Mubadalah.id – “Man arafa nafsahu, faqad arafa Rabbahu.” Barang siapa mengenal diri sendiri, maka ia mengenal Tuhannya. Begitulah cara Rasulullah Muhammad saw mengingatkan tentang pentingnya membangun kesadaran diri. Yakni dengan menghargai keberagaman yang kita mulai tentang diri sendiri. Dalam diri manusia, tersimpan ayat-ayat Allah. Afala tubsirun? Apakah kamu tidak memperhatikannya?
Diri merupakan entitas paling dekat. Jika tak bisa mengenalinya, bagaimana akan mampu memahami Sang Zat Pencipta Jarak. Namun, di sisi lain, memahami diri sendiri bukanlah segampang membalikkan telapak tangan. Ada rasa ketidakterimaan, kadang penyesalan. Sesekali mengeluh, membunuh rasa syukur. Jika tidak, justru manusia lebih memilih memuja-muji diri secara berlebih.
Keberagaman diri
Diri sendiri ibarat sebuah buku. Ia perlu dibaca tuntas dimulai dari tahapan membuka sampul, lalu menelusuri huruf demi huruf, kata per kata, dari kalimat ke kalimat, serta cerita ke cerita di dalamnya, hingga tuntas.
Imam Al-Ghazali dalam Kimiya’ al-Sa’adah menekankan, proses pengenalan diri sendiri harus melampaui batas-batas lahiriah. Permenungan demi permenungan pun harus dilengkapi sejumlah pertanyaan. Misalnya, siapa kita? seberapa besar kah diri kita? Bagiamana anatomi tubuh kita? Bukan sekadar tentang pangkat dan atribut yang disandang, semua proses pengenalan diri harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar.
Membaca buku diri harus dengan serius, fokus, penuh ketekunan, ajek, dan tulus ikhlas. Sikap-sikap itu perlu kita siapkan untuk melewati rekaman kisah yang menyedihkan, penuh luka, juga derita. Begitu pula guna meredam rasa terlalu berbangga, bahagia, tersanjung, atau hal-hal yang dinilai menyenangkan lainnya.
Dalam sebuah buku diri, terekam rupa-rupa wajah. Ia bahkan akan terus berubah, tanpa kita duga, tanpa bisa kita ketahui kapan waktu dan di mana tempatnya. Dari diri sendiri, kita berkenalan dengan fakta keberagaman. Yakni, keberagaman yang hakiki, demi bisa memahami konsep keberagaman yang lebih luas lagi.
Praktik dasar bertoleransi
Sekali lagi, kemauan membaca diri sendiri adalah sebuah keberanian untuk menjumpai kekecewaan, cerita kegagalan, atau potret kekeliruan yang pernah menghinggapi perjalanan hidup. Setelah itu, cobalah untuk bertoleransi, memaafkan diri sendiri.
Begitu pun ketika dalam proses pembacaan diri itu hanya menjumpai gemuruh kesombongan, kecongkakan, dan kelalaian. Memaafkan diri adalah langkah bijak agar perjuangan untuk menjadi lebih baik bisa terus tetap berjalan, tetapi semuanya direkam sebagai pelajaran.
Tak semua orang bisa memaklumi kekurangan diri dalam proses pembacaan tersebut. Tak semua juga bisa memaafkan diri tanpa beban yang membuat segenap langkah jadi terhambat. Proses pemaafan diri mesti melewati segenap latihan. Memaafkan, bukan melupakan, agar segenap kekeliruan yang pernah dilakukan tak lagi terulang.
Tiga Jenis Sifat Manusia
Al-Ghazali menyebut bahwa dalam diri manusia terdapat tiga jenis sifat. Yakni shifatul baha’im (sifat-sifat binatang), shifatusy syayathin (sifat-sifat setan), dan shifatul malaikah (sifat-sifat malaikat). Semua itu harus dikenali, dipilih, dimaafkan (bertaubat), lalu dibersihkan untuk menjadi lebih baik lagi.
Dari pembacaan dan pemaafan diri itulah, kemudian seorang manusia memiliki tugas untuk memperluas lingkup keberhasilannya. Karena, Allah Swt berfirman, “Kami akan memperlihatkan kepada mereka ayat-ayat Kami di dunia ini dan di dalam diri mereka sendiri. (QS. Fusilat: 53).
Sedangkan dari hikmah keberagaman dalam diri itu, Allah Swt berfirman, “Sekiranya Dia menghendaki, bisa saja komunitas besar manusia hanya dibentuk satu umat yang homogen, namun Tuhan tidak melakukannya”. (QS. Hud: 118). Keberagaman sebagai sebuah sunatullah pun pada akhirnya bisa kita pahami melalui diri untuk kemudian berani “memaafkan” perbedaan-perbedaan yang hadir di lingkungan sekitar, dan mengubahnya menjadi sikap menghargai dan menghormati. []