Senin, 20 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan

    Isu Disabilitas

    Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ekofeminisme di Indonesia

    Kajian Ekofeminisme di Indonesia: Pendekatan Dekolonisasi

    Trans7

    Merespon Trans7 dengan Elegan

    Banjir informasi

    Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri: Memoar Santri Putri “Nyantri” di California

    Feodalisme di Pesantren

    Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7

    Membaca Buku

    Joglo Baca: Merawat Tradisi Membaca Buku di Tengah Budaya Scrolling

    Suhu Panas yang Tinggi

    Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi

    Sopan Santun

    Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

    Aksi Demonstrasi

    Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan

    Isu Disabilitas

    Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ekofeminisme di Indonesia

    Kajian Ekofeminisme di Indonesia: Pendekatan Dekolonisasi

    Trans7

    Merespon Trans7 dengan Elegan

    Banjir informasi

    Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri: Memoar Santri Putri “Nyantri” di California

    Feodalisme di Pesantren

    Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7

    Membaca Buku

    Joglo Baca: Merawat Tradisi Membaca Buku di Tengah Budaya Scrolling

    Suhu Panas yang Tinggi

    Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi

    Sopan Santun

    Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

    Aksi Demonstrasi

    Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Figur

Mbah War Sudah Kaya Sebelum Santri Belajar

Mbah War telah kaya jauh sebelum santri berjajar di hadapannya, kaya harta secukupnya, dan kaya hati seluasnya.

Thoah Jafar Thoah Jafar
20 Oktober 2025
in Figur, Rekomendasi
0
Mbah War

Mbah War

16
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Tayangan Xpose Trans7 yang menampilkan KH. M. Anwar Manshur, atau yang terkenal dengan sapaan Mbah War, memantik reaksi keras dari kalangan pesantren. Dalam cuplikan tersebut, terlihat para santri berjalan jongkok di hadapan sang kiai, disertai narasi yang menuding bahwa para pengasuh pesantren hidup dari amplop santri dan memelihara tradisi feodal.

Tuduhan itu jelas keliru sekaligus menyinggung martabat hubungan antara santri dan guru. Dalam tradisi pesantren, relasi keduanya terbangun atas dasar adab dan kecintaan pada ilmu, bukan harta atau kedudukan. Karena itu, tidak pantas hubungan mulia itu kita sederhanakan lewat potongan gambar dan narasi dangkal.

Bagi siapa pun yang pernah berguru kepada Mbah War, tudingan semacam itu terasa menyesakkan. Rasa kecewa muncul bukan karena fanatisme, tetapi karena fitnah tersebut menyalahi kenyataan dan menutup mata terhadap sejarah hidup beliau yang sarat teladan.

Mbah War bukan sosok yang mendadak kaya karena santri. Jauh sebelum mengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, beliau sudah terbiasa hidup dari hasil keringat sendiri. Setiap pagi beliau turun langsung mengurus pekerjaan, memantau orang-orang yang bekerja dengannya, dan memastikan semuanya berjalan tertib.

Mbah War tidak menunggu bantuan atau pemberian siapa pun. Cara hidupnya teratur, hemat, dan tegas pada diri sendiri. Dari situlah tampak bahwa kemandirian bagi beliau bukan semboyan, melainkan kebiasaan yang dijalani hari demi hari.

Pesan Mbah War kepada Santri Perempuan

Setiap malam Jumat, Mbah War kerap memberi mau‘izhah (nasihat) kepada santri putri. Pesannya sederhana namun dalam maknanya, “Jadilah perempuan yang cerdas, terutama dalam hal-hal yang hanya dialami perempuan, seperti haid, nifas, kehamilan, dan menyusui. Sebab kelak kamu akan menjadi ibu bagi anak-anakmu. Maka yang paling memahami urusan perempuan adalah perempuan itu sendiri.”

Nasihat itu mencerminkan pandangan beliau tentang pentingnya kemandirian perempuan dalam ilmu dan kehidupan. Bagi Mbah War, kecerdasan perempuan menjadi bekal agar mereka mampu menapaki hidup dengan bijak tanpa bergantung pada siapa pun. Di pesantren, beliau menempatkan pendidikan perempuan sejajar dengan laki-laki karena keduanya memikul tanggung jawab yang sama terhadap masa depan umat.

