Mubadalah.id – Dalam rumpun dalil puasa, di surat al-Baqarah ayat 187 Allah Swt telah menjelaskan hubungan puasa dengan vitalitas keluarga sakinah:
أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسآئِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ فَالآنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوْا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ وَلاَ تُبَاشِرُوْهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُوْنَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُوْدُ اللَّهِ فَلاَ تَقْرَبُوْهَا كَذَالِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ (۱٨۷)
- Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma’af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, Yaitu fajar. kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, Maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.
Pertanyaannya sederhana, mengapa hubungan suami istri dijelaskan oleh Allah SWT dalam rumpun ayat kewajiban puasa?
Ini tidak dapat difahami kecuali bahwa puasa juga mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan keharmonisan sebuah keluarga. Penjelasannya pun sangat sederhana. Makan, sesuatu yang kelihatan sepele, tetapi ternyata juga mempunyai dampak terhadap keharmonisan sebuah keluarga dan bahkan sebuah cita-cita. Dari meja makanlah semua persoalan yang muncul dapat terselesaikan.
Bayangkan, untuk dapat makan bersama saja antara ayah, ibu dan anak susahnya minta ampun. Kalau salah satu dari jumlah keluarga itu sudah ada yang makan, yang lainnya hampir tidak peduli lagi dengan yang belum makan. Padahal dalam makan bersama satu meja, persoalan yang dihadapi anak dapat diceritakan di sana.
Persoalan yang dihadapi ibu dapat dibicarakan di sana. Persoalan yang dihadapi ayah juga bisa disampaikan di sana. Bila ada momen seperti itu, tidak ada lagi persoalan yang serius dalam sebuah keluarga, dan momen itu bernama puasa, sehingga puasa betul-betul dapat merekatkan kembali hubungan dan keharmonisan keluarga, ayah, ibu dan anak.
Selain hubungan yang harmonis, atau keluarga sakinah, dalam ayat di atas juga disinggung masalah hubungan intim antara suami dan istri. Pertanyaanya sama, kenapa hubungan intim antara suami dan istri dijelaskan oleh Allah dalam rumpun ayat kewajiban puasa? Tentu saja tidak ada kepastian jawaban atas pertanyaan ini, kecuali bahwa puasa dapat mengembalikan vitalitas seseorang dalam hubungan intim suami dan istri. Pertanyaan berlanjut, benarkah?, benarkan puasa dapat mengembalikan vitalitas seseorang?
Dalam literatur asbabun nuzul terdapat sebuah cerita bahwa dulu ketika pertama kali puasa diwajibkan pada umat Islam mereka memahaminya dengan satu pemahaman bahwa kewajiban puasa dimulai bila sudah tertidur, jadi imsaknya dihitung dari tidur. Sementara para sahabat banyak yang bekerja keras di siang hari, sehingga ketika sore tiba, setelah sholat isya, mereka banyak yang tertidur karena kelelahan. Kalau sudah tertidur, dan bangun mereka pun akan menjalani puasa kembali.
Hal ini menyebabkan dua orang sahabat Nabi bernama Qais bin Shirmah dan Umar bin Khattab tidak dapat melaksanakan puasa seperti pemahaman ini. Qais bin Shirmah pingsan di hari kedua puasa, karena ia menjalani puasa hampir dua hari dua malam. Sedangkan Umar bin Khattab melakukan hubungan suami istri setelah bangun tidur di malam hari. Peristiwa ini lalu dilaporkan ke Rasulullah SAW, lalu turunlah ayat ini, surat al-baqarah ayat 187. “ Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; …., dan seterusnya”.
Hubungan spesial antara suami dan istri merupakan salah satu pondasi dalam sebuah keluarga. Begitu banyak angka perceraian, salah satu penyebabnya adalah kurang terjalinnya hubungan spesial ini tentu saja karena berbagai faktor. Puasa diyakini dapat mengembalikan vitalitas dan keharmonisan hubungan spesial antara suami dan istri. Ini lagi-lagi tentu saja bila puasa dilakukan secara benar. Semoga bermanfaat, wallahu A’lam. []