Saya mulai berpikir tentang makna penting pernikahan ketika ada seseorang yang bercerita kepada saya tentang hubungannya dengan kekasihnya. Dia bertutur:
“Pernikahan buat saya tidak penting. Saya sangat menikmati hubungan saya dengan pasangan saya tanpa adanya pernikahan. Buat apa menikah kalau toh akhirnya kebebasan saya akan terbelenggu.”
Sebagian orang menganggap penting arti pernikahan, sehingga akan mempersiapkannya sedemikian rupa agar rumah tangga yang akan dibangun sesuai dengan impian. Mulai dari memilih calon pasangan, mempersiapkan resepsi pernikahan, sampai dengan membangun kontrak dengan pasangan. Pernikahan menjanjikan bangunan rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah dambaan setiap orang.
Tapi banyak juga yang takut menikah karena di dalamnya ada penjara. Kebebasan yang selama ini dimiliki terbelenggu dengan adanya ikatan. Ikatan tersebut memberikan efek hak dan kewajiban bagi keduanya. Tingginya angka kekerasan terhadap perempuan khususnya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) semakin membuat kekhawatiran sebagian orang untuk menikah.
Padahal pernikahan adalah akad antara laki laki dan perempuan sebagai suami istri dalam rangka mewujudkan keluarga yang kekal dan bahagia sebagaimana diatur dalam UU Perkawinan. Dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI) juga disebutkan tentang sakralnya pernikahan sehingga pernikahan dianggap sebagai ibadah. Bukan sekedar akad biasa tetapi akad yang sangat kuat mitsaqan ghalidzan.
Pernikahan menyatukan dua pribadi yang berbeda, yang saling memberikan manfaat untuk pasangannya dalam rangka mencapai tujuan pernikahan yaitu sakinah, mawaddah wa rahmah. Ketenangan hidup (sakinah) akan tercapai jika keduanya saling mencintai (mawaddah) dan punya kepekaan hati (rahmah) sebagaimana disampaikan Buya Husein saat didaulat menjadi pemateri di acara Women Writer’s Conference baru baru ini di Cirebon.
Relasi setara
Relasi suami istri harus dibangun dalam pondasi kesetaraan bukan kekuasaan. Relasi kuasa akan menyebabkan superioritas yang menimbulkan penindasan atas pasangannya. Kekuasaan didalam keluarga, biasa dikonotasikan dengan penguasaan atas tubuh dan jiwa. Oleh karena itu, mamaknai pernikahan dengan ‘aqd al ibahah bukan ‘aqd al tamlik adalah suatu keniscayaan. Akad yang menghalalkan sebuah hubungan.
Domestifikasi perempuan membuat perempuan mengalami subordinasi. Pekerjaan yang melelahkan selama seharian penuh mengurus rumah tangga menjadikan perempuan tidak pernah memperhatikan dirinya sendiri. Kesehatan tubuhnya kurang diperhatikan. Bahkan tidak berani menolak “ajakan” suami karena khawatir dianggap nusyuz. Faqihuddin Abdul Kodir dalam kitabnya Mamba’us Sa’adah menulis:
ان لجسدك عليك حق
“Sesungguhnya tubuhmu punya hak atasmu.”
Artinya tubuh kita punya hak untuk memperoleh kebaikan-kebaikan, baik dengan cara makan yang baik dan bergizi, tidur yang cukup dan lain-lain. Karena tanpa itu, maka kita sendiri tidak bisa berbuat baik kepada orang lain. Kita juga tidak akan bisa beribadah kalau tubuh kita, badan kita tidak sehat.
Peran reproduksi yang dimiliki oleh perempuan membuatnya harus punya kekuatan ekstra karena mengalami haid, hamil, melahirkan, menyusui. Kondisi semacam ini yang harus dipahami laki laki bahwa perempuan harus diperhatikan kesehatannya.[]