Mubadalah.id – Jika merujuk pandangan Asma al-Murabit tentang realitas kehidupan, ia merasa masih banyak orang yang kokoh menjustifikasi superioritas laki-laki dan subordinasi serta inferioritas perempuan, dan menganggapnya sebagai keputusan Tuhan.
Seperti aktivis pendahulunya, antara lain Nabawiyyah Musa (Mesir), Nazhirah Zainuddin (Aleppo, Irak), dan Fatimah Mernisi (Maroko).
Lalu, ada juga Laela Ahmad (Kairo), Amina Wadud Muhsin (Amerika), Asma Barlas (Pakistan), Taher Haddad (Tunisia), dan lain-lain, Asma al-Murabit menggugat dan melancarkan kritik tajam dan hampir menyeluruh terhadap pandangan-pandangan keagamaan tradisional atau konservatif yang mendiskriminasi perempuan, sebagaimana yang ditulis dalam kitab-kitab mereka, baik tafsir maupun fiqh.
Lebih jauh, Asma al-Murabit menuntut pembebasan kaum perempuan dari belenggu tafsir para ahli fiqh yang merendahkan kaum perempuan, untuk kembali kepada al-Qur’an dan visi Islam.
Sebab, menurutnya, kitab suci al-Qur’an tidaklah pernah mensubordinasi manusia atas dasar jenis kelamin, dan atas dasar identitas primordial apa pun.
Bahkan, Asma al-Murabit mendiskusikan cukup panjang lebar dua terma krusial sekaligus kata kunci yang menjadi pangkal dari problem ketimpangan relasi laki-laki dan perempuan tersebut, yaitu “qiwamah” dan “wilayah”.
Kritik Asma
Ia mengkritisi secara tajam pandangan-pandangan para penafsir klasik dan modern atas dua terma tersebut.
Menurut Asma al-Murabit, para penafsir tersebut masih terus mempertahankan pendapat mereka bahwa laki-laki harus menjadi kepala keluarga. Sebagaimana secara eksplisit disebutkan al-Qur’an, surah an-Nisaa’: 34.
Baginya, pandangan semacam ini justru bertentangan dengan teks-teks al-Qur’an yang lain tentang kesetaraan laki-laki dan perempuan. Hal ini sebagaimana dalam surah al-Hujuraat: 13, an-Nisaa: 1, al-A’raaf: 189, dan masih banyak lagi.
Di samping itu, menurutnya, hal tersebut amatlah bertentangan dengan prinsip tauhid dan keadilan.
Pandangan-pandangan Asma al-Murabit yang kritis, progresif, dan transformatif sebagaimana diungkap dalam buku-bukunya tentu telah memunculkan kontroversi di kalangan sejumlah ahli agama di negaranya.
Banyak pihak yang menentang pendapat-pendapatnya yang orang-orang beri stigma “liberal”. Ia banyak mendapat stigma peyoratif dan tekanan-tekanan psikologis.
Namun, dalam waktu yang sama, ia juga mendapatkan pujian dari sebagian orang. Bahkan, ia telah memperoleh penghargaan sebagai perempuan aktivis sosial Arab pada 2013. []