Dalam mendidik santri, Mbah War selalu menanamkan semangat belajar yang berpijak pada kerja keras. Ia kerap mengutip dawuh KH. Idris Kamali dari Kempek, Cirebon, gurunya semasa di Tebuireng, “Al-fahmu ba‘dal hifzhi. (Pemahaman datang setelah hafalan).”

Bagi beliau, ilmu tidak berhenti pada hafalan. Pemahaman lahir dari ketekunan dan proses berpikir yang sungguh-sungguh. Hafalan tanpa pemahaman hanyalah suara tanpa makna, sedangkan pemahaman tanpa kesungguhan tak akan menumbuhkan ilmu yang hidup.

Tentang semangat menuntut ilmu, beliau sering menasihati, “Kalau kamu hanya mondar-mandir tanpa kesungguhan belajar, kamu tidak akan menjadi orang alim. Ilmu tidak bisa diwariskan begitu saja. Ibarat ayahmu makan sampai kenyang, bukan berarti kamu ikut kenyang.”

Beliau juga berpesan, “Belajarlah dengan tekun, bekerja dengan rajin dan benar untuk anak serta keluargamu. Tidak perlu berpuasa secara berlebihan.”

Penghargaan terhadap Ilmu dan Guru

Setiap nasihat beliau mencerminkan pandangan hidup yang seimbang: ilmu harus kita jemput dengan usaha, rezeki diraih lewat kerja keras, dan semuanya kita jalani dengan hati yang tulus. Kemandirian bagi Mbah War berarti kesediaan untuk berjuang dan memberi manfaat tanpa berharap balasan.

Karena itu, tudingan bahwa kiai hidup mewah dari amplop santri sama sekali tidak berdasar. Sepanjang hidupnya, Mbah War tidak pernah menuntut penghormatan atau memanfaatkan santri demi keuntungan pribadi.

Amplop yang santri bawakan saat sowan justru sering beliau salurkan untuk membantu santri yatim, kegiatan pendidikan, dan kebutuhan pondok. Kedermawanan itu tidak disiarkan, tetapi dirasakan. Tidak tampak di layar, namun hidup dalam kenangan mereka yang pernah bersentuhan dengan beliau.

Terlebih, Allah Swt. berfirman:

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

“Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (QS. Al-Mujādilah: 11)

Hormat santri kepada kiai bukan bentuk feodalisme, melainkan penghargaan terhadap ilmu dan guru. Sowan adalah silaturahmi batin, bukan urusan duniawi.

Tak heran jika kalangan pesantren di seluruh Indonesia merasa tersinggung oleh tayangan tersebut. Fitnah semacam itu bukan hanya menyesatkan, tetapi juga mencederai nama baik lembaga yang telah mendidik generasi bangsa dengan disiplin, kasih sayang, dan adab.

Bagi siapa pun yang mengenal Mbah War, tudingan itu sungguh menyakitkan. Tidak ada kemewahan dari amplop santri; yang ada hanyalah keberkahan dari kerja keras, ketulusan, dan ilmu yang menuntun hidup.

Mbah War telah kaya jauh sebelum santri berjajar di hadapannya, kaya harta secukupnya, dan kaya hati seluasnya. Kekayaan beliau tidak terukur dari amplop, harta, atau sorotan kamera, melainkan dari ilmu, keteladanan, dan keberkahan yang terus hidup di hati para santrinya. Wallahu a‘lam bis-shawab. []

 

Tags: Mbah WarmediaPonpes LirboyoTrans7Ulama Nusantaraviral
Thoah Jafar

Thoah Jafar

Pengasuh Ponpes KHAS Kempek Cirebon

Terkait Posts

Trans7
Publik

Merespon Trans7 dengan Elegan

20 Oktober 2025
Banjir informasi
Publik

Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

20 Oktober 2025
Feodalisme di Pesantren
Kolom

Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7

18 Oktober 2025
Budaya Pondok Pesantren
Publik

Budaya Pondok Pesantren yang Disalahpahami

17 Oktober 2025
Lirboyo
Publik

Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

16 Oktober 2025
Trans7
Aktual

Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

15 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Merespon Trans7 dengan Elegan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah
  • Kajian Ekofeminisme di Indonesia: Pendekatan Dekolonisasi
  • Mbah War Sudah Kaya Sebelum Santri Belajar
  • PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan
  • Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID