siri daripada dicurigai berzina, lebih bangga karena sudah menjanda empat kali daripada belum menikah sama sekali di usia yang terbilang mapan”.

Kira-kira begitu kalimat yang terlontar dari seorang kawan ketika membicarakan daerah saya, Indramayu.

Meskipun saya belum banyak memberikan kontribusi untuk daerah saya, tetap saja saya merasa kesal ketika mendengar ungkapan seperti tersebut di atas. Tetapi saya memilih untuk mendengarkan apapun yang dikatakan lawan bicara saya terhadap daerah saya.

“Pasangan suami istri di sana, ketika suaminya mendengar istrinya melahirkan anak laki-laki, suami tidak bergeming dari pekerjaannya. Istrinya melahirkan di rumah, suaminya masih tetap mencangkul di sawah.”

Baca Juga:

Ketika Sejarah Membuktikan Kepemimpinan Perempuan

Qiyas Sering Dijadikan Dasar Pelarangan Perempuan Menjadi Pemimpin

Membantah Ijma’ yang Melarang Perempuan Jadi Pemimpin

Tafsir Hadits Perempuan Tidak Boleh Jadi Pemimpin Negara

“Tetapi ketika si istri melahirkan anak perempuan, si suami sangat antusias menyambut bayi perempuannya. Ia meninggalkan cangkulnya, bergegas pulang ke rumah. Lalu setelah besar, mereka (anak perempuan) bekerja sebagai TKI atau TKW di luar negeri karena tak mempunyai biaya untuk melanjutkan sekolah. Ini seakan menandakan bahwa di sana anak perempuan adalah aset berharga bagi keluarga”, katanya lagi.

Saya menangkap dari perkataannya, kuat anggapan bahwa perempuan di daerah saya semuanya sama, persis seperti yang diungkapkannya.

Sepanjang obrolan penuh stigma dan stereotip negatif terhadap perempuan-perempuan Indramayu, saya sadar bahwa stereotip itu tidak hanya terlontar dari dia saja. Bahkan mungkin di luar sana beragam stigma tentang daerah saya sudah banyak ditemui.

Ya, daerah saya berada di jalur pantai utara (pantura), lebih tepatnya Indramayu. Orang lebih mengenal Indramayu dengan lagu-lagu tarlingnya daripada potensi daerahnya. Lebih banyak mengenal warung remang-remangnya daripada kilang minyaknya.

Entah berawal dari mana dan siapa stereotip itu muncul. Saya pun tidak tahu persis, di bagian mana tepatnya daerah saya yang banyak kasus serupa itu. Sebab tak semua perempuan di daerah saya seperti apa yang banyak diperbincangkan oleh orang-orang di luar sana.

Tak semua perempuan Indramayu bersedia untuk menikah siri. Tak semua keluarga di Indramayu menjadikan anak perempuannya sebagai aset pendapatan keluarga. Tak semua perempuan Indramayu memilih menjadi janda di usia muda.

Ini sama halnya dengan stereotip yang diberikan kepada perempuan Sunda yang dicap matre, padahal kita semua pun makhluk matrealistis yang tak jarang mengukur sesuatu dengan materi.

Atau perempuan Jawa yang selalu dicap kemayu dan tidak berprinsip, karena  kerap manut pada pendapat orang lain.

Pernah satu waktu kawan saya, seorang lelaki Jawa, bercerita tentang pernikahannya yang gagal karena orang tua yang tidak menyetujui hubungannya dengan gadis Sunda. Orang tuanya melarang anak laki-lakinya berhubungan dengan perempuan Sunda karena dinilai matre.

Lantas, mengapa harus perempuan yang mendapat stigma dan stereotip? Mengapa bukan laki-laki? Disadari atau tidak, stereotip yang muncul itu dari pikiran-pikiran masyarakat kita yang masih sangat kental nilai-nilai patriarkat.

Konstruksi pikiran dengan tujuan mengantarkan kita untuk menjadikan perempuan sebagai objektifikasi segala stigma. Kemudian melekat dan menjelma stereotip negatif yang menggejala di masyarakat kita hingga kini.

Stereotip daerah atau etnis yang berkembang sangat lekat di masyarakat kita, ini seakan menunjukkan bahwa dengan mudahnya kita memberi nilai atas sesuatu yang secara keseluruhan belum benar adanya. Atau jika pun ada, itu hanya sebagian tidak berarti keseluruhan.

Menurut saya ini tidak adil, sebab kita tidak bisa menyimpulkan sesuatu dengan memberi nilai hanya dari sebagian yang kita temui. Lalu menghilangkan nilai-nilai yang ada dari sebagian lainnya dan menilai secara generalisasi berdasarkan informasi umum yang dianggap benar.

Betapa relasi adil gender pada masyarakat kita masih jauh dari harapan. Ketimpangan-ketimpangan relasi ini seringkali melahirkan diskriminasi. Dari sekian diskriminasi adalah kaum perempuan yang paling rentan menjadi korban.

Demikian penjelasan terkait stereotip perempuan Indramayu. Semoga bermanfaat. []

Tags: daerahetnisIndramayuPanturaperempuanStereotipTarlingTKITKW
Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana, terlahir di Indramayu. Alumni Ponpes Putri Al-Istiqomah Buntet Pesantren Cirebon. Berkuliah di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon. Jatuh cinta pada kopi dan pantai.

Terkait Posts

Inspirational Porn

Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

19 Mei 2025
Kehamilan Tak Diinginkan

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

18 Mei 2025
Keberhasilan Anak

Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

17 Mei 2025
Inses

Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

17 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Inses

Inses Bukan Aib Keluarga, Tapi Kejahatan yang Harus Diungkap

17 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan

    KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menghindari Pemukulan saat Nusyuz

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Ratu Junti, Sufi Perempuan dari Indramayu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi
  • Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version