• Login
  • Register
Sabtu, 7 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Anjing atau Kucing: Sebuah Refleksi Moral

Saya percaya bahwa keputusan-keputusan moral sering kali kita arahkan oleh kecenderungan estetika kita

Fadlan Fadlan
08/07/2024
in Personal
0
Refleksi Moral

Refleksi Moral

1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Beberapa waktu lalu, masyarakat heboh dengan viralnya video penganiayaan Fay, anjing penjaga yang dilakukan seorang satpam Plaza Indonesia. Lini media sosial pun terpenuhi dengan kemarahan sekaligus penyesalan atas aksi kekerasan yang satpam lakukan, lalu kita ketahui bernama Nasarius.

Banyak pihak menghujat hingga mendesak agar Nasarius segera dipecat. Desakan itu tersampaikan oleh para pecinta hewan, termasuk beberapa artis dalam sejumlah postingan media sosial mereka.

Viralnya kasus penganiayaan Fay tersebut kemudian disikapi tegas pihak Plaza Indonesia. Secara terbuka, manajemen Plaza Indonesia mengambil tindakan tegas. Tak hanya memecat Nasarius, Plaza Indonesia pun memutus kerjasama dengan perusahaan jasa keamanan tempat sang satpam bernaung.

Menyusul keputusan tersebut, Nasarius pun mengunggah video permintaan maafnya. Sambil menangis, Nasarius mengaku terpaksa memukuli Fay karena ia menerkam seekor anak kucing hingga tewas ketika keduanya tengah berjaga di pelataran Plaza Indonesia.

Pertanyaan Filosofis

Setelah video klarifikasinya tersebar, warga net yang tadinya geram dengan apa yang Nasarius lakukan pun mulai berempati. Sebab gegara video pemukulan tersebut dia mau tak mau harus kehilangan pekerjaannya.

Baca Juga:

Relasi Familial, Sosial dan Ekologi

Dakwah Ekologis : Peran Ulama dalam Menjaga Alam yang Terlupakan

Latah Ekosufisme: Sebuah Refleksi

Immanuel Kant: Cinta, Seks dan Pernikahan

Kasus ini, menurut saya, memancing refleksi moral dan ragam pertanyaan filosofis. Sebenarnya apa yang membuat mereka yang tadinya marah ketika melihat anjing dipukuli oleh Nasarius berubah penilaiannya hanya karena pemukulan tersebut dilakukan untuk menyelamatkan si kucing? Apakah penyiksaan terhadap anjing dibenarkan selama penyiksaan itu dilakukan demi si kucing? Apa perbedaannya?

Sebenarnya setahun yang lalu, saya pernah menuliskan sebuah esai dengan konteks serupa di salah satu pop-media India dengan tajuk ‘The Predation Problem’. Namun dalam ulasan kali ini saya ingin mengajukan pandangan yang sedikit berbeda.

Saya yakin beberapa di antara kita mungkin bertanya, apakah kucing sungguh lebih baik daripada anjing? Ada satu hal yang saya kira relevan untuk menjawab pertanyaan ini. Bagaimana kecenderungan kita dalam memutuskan pilihan-pilihan moral.

Moralitas dan Estetika

Tampaknya, mengapa menyiksa seekor anjing yang ganas kita benarkan demi menyelamatkan kucing yang menggemaskan. Hal ini sangat berkaitan dengan aspek estetika dalam pertimbangan-pertimbangan moral kita. Ini mungkin menjelaskan bahwa seringkali keputusan-keputusan moral kita bukanlah produk logos (akal), melainkan emosi.

Saya percaya bahwa keputusan-keputusan moral sering kali kita arahkan oleh kecenderungan estetika kita. Sekalipun tak ada gagasan atau konsep konvensional tentang apa yang dimaksud dengan keindahan atau kebaikan. Namun tidak dapat kita pungkiri bahwa keindahan sering kali berhubungan dengan nilai-nilai kebaikan, kita cenderung menganggap seseorang baik dari penampilannya.

Meskipun penilaian kita atas keindahan sesuatu dalam detailnya berbeda-beda karena subjektivitas kita mengenai arti kata tersebut. Tetapi kita memiliki kecenderungan estetika yang sama. David Hume pernah mengemukakan hal ini dengan sangat baik dalam bukunya ‘Of the Standard of Taste’:

“Euclid telah menjelaskan setiap kualitas lingkaran, namun dia belum mengungkapkan satu kata pun tentang keindahannya. Alasannya jelas. Kecantikan bukanlah kualitas lingkaran. Ia tidak terletak pada bagian mana pun dari garis yang semua bagiannya berjarak sama dari suatu pusat yang sama. Yang ada hanyalah efek yang dihasilkan oleh gambaran tersebut terhadap pikiran, yang struktur tertentunya membuatnya rentan terhadap sentimen-sentimen tersebut. Sia-sia Anda mencarinya (keindahan) di dalam lingkaran, atau mencarinya, baik dengan indra Anda, atau dengan penalaran matematis, dalam semua sifat-sifat gambar itu.”

