Mubadalah.id – Salah satu ajaran fikih yang dikritik al-Ghazali adalah larangan perempun untuk pergi ke masjid, keluar rumah untuk belajar, bekerja atau beraktivitas.
Larangan ini cukup mempengaruhi pemikiran keagamaan Umat Islam sepanjang sejarah peradaban. Bahkan menurutnya, benih-benihnya telah tersemai sejak zaman sahabat. Hingga tiba masanya di mana mimbar-mimbar khutbah jum’at penuh dengan seruan kalimat yang sangat menjijikan:
“Perempuan hanya boleh keluar untuk dua hal, keluar untuk dipersunting pergi ke rumah suaminya dan keluar karena wafat untuk pergi ke liang lahatnya”
Al-Ghazali menegaskan pemihakannya terhadap perempuan, dan menjelaskan betapa peminggiran perempuan telah muncul sejak zaman sahabat. Ia menuturkan perdebatan antara Ibn Umar ra dengan anaknya mengenai pelarangan perempuan ke masjid.
Ibn Umar ra mengutarakan sebuah hadits dari Rasulullah Saw: “Janganlah kamu melarang perempuan-perempuan pergi ke masjid”.
Tetapi anak Ibn Umar memfatwakan: “Demi Allah, aku akan tetap melarang perempuan, karena mereka hanya menjadikan pergi ke masjid sebagai kesempatan, mereka pergi sembahyang justru menjadi alasan untuk keluar rumah dan berbuat fitnah”.
Ibn Umar ra marah kepadanya: “Aku katakan: Rasulullah Saw telah bersabda dan kamu tetap mengatakan: Demi Allah akan melarang. Demi Allah aku tidak akan berbicara dengan kamu selamanya”.
Sejak itu Ibn Umar ra hingga wafatnya tidak mau diajak berbicara dengan putranya tersebut”. Al-Ghazali sendiri dengan tegas membela hak-hak perempuan untuk bisa keluar ke masjid sama seperti laki-laki. Baginya, teks-teks hadits yang mengapresiasi perempuan untuk shalat di rumah. Atau teks yang melarang mereka pergi keluar ke masjid adalah tidak sahih.
Al-Ghazali menyatakan:
“Tidak ada dalam kitab shahih Bukhari dan Muslim teks hadits yang melarang perempuan pergi shalat ke masjid. Maka, hadits-hadits larangan ini tidak bisa kita terima semua. Padahal teks lemah ini menyalahi sunnah yang telah Nabi praktikkan, mutawatir dan masyhur. Teks seperti ini sulit untuk disebut hadits.”
“Kami meyakini sepenuhnya, bahwa Nabi Saw telah membangun pintu khusus untuk perempuan di masjid, dan menempatkan mereka pada barisan belakang, tidak pernah ada orang yang menentang, mereka mendatangi masjid mulai dari Subuh hingga Isya.”
“Baik masjid, jalan-jalan, maupun majlis-majlis masyarakat, selalu dihadiri dua jenis orang: laki-laki dan perempuan, dengan penuh adab dan aturan, tidak mempertontonkan aurat dan tidak membangkitkan syahwat, menundukkan pandangan dan memegang harga diri, setiap muslim laki-laki dan perempuan tetap memiliki kesempatan beraktifitas pada kerja-kerja yang dibenarkan.”
Pada akhirnya, al-Ghazali pun memproklamirkan pemihakannya: “Ada sekelompok penganjur agama yang tidak mengerti isu-isu perempuan, atau memandangnya dengan bodoh dan sedikit berbekal fikih.”
“Jika mereka memegang kendali kekuasaan, pasti akan mengunci perempuan di dalam rumah, tidak bisa beribadah. Termasuk belajar, berpikir, beramal, beraktifitas, dan tidak bisa melakukan apapun. Penganjur agama seperti ini seharusnya dilarang berbicara mengatasnamakan Allah.” []