Mubadalah.id – Informasi yang kita terima dari al-Qur’an menyebutkan bahwa kondisi umum perempuan dalam masyarakat Arab sampai pada masa al-Qur’an diturunkan adalah kondisi yang tidak menguntungkan, bahkan sangat buruk.
Perempuan bukan hanya dipandang sebagai makhluk Tuhan yang rendah. Melainkan juga dihargai sebagai barang, bisa diwarisi, dan diperlakukan sebagai layaknya budak. (QS. an-Nisa’ (4):19). Mereka juga dianggap tidak memiliki hak apa-apa atas kehidupannya sendiri dan dalam relasirelasi sosial.
Peran-peran mereka dibatasi pada wilayah domestik dan dalam kerangka melayani kebutuhan seksual laki-laki. Beberapa ayat al-Qur’an bahkan menyebutkan adanya tradisi pembunuhan bayi-bayi perempuan hidup-hidup. (QS. 16:58-59, QS. 81:8-9).
Alasannya adalah karena kelahiran anak perempuan akan menambah beban ekonomi dan bisa mencoreng muka atau memalukan keluarga. Keadaan ini biasanya berlaku pada keluarga miskin dan marginal.
Realitas posisi subordinat perempuan juga tertulis dalam ayat 34 Surat an-Nisa’. Ayat ini menjelaskan bahwa kepemimpinan atau kekuasaan domestik, apalagi publik, berada di tangan laki-laki.
Al-Qur’an menyatakan bahwa hal itu karena laki-laki memiliki kelebihan setingkat lebih tinggi daripada perempuan dan karena fungsi ekonomi ada di tangan laki-laki. Yang menarik adalah bahwa teks tersebut tidak menjelaskan secara eksplisit tentang kelebihan laki-laki atas perempuan.
Apakah kelebihan yang Tuhan berikan kepada laki-laki tersebut bersifat tetap, tidak berubah-ubah atau sebaliknya. Para ahli tafsir kemudian mengelaborasi lebih lanjut ayat ini dengan menyatakan bahwa kelebihan laki-laki atas perempuan adalah karena kualitas intelektualnya yang lebih tinggi. Di samping karena fungsi penanggungjawab nafkah.
Perempuan Tidak Memiliki Hak
Akibat dari ketimpangan relasi kuasa dalam dua hal ini, intelektual dan ekonomi, kaum perempuan tidak memiliki hak untuk dilibatkan sebagai penentu dalam segala urusan penting, baik dalam ruang domestik maupun publik.
Umar bin Khattab, seorang tokoh terkemuka dan teman sebaya Nabi Muhammad SAw juga pernah memberikan kesaksian atas kondisi umum kaum perempuan Arab pra. Islam tersebut. Ia mengatakan:
“Kami bangsa Arab sebelum Islam, tidak menganggap apa. apa terhadap perempuan. Tetapi begitu nama mereka Tuhan sebut (dalam al-Qur’an) kami baru mengetahui bahwa ternyata mereka mempunyai hak-hak atas kami.”
Beberapa penjelasan tentang kondisi perempuan di atas, meskipun tidak merupakan kondisi yang menyeluruh. Namun setidaknya dapat menggambarkan sebuah wajah patriarkis dalam konstruksi sosial-budaya masyarakat Arab pra Islam.
Di atas landasan konstruksi sosial inilah, al-Qur’an hadir untuk membangun konstruksi sosial budaya baru ke arah yang lebih beradab dan berkeadilan.[]