Hume menyukai pandangan intersubjektif, yang beranggapan bahwa perspektif kita bisa tumpang tindih karena kita semua memiliki sifat yang kurang lebih sama (hypernymy). Pandangan serupa juga dapat kita ambil dari persoalan etika bahwa baik atau buruknya suatu tindakan tidak terletak pada tindakan itu sendiri, melainkan bagaimana kita memandangnya.

Pandangan Nietzsche

Friedrich Nietzsche tampaknya juga memiliki pandangan yang sama. Dalam ‘Twilight of the Idols’-nya, dia menulis:

“Manusia percaya bahwa dunia itu sendiri penuh dengan keindahan — dia lupa bahwa dialah yang menciptakannya.’ ‘Dia sendirilah yang menganugerahkan keindahan pada dunia —  aduh! Hanya kecantikan yang sangat manusiawi, terlalu manusiawi.…”

Singkatnya, Nietzsche menantang pandangan tradisional tentang keindahan sebagai kualitas objektif yang ada secara independen dari persepsi manusia. Ia berpendapat bahwa kecantikan adalah produk ciptaan dan interpretasi manusia dan bukan kualitas bawaan dunia, melainkan sebuah konsep dinamis yang terus berkembang sebagai respons terhadap pengalaman individu dan kolektifnya.

Bagi saya, hal ini merupakan bentuk penolakan kerasnya terhadap gagasan Platonisme tentang keindahan objektif dan transenden yang ada secara independen dari pengalaman-pengalaman profan (duniawi).

Tak dapat kita nafikan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk melabeli sesuatu sebagai baik hanya karena hal itu tampak menyenangkan bagi inderanya. Kita mudah mengisi dunia dengan sebutan ini, tanpa menyadari bahwa persepsi kita tentang kebaikan-keindahan sangat terpengaruhi oleh pengalaman subjektif, nilai, dan bahkan biologis kita sendiri.

Dan pada akhirnya Nietzsche berkata di dalam ‘Thus Spoke Zarathustra’:

“Jika kamu membunuh seekor kecoak, kamu adalah seorang pahlawan. Jika kamu membunuh seekor kupu-kupu, kamu adalah orang jahat. Moralitas pun memiliki standar estetikanya.”

Implikasi pandangan Nietzsche di atas mungkin sama dengan kasus kita dalam tulisan saya kali ini. Bagaimana Nasarius berubah dari seorang penjahat karena menyiksa seekor anjing yang ganas menjadi seorang pahlawan karena menyiksa anjing demi si kucing yang malang. []

 

Tags: EkologiFilsafat EtikaHewanRefleksi Moral
Fadlan

Fadlan

Penulis lepas dan tutor Bahasa Inggris-Bahasa Spanyol

Terkait Posts

Narasi Hajar

Pentingnya Narasi Hajar dalam Spiritualitas Iduladha

6 Juni 2025
Berkurban

Berkurban: Latihan Kenosis Menuju Diri yang Lapang

6 Juni 2025
Kekerasan Seksual

Perspektif Heterarki: Solusi Konseptual Problem Maraknya Kasus Kekerasan Seksual di Lembaga Pendidikan Agama  

5 Juni 2025
Kesehatan Akal

Dari Brain Rot ke Brain Refresh, Pentingnya Menjaga Kesehatan Akal

4 Juni 2025
Tubuh yang Terlupakan

Luka Cinta di Dinding Rumah: Tafsir Feminis-Spiritual atas Tubuh yang Terlupakan

3 Juni 2025
Kurban

Kurban Sapi atau Kambing? Tahun Ini Masih Kurban Perasaan! Refleksi atas Perjalanan Spiritual Hari Raya Iduladha

2 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Berkurban

    Berkurban: Latihan Kenosis Menuju Diri yang Lapang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pentingnya Narasi Hajar dalam Spiritualitas Iduladha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 3 Solusi Ramah Lingkungan untuk Pembagian Daging Kurban

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memaknai Istilah “Kurban Perasaan” Pada Hari Raya Iduladha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Islam Berikan Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik
  • 3 Solusi Ramah Lingkungan untuk Pembagian Daging Kurban
  • Pentingnya Narasi Hajar dalam Spiritualitas Iduladha
  • Berkurban: Latihan Kenosis Menuju Diri yang Lapang
  • Makna Wuquf di Arafah

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID