Selasa, 16 September 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Pengaburan Femisida

    Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Pesantren Ekologi

    Pesantren Ekologi: Khidmat Merawat Lingkungan

    Menikah dan Hilangnya Separuh Hidup Perempuan

    Menikah dan Hilangnya Separuh Hidup Perempuan

    Content Creator

    Kontenisasi Murid: Ketika Guru Merangkap Content Creator

    Bissu

    Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

    Nilai Asih-asuh

    Integrasi Nilai Asih-asuh dalam Tafsir Al-Qur’an: Sebuah Telaah Tematik

    Akurasi data

    Akurasi Data Masih Jadi Problematika, Kapan Inkusivitas akan Mengada?

    Terjebak dalam Kehidupan

    Mengapa Kita Sering Terjebak dalam Kehidupan?

    Pengguna Kursi Roda

    Salatnya Pengguna Kursi Roda itu Bukan Ruhsah, tapi Azimah

    Korban Femisida

    Stop Bullying Korban Femisida!

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Pernikahan Anak

    Pemerintah Malaysia Harus Menghentikkan Praktik Pernikahan Anak

    Pinjol

    Ketika Game Online Menjerat Anak ke Dalam Jebakan Pinjol

    Adil Gender

    Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender

    Kekerasan Terhadap Anak

    Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak

    Malaysia

    SIS Forum Peringatkan: RUU Mufti 2024 Bisa Menyeret Malaysia ke Arah Otoritarianisme

    Pasca Perceraian

    SIS Forum Mari Perjuangkan Hak Finansial Perempuan Malaysia Pasca Perceraian  

    Anak

    Jangan Didik Anak dengan Cara Kekerasan

    Ojol

    Aksi Solidaritas Beli Makanan untuk Ojol di Indonesia dari SIS Forum Malaysia

    Abul ‘Ash

    Abul ‘Ash bin Ar-Rabi’: Menantu Nabi yang Tetap Menjaga Pernikahan Meski Beda Keyakinan

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Pengaburan Femisida

    Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Pesantren Ekologi

    Pesantren Ekologi: Khidmat Merawat Lingkungan

    Menikah dan Hilangnya Separuh Hidup Perempuan

    Menikah dan Hilangnya Separuh Hidup Perempuan

    Content Creator

    Kontenisasi Murid: Ketika Guru Merangkap Content Creator

    Bissu

    Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

    Nilai Asih-asuh

    Integrasi Nilai Asih-asuh dalam Tafsir Al-Qur’an: Sebuah Telaah Tematik

    Akurasi data

    Akurasi Data Masih Jadi Problematika, Kapan Inkusivitas akan Mengada?

    Terjebak dalam Kehidupan

    Mengapa Kita Sering Terjebak dalam Kehidupan?

    Pengguna Kursi Roda

    Salatnya Pengguna Kursi Roda itu Bukan Ruhsah, tapi Azimah

    Korban Femisida

    Stop Bullying Korban Femisida!

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Pernikahan Anak

    Pemerintah Malaysia Harus Menghentikkan Praktik Pernikahan Anak

    Pinjol

    Ketika Game Online Menjerat Anak ke Dalam Jebakan Pinjol

    Adil Gender

    Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender

    Kekerasan Terhadap Anak

    Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak

    Malaysia

    SIS Forum Peringatkan: RUU Mufti 2024 Bisa Menyeret Malaysia ke Arah Otoritarianisme

    Pasca Perceraian

    SIS Forum Mari Perjuangkan Hak Finansial Perempuan Malaysia Pasca Perceraian  

    Anak

    Jangan Didik Anak dengan Cara Kekerasan

    Ojol

    Aksi Solidaritas Beli Makanan untuk Ojol di Indonesia dari SIS Forum Malaysia

    Abul ‘Ash

    Abul ‘Ash bin Ar-Rabi’: Menantu Nabi yang Tetap Menjaga Pernikahan Meski Beda Keyakinan

