• Login
  • Register
Minggu, 8 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Croc Brain dan Ketidakbahagiaan Massal (2)

Listia Listia
17/01/2021
in Kolom
0
Croc Brain

Ilustrasi: internetmarketingbeasts[dot]com

84
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Tingginya tingkat pendidikan seseorang tidak menjadi jaminan ia dapat mempertahankan akal sehat dan hati nuraninya. Hal yang lebih menentukan kiranya adalah stabilitas mental yang damai, daya tahan seseorang dari merasa mudah terancam, hingga croc brain menjadi jinak terkendali.

Dulu ada hipotesa bahwa anak-anak muda yang belajar agama di pesantren tidak akan terbawa aliran paham radikal. Ternyata ada seorang Aman Abdurrahman yang juga mantan santri sebuah pondok pesantren yang masuk jaringan teroris, bukan hanya intelektual seperti DR azahari yang jago membuat bom. Lalu di mana akar masalah kerentanan  mental –mudah merasa terancam–  ini?

Ada orang-orang yang bermental tenang, damai, mudah beradaptasi dalam banyak situasi, berfikir dan bersikap terbuka, tanpa ragu mendengar maupun mencari informasi yang berbeda dari yang ada dalam pikirannya tanpa merasa kehilangan rasa aman.

Namun banyak juga orang-orang yang senang membangun ‘benteng pertahanan’, tidak ingin tahu hal-hal yang berbeda dari yang dia mengerti atau dipahami oleh komunitasnya, karena mudah merasa terancam. Apa yang menyebabkan munculnya kondisi mental yang berbeda dari dua kelompok di atas?

Mentalitas yang tenang ada pada mereka yang memiliki konsep, penerimaan diri yang baik. Mereka mampu memulihkan luka batin –yang biasanya diterima dalam perjalanan hidup–, memilih bahagia dan mampu mengembangkan potensi baik yang ia miliki.

Baca Juga:

Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan

Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga

Fenomena Inses di Indonesia: Di Mana Lagi Ruang Aman bagi Anak?

Pentingnya Membangun Kesadaran Inklusivitas di Tengah Masyarakat yang Beragam

Sebaliknya ada sebagian orang yang konsep dirinya rendah karena berbagai peristiwa hidup yang membuatnya merasa diri tidak berharga dan tidak berhasil memulihkannya. Konsep diri yang rendah seringkali kali mengakibatkan seseorang tanpa sadar memelihara pikiran negatif dan pesimistik. Sengatan rekayasa informasi yang menyasar croc brain akan mudah mengenai pribadi yang rentan karena memilihara pikiran negatif dan pesimistik seperti ini.

Dari sudut pandang neurosains beralih pada psikologi perkembangan, dapat dilihat bahwa orang-orang yang mudah menyebar berita bohong, ujaran kebencian, menjual sentimen agama dan menghalalkan segala cara untuk kekuasaan dunia dan bertindak anarkis, bisa jadi tanpa sadar mereka sedang mengungkapkan ketidakbahagiaan. Di mana peran pendidikan dalam perkembangan fenomena ini?

Pendidikan ada dalam tiga ranah yang saling terkait yang oleh Ki Hadjar Dewantara disebut tri pusat pendidikan, yaitu pendidikan keluarga, pendidikan di masyarakat dan pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan.

Sayangnya akhir-akhir ini tiga pusat pendidikan ini sedang kehilangan suasana saling dukung saling menguatkan. Keluarga adalah ruang pendidikan pertama dan terpenting, karena di sinilah konsep diri seorang anak sejak awal terbentuk.

Saat ini banyak keluarga menyerahkan pendidikan anak-anak sejak balita pada pengasuh atau tempat pengasuhan anak. Ayah yang terlibat dan tidak membiarkan ibu berperan sendiri dalam pengasuhan sangat menentukan perkembangan berbagai segi kecerdasan.

Sementara berkurangnya kehangatan keluarga, apalagi bila ada pengalaman dipisahkan, perasaan diri tidak dicintai, rasa tidak berharga, marah, kecewa akan tersimpan lama dalam bawah dasar hingga dewasa, yang bila tidak dipulihkan dapat  mempengaruhi kepribadian.

Di luar keluarga, masyarakat kita bergerak makin individualistis dan mengalami kemunduran dalam menunjukkan sikap saling peduli dalam turut menyemai nilai-nilai dan memberi teladan baik bagi para muda.

Sementara lembaga-lembaga pendidikan secara umum terlalu menonjolkan penguatan kognisi peserta didik, mempromosikan hubungan penuh persaingan bukan kerjasama, kurang serius dalam menguatkan daya afeksi yang sangat penting dalam menumbuhkan kecerdasan relasional.

Suasana pendidikan di banyak lembaga pendidikan menandaskan pemahaman seolah hanya dengan kepintaran dan kuatnya hafalan, menjadi menentu kebaikan. Padahal pintar saja sangat tidak cukup untuk menjadi manusia baik dan bertanggung jawab.

Semua aktifitas pendidikan haruslah berangkat dari pengertian yang mendalam dan komperhensif tentang kemanusiaan, karena dari titik ini pendidikan dimulai dan pada titik ini juga pendidikan diarahkan.

Pendidikan harus mengupayakan pengembangan sadar diri, sadar relasi dan sadar kondisi lingkungan peserta didiknya, untuk sebesar-besar menumbuhkan keluhuran martabat manusia.

Dengan mengembangkan sikap tanggung jawab dalam arti seluas-luasnya, khususnya tanggung jawab sebagai makhluk yang mendapat amanah kelestarian dan kedamaian bumi dan seisinya, peserta didik dituntun menemukan cara belajar sesuai keunikan masing-masing, menjadi dirinya sendiri sehingga menemukan cara untuk bertanggung jawab secara merdeka.

Pendekatan pendidikan yang manusiawi akan membantu peserta didik lebih mengenali diri, menyadari riwayat tumbuh kembang diri sebagai bagian dari upaya memahami kehidupan yang lebih luas.

Pendekatan pendidikan yang selalu mempertimbangkan keunikan manusia mendorong peserta didik lebih mampu melihat ke dalam diri, menemukan kekuatan dan kelemahan, mencermati luka dan bahagia yang turut membentuk konsep dirinya.

Dengan ini peserta didik terkondisi untuk mengembangkan potensi, memulihkan luka batinnya sehingga mampu menerima diri dan menyukuri hidup.  Dengan peneriamaan diri ini peserta didik yang mampu melihat keindahan dalam banyak segi kehidupan, yang membuatnya optimis dan selalu memelihara pikiran baik sehingga mudah  bahagia.

Pendidikan pada tripusat pendidikan yang mendukung pemerdekaan peserta didik (termasuk pemerdekaan dari relasi kuasa dalam praktik pembelajaran) adalah jalan lapang bagi tumbuh berkembang sesuai keunikan masing-masing anak atau peserta didik.

Dengan pendekatan yang manusiawi ini kiranya pendidikan dapat berperan menumbuhkan ketahanan mental sehingga tidak makin banyak orang kehilangan akan sehat dan hati nurani menghadapi berbagai tantanan perubahan.

Menghadapi rekayasa informasi yang menyasar croc brain dari pihak-pihak yang anti kedamaian, mengahadapi makin banyaknya generasi muda yang tumbuh dalam ketidakbahagiaan, menyadarkan kita untuk lebih bersungguh-sungguh memikikan praktik pendidikan dalam tri pusat pendidikan kita.[]

Tags: akalanakayahBalitacroc brainkeluargamasyarakatneurosainsotakpendidikanpikiranpsikologi
Listia

Listia

Pegiat pendidikan di Perkumpulan Pendidikan Interreligus (Pappirus)

Terkait Posts

Jam Masuk Sekolah

Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan

7 Juni 2025
Iduladha

Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban

7 Juni 2025
Masyarakat Adat

Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

7 Juni 2025
Toleransi di Bali

Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

7 Juni 2025
Siti Hajar

Spirit Siti Hajar dalam Merawat Kehidupan: Membaca Perjuangan Perempuan Lewat Kacamata Dr. Nur Rofiah

7 Juni 2025
Relasi Kuasa

Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

7 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Jam Masuk Sekolah

    Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 7 Langkah yang Dapat Dilakukan Ketika Anda Menjadi Korban KDRT
  • Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan
  • Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID