Mubadalah.id – Perempuan di Titik Nol adalah salah satu judul novel mungil karya almarhumah Nawal El Sa’dawi yang punya daya sengat dahsyat. Saat aku share rencana bedah novel ini, beberapa teman cerita nggak mampu khatam baca. Alasannya ada yang mual, ada pula yang merasa ngeri.
Aku ingat betul setelah baca novel ini kemudian lanjut novel Memoar Seoorang Dokter Perempuan, kumerasa panas dingin. Ada yang bergejolak dan membuat marah, kecewa, dan KZL. Gelisah menyadari ada gap yang menganga lebar antara Islam yang kuyakini adil pada perempuan dengan Islam sebagaimana dipraktekkan oleh masyarakat yang sungguh kerap menistakan kemanusiaan perempuan hingga di titik nol.
Beruntung saat itu, aku sedang jadi mahasiswi jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin IAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saat kecewa segera pula menemukan harapan karena ternyata satu ayat bisa dipahami secara beragam. Masih ada pemahaman yang adil pada perempuan. Walau kala itu pemahamannya masih bersifat tercecer, belum sistemik.
Kala itu aku masih bisa ambil posisi: “Al-Quran adalah firman Allah Yang Mahaadil termasuk pada perempuan, maka mustahil Allah memaksudkan firman-Nya untuk ketidakadilan pada perempuan. Tapi al-Quran juga selalu dipahami oleh manusia yang tak satupun maha adil, maka pemahaman atas al-Qur’an bisa adil pada perempuan bisa pula sebaliknya.”
Pokoknya kalau ketemu pemahaman yang tidak adil atas ayat al-Quran aku cuma membatin: pasti bukan ini yang dimaksudkan oleh Allah. Lalu apa pemahaman yang Dia maksudkan? Mbuh, pokoknya bukan ini, biar kucari!
Jika dipikir-pikir miris juga ya! Kita yang cuma membaca kisah Firdaus saja sangat mual dan ngeri. Bagaimana mereka yang mengalami nasib sama? Bayangkan novel ini ditulis oleh Nawal yang hidupnya baru berakhir beberapa hari lalu. Novel diinspirasikan oleh fenomena riil. Artinya, di abad 20 hingga 21 ini perempuan masih kerap diterjunkan ke titik nol kemanusiaannya. Ndahneo di abad 7 M saat Islam hadir.
Tentu ada banyak kemajuan dahsyat terkait dengan kesadaran tentang kemanusiaan perempuan. Manusia abad ini sudah mulai menyadari bahwa perempuan adalah sama dengan laki-laki sebagai manusia. Dua-duanya perlu diperlakukan secara manusiawi. Ini adalah kesadaran yang menitikberatkan pada persamaan keduanya sebagai manusia.
Bahkan kini lebih maju lagi kesadaran kemanusiaan perempuan disertai dengan kesadaran tentang perbedaan laki-laki dan perempuan sebagai manusia. Karenanya laki-laki tidak bisa menjadi standar tunggal kemanusiaan perempuan. Di samping persamaan, masing-masing juga punya perbedaan sebagai manusia. Karenanya, sikap manusiawi pada perempuan mesti mempertimbangkan kondisinya yang berbeda dengan laki-laki sebagai manusia, baik secara biologis maupun sosial. Ini adalah kesadaran kemanusiaan yang menitikberatkan pada perbedaan keduanya sebagai manusia.
Islam hadir di masyarakat Arab dan dunia yang secara umum waktu itu masih meletakkan perempuan di titik nol. Seumur hidupnya, perempuan sangat rentan alami penistaan. Baru lahir rentan dikubur hidup-hidup, masuk usia anak rentan alami insest dan perkawinan paksa, saat menstruasi rentan alami tabu menstruasi, lalu rentan pula rentan dijadikan hadiah, jaminan hutang, saat nikah rentan dicerai lalu dirujuk tanpa batas, rentan dipoligami dalam jumlah istri tak terbatas dan tanpa syarat adil, saat suami meninggal rentan praktek iddah dan ihdad yg menistakan di samping juga rentan diwariskan, dst.
Mari kita refleksikan apa respon Islam pada abad 7 M pada sistem sosial yang meletakkan perempuan di titik nol? Apa hambatan hingga 14 abad kemudian perempuan masih rentan diletakkan pada titik nol? Apa yang mesti lakukan perempuan agar bisa beranjak dari titik nol ke kemanusiaan penuhnya?
Apa makna perhelatan penting Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) pada tahun 2017 terkait kemanusiaan perempuan dalam Islam di abad ini? Apa perubahan signifikan yang terjadi pada posisi perempuan dalam sistem pengetahuan keislaman yang diproduksinya? Apa dampak pada pengetahuan Islam yang dihasilkannya? Bagi yang ingin mengetahui jawaban-jawaban atas pertanyaan penting ini, yuk mari melingkar di Ngaji KGI! []