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Tiga Watak Bias Gender Produk Masyarakat Patriarkhi

Bias gender yang terjadi terhadap Perempuan dan laki-laki sering dikaitkan dengan kepatutan yang diperankan oleh keduanya

Choirun Nisrina Choirun Nisrina
27 Juli 2024
in Personal
0
Bias Gender

Bias Gender

833
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Masyarakat umum menyimpulkan bahwa kemampuan laki-laki dan Perempuan sebenarnya mempunyai perbedaan yang sangat sempit. Hanya saja perebedaan tersebut berdampak pada kehidupan dan pola pikir Masyarakat dalam menyikapi perkembangan peran dan kiprah laki-laki dan Perempuan dalam kehidupan. Dalam perbedaan kemampuan ini, Perempuan kita anggap memiliki kemampuan verbal yang lebih baik daripada laki-laki, sedangkan laki-laki anggapannya memiliki kemampuan spasial yang lebih baik.

Pandangan feminitas dan maskulinitas yang berkembang di masyarakat masih saja kita pandang secara internal dan menetap. Padahal kedua hal tersebut terbentuk oleh kultur Masyarakat yang kemudian menjadi produk budaya yang dinamis dan berkembang.

Hal ini, menunjukkan adanya ketimpangan gender yang masih melekat di masyarakat. Produk yang berkembang di Masyarakat ini jelas mempunyai perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah yang lain, karena perbedaan budaya dan kulturnya.

Akibat perbedaan inilah yang kerap menimbulkan cara pandang, penyikapan dan pembentukan karakter yang berbeda. Tidak sedikit yang berdampak pada psikologi Perempuan dan laki-laki. Realitasnya akan mengarah pada cara pandang yang bias gender.

Pandangan yang sebenarnya lebih dominan kepada hal yang merugikan Perempuan. Dari hal ini penulis menyimpulkan, dalam dunia psikologi Perempuan ada tiga watak yang menurut Masyarakat hanya mematutkan untuk Perempuan yang menimbulkan bias gender.

Perempuan dipandang ‘Dependen’

Perempuan dari Bahasa Sangsekerta kita artikan sebagai orang yang berkuasa. Mengambil dari kata “empu” dalam Bahasa Jawa Kuno, kemudian diteruskan dalam Bahasa melayu yang berarti mulia.

Dari terjemahan ini, menggambarkan bahwa orang yang berkuasa menduduki posisi yang tinggi tetapi membutuhkan orang-orang untuk melayani mereka. Dalam lingkungan Kerajaan kuno seorang penguasa tidak akan menggunakan tangannya sendiri untuk melakukan sesuatu, tetapi bergantung kepada pelayan-pelayan mereka.

Sebenarnya kata dependen ini jarang sekali kita dengar di masa sekarang. Kita lebih sering berkenalan dengan kata ‘independen’ yang berarti mandiri. Realitasnya kata independen banyak kita sandingkan dengan kata Perempuan. Banyak literatur yang menuliskan bahwa Perempuan era milenial ini lebih banyak yang memilih menjadi perempuan independent. Entah independent karena keadaan atau memang menjadi pilihan.

Hal ini menunjukkan bahwa psikologi perempuan sebenarnya terbentuk dari kultur Masyarakat dan kebutuhan manusianya sendiri. jika dibandingkan dengan dahulu maka memang kultur yang berkembang bahwa Perempuan tersebut kita muliakan sehingga tidak perlu melakukan dengan tangannya sendiri, dengan kata lain tidak mempunyai kebebasan.

Psikologi Perempuan Lebih Ekspresif

Masyarakat sering mencitrakan bahwa Perempuan memiliki sifat yang cenderung ekspresif, sedangkan laki-laki memiliki sifat yang lebih instrumental di lingkungan sosial. Saat ini pun pemikiran yang seperti ini masih saja berkembang dan masih sangat masyarakat percayai. Padahal, sifat ekspresif dan instrumental dalam melakukan interaksi di lingkungan sosial sama-sama dibutuhkan pada setiap individu.

‘Perasaan’ selalu kita katakan sebagai proses berpikir perempuan. Hal yang sama juga berlaku pada kebenaran dan afirmasi dari perempuan. Memang Perempuan tetap menggunakan perasaan dalam berperilakunya, tetapi tidak dominan.

Perasaan kita sertakan dalam berpikir sebagai penyeimbang dari otak kiri dan otak kanan yang terkadang mengalami perdebatan. Dengan begitu ekspresif tidak berarti hanya terdorong oleh emosi dan tidak kompeten, begitupun sebaliknya dalam instrumental.

Perempuan itu ‘Mudah Menangis dan Emosional’

Berdasarkan studi observasi anak Perempuan lebih mudah kita terima ketika menangis daripada anak laki-laki yang tidak kita harapkan mudah menangis oleh orang tua dan lingkungannya.

Sebenarnya tidak ada kesalahan atau tidak menjadi aib bagi laki-laki untuk menangis, karena menangis merupakan salah satu cara mengekspresikan emosi. Tetapi doktrin dari Masyarakat mengatakan bahwa menangis hanya untuk orang yang tidak stabil emosinya dan hanya untuk orang yang lemah.

Menurut studi, sistem hormonal sangat berpengaruh terhadap cara mengekspresikan emosi. Begitupun dengan menangis yaitu mencerminkan perbedaan ekspresi eksternal emosi. Bukan level emosi yang terjadi pada Perempuan maupun laki-laki. Tetapi kebanyakan laki-laki akan menghindari ekspresi eksternal emosi ini sekedar memenuhi ekspektasi Masyarakat yang menempatkan menangis hanya untuk Perempuan.

Oleh karena itu, bias gender yang terjadi terhadap Perempuan dan laki-laki sering dikaitkan dengan kepatutan yang diperankan oleh kedua makhluk tersebut. Ketika tidak ada perubahan mindset di Masyarakat, maka produk budaya yang adil gender di Masyarakat juga tidak akan terbentuk. []

Tags: bias genderBudayaFeminitasmaskulinitaspatriakhiperempuanpsikologiTradisi
Choirun Nisrina

Choirun Nisrina

Santri Ponpes Asy-Syaibaniy Karangsari, Karanganyar, Kab. Pekalongan dan Mahasiswa UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan

Terkait Posts

Bissu
Publik

Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

15 September 2025
Pengaburan Femisida
Aktual

Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

15 September 2025
Pasca Perceraian
Pernak-pernik

SIS Forum Mari Perjuangkan Hak Finansial Perempuan Malaysia Pasca Perceraian  

14 September 2025
Film Girl in The Basement
Film

Kekerasan dalam Film Girl in The Basement

14 September 2025
Stigma Patriarki
Publik

Perempuan Juga Layak Memimpin: Membongkar Stigma Patriarki dalam Budaya

9 September 2025
Nabi Muhammad
Buku

Maulid Nabi Muhammad: Merayakan Idul Mahabbah Melalui Buku Membaca Sirah Nabi Muhammad

8 September 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bissu

    Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Integrasi Nilai Asih-asuh dalam Tafsir Al-Qur’an: Sebuah Telaah Tematik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • SIS Forum Peringatkan: RUU Mufti 2024 Bisa Menyeret Malaysia ke Arah Otoritarianisme

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Pesantren Ekologi: Khidmat Merawat Lingkungan
  • Pemerintah Malaysia Harus Menghentikkan Praktik Pernikahan Anak
  • Menikah dan Hilangnya Separuh Hidup Perempuan
  • Ketika Game Online Menjerat Anak ke Dalam Jebakan Pinjol
  • Kontenisasi Murid: Ketika Guru Merangkap Content Creator

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID