Mubadalah.id – Seri Nabiyyurrahmah#10 Kita sering tergerak untuk tampil sereligius mungkin. Berpakaian yang diterima publik sebagai Islami, berbicara dengan beberapa lafaz Arab yang diyakini Islami, begegas shalat di tengah kerumunan banyak orang, sering berdzikir, sering umrah, kalo bisa haji lebih dari sekali, mengumumkan sedekah dan zakat, serta menunjukkan dukungan politik pada orang yang dianggap paling Islami. Rajin ibadah, tapi bangkrut secara spiritual.
Semua tampilan amal ini tentu saja baik untuk menggerakkan orang-orang lain agar juga ikut berbuat kebaikan-kebaikan yang sama, seperti yang kita lakukan, atau lebih baik.
Tetapi, jika amalan ini berhenti pada tampilan semata, berhenti hanya untuk mempertontokan saja, di sinilah persoalanya. Imam Ghazali mengingatkan kita, bahwa tampilan-tampilan religius ini justru bisa merusak keberagamaan kita, alih-alih jadi amal spritual.
Ibadah kita, jika hanya untuk tampilan luar semata, adalah justru bahaya secara spiritual. Inilah yang disebut riya, yang bisa saja, justru akan mendorong kita untuk sekedar memperoleh manfaat-manfaat dunia, yang akan semakin menjauhkan kita dari Allah Swt. Riya dan kebanggan diri ini adalah bagian dari perusak, atau muhlikaat dalam istilah Imam al-Ghazali, terhadap spiritualitas kita.
“Riya itu akan membakar amal-amal baik kita, sebagaimana api akan membakar kayu-kayu yang kering”, kata sebuah hikmah.
Lebih buruk lagi, jika amal-amal tersebut, dibarengi dengan amal-amal yang buruk dalam relasi kita dengan orang lain, keluarga, atau masyarakat luas. Kita rajin ibadah, tetapi juga rajin menggunjing, mencerca, menebar ujaran kebencian, menyakiti orang, mengambil hak-hak orang, apalagi sampai membunuh.
Kondisi dualisme amal seperti ini yang disebut Nabi Saw sebagai kebangkrutan secara spiritual. Mereka yang melakukanhya adalah orang-orang yang spiritualnya bangkrut di mata Islam.
Dalam hadits Abu Hurairah ra, riwayat Imam Muslim, suatu saat Rasulullah Saw bercengkerama dengan para Sahabat, lalu Rasul bertanya:
“Tahukah kalian, siapakah orang yang bangkrut itu?
“Orang bangkrut, di antara kami, adalah dia yang tidak lagi mempunyai uang dan harta benda”, karan para sahabat.
“Orang yang bangkrut”, kata Nabi Saw, “adalah seseorang dari umatku, yang kelak di hari kiamat, datang dengan (amal) shalat (yang penuh), puasa, zakat, tetapi ia juga mencaci seseorang, menuduh zina orang lain, memakan harta orang, membunuh, dan memukul orang lain.
Maka, kebaikan-kebaikannya akan diberikan kepada orang-orang yang menjadi korbanya, sehigga ketika kebaikannya habis, maka keburukan-keburukan mereka yang menjadi korbannya akan ditimpakan kepadanya, sehingga kemudian ia ditenggelamkan ke dalam api neraka”. (Sahih Muslim, no. Hadits: 6744).
Demikianlah, mereka yang beribadah ritual, dalam ajaran Nabi Saw, dituntut juga untuk beribadah secara sosial, atau minimal tidak melakukan hal-hal buruk dan menyakitkan kepada orang lain. Wallaahu al-musta’aan.