Sabtu, 23 Agustus 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Pendidikan Inklusi

    Pendidikan Inklusi Indonesia Masih Jauh dari Harapan: Mari Belajar dari Finlandia hingga Jepang

    Pendidikan Inklusi

    Pendidikan Inklusi: Jalan Panjang Menuju Sekolah Ramah Disabilitas

    Tunas Gusdurian 2025

    TUNAS GUSDURian 2025 Hadirkan Ruang Belajar Pencegahan Kekerasan Seksual di Pesantren hingga Digital Security Training

    Konferensi Pemikiran Gus Dur

    Merawat Warisan Gus Dur: Konferensi Pemikiran Pertama Digelar Bersama TUNAS GUSDURian

    Kenaikan Pajak

    Demokrasi di Titik Nadir: GUSDURian Ingatkan Pemerintah Soal Kenaikan Pajak dan Kebijakan Serampangan

    Musawah Art Collective

    Lawan Pernikahan Anak Lewat Seni: Musawah Art Collective Gelar Trip Exhibition “Breaking the Chain” di Tiga Kota

    Krisis Iklim

    Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim

    ‘Aisyiyah Bojongsari

    ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

    KOPRI

    Buka Perspektif Geopolitik Kader Perempuan, KOPRI Bedah Buku 75 Tahun Indonesia Tiongkok

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ramah Disabilitas

    Jika Sekolah Masih Tak Ramah Disabilitas, Apa Pendidikan Kita Sudah Merdeka?

    Kesalingan Spiritual

    Tirakat; Kesalingan Spiritual yang Menghidupkan Keluarga

    Sekolah inklusif

    Relokasi Demi Sekolah Rakyat: Kenapa Bukan Sekolah Inklusi?

    Lomba Agustusan

    Lomba Agustusan Fahmina dan Refleksi Indonesia Merdeka

    Kemerdekaan Jiwa

    Dari Lembah Nestapa Menuju Puncak Kemerdekaan Jiwa

    Voice for Inclusive

    Voice for Inclusive PKKMB UB: Sebuah Kabar Baik dari Dunia Pendidikan

    Uang Panai

    Uang Panai: Stigma Perempuan Bugis, dan Solusi Mubadalah

    Pernikahan Terasa Hambar

    Masih Bersama, Tapi Mengapa Pernikahan Terasa Hambar?

    Menikah

    Menikah atau Menjaga Diri? Menerobos Narasi Lama Demi Masa Depan Remaja

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Fire in The Rain

    Merayakan Talenta Individu melalui MV “Fire in The Rain”

    Memilih Pasangan

    Tips Memilih Pasangan Hidup

    Pernikahan yang

    Makna Pernikahan

    Pernikahan yang

    Mewujudkan Pernikahan Ideal dengan Kesiapan Lahir dan Batin

    Pernikahan yang

    Hikmah Pernikahan: Menjaga Nafsu, Memelihara Keturunan

    Pasangan

    Mengapa Pasangan Muda Perlu Pahami Kesehatan Reproduksi Sebelum Menikah?

    Nasihat Anak

    Bertahap dalam Memberi Nasihat Kepada Anak

    Sikap Moderat

    Pentingnya Memiliki Sikap Moderat dalam Mengasuh Anak

    Sifat Fleksibel

    Mengapa Orangtua Perlu Sifat Fleksibel dalam Pola Asuh Anak?

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Pendidikan Inklusi

    Pendidikan Inklusi Indonesia Masih Jauh dari Harapan: Mari Belajar dari Finlandia hingga Jepang

    Pendidikan Inklusi

    Pendidikan Inklusi: Jalan Panjang Menuju Sekolah Ramah Disabilitas

    Tunas Gusdurian 2025

    TUNAS GUSDURian 2025 Hadirkan Ruang Belajar Pencegahan Kekerasan Seksual di Pesantren hingga Digital Security Training

    Konferensi Pemikiran Gus Dur

    Merawat Warisan Gus Dur: Konferensi Pemikiran Pertama Digelar Bersama TUNAS GUSDURian

    Kenaikan Pajak

    Demokrasi di Titik Nadir: GUSDURian Ingatkan Pemerintah Soal Kenaikan Pajak dan Kebijakan Serampangan

    Musawah Art Collective

    Lawan Pernikahan Anak Lewat Seni: Musawah Art Collective Gelar Trip Exhibition “Breaking the Chain” di Tiga Kota

    Krisis Iklim

    Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim

    ‘Aisyiyah Bojongsari

    ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

    KOPRI

    Buka Perspektif Geopolitik Kader Perempuan, KOPRI Bedah Buku 75 Tahun Indonesia Tiongkok

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ramah Disabilitas

    Jika Sekolah Masih Tak Ramah Disabilitas, Apa Pendidikan Kita Sudah Merdeka?

    Kesalingan Spiritual

    Tirakat; Kesalingan Spiritual yang Menghidupkan Keluarga

    Sekolah inklusif

    Relokasi Demi Sekolah Rakyat: Kenapa Bukan Sekolah Inklusi?

    Lomba Agustusan

    Lomba Agustusan Fahmina dan Refleksi Indonesia Merdeka

    Kemerdekaan Jiwa

    Dari Lembah Nestapa Menuju Puncak Kemerdekaan Jiwa

    Voice for Inclusive

    Voice for Inclusive PKKMB UB: Sebuah Kabar Baik dari Dunia Pendidikan

    Uang Panai

    Uang Panai: Stigma Perempuan Bugis, dan Solusi Mubadalah

    Pernikahan Terasa Hambar

    Masih Bersama, Tapi Mengapa Pernikahan Terasa Hambar?

    Menikah

    Menikah atau Menjaga Diri? Menerobos Narasi Lama Demi Masa Depan Remaja

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Fire in The Rain

    Merayakan Talenta Individu melalui MV “Fire in The Rain”

    Memilih Pasangan

    Tips Memilih Pasangan Hidup

    Pernikahan yang

    Makna Pernikahan

    Pernikahan yang

    Mewujudkan Pernikahan Ideal dengan Kesiapan Lahir dan Batin

    Pernikahan yang

    Hikmah Pernikahan: Menjaga Nafsu, Memelihara Keturunan

    Pasangan

    Mengapa Pasangan Muda Perlu Pahami Kesehatan Reproduksi Sebelum Menikah?

    Nasihat Anak

    Bertahap dalam Memberi Nasihat Kepada Anak

    Sikap Moderat

    Pentingnya Memiliki Sikap Moderat dalam Mengasuh Anak

    Sifat Fleksibel

    Mengapa Orangtua Perlu Sifat Fleksibel dalam Pola Asuh Anak?

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Mengakhiri Diskriminasi bagi Anak-anak Down Syndrome

Pendidikan dan kesadaran adalah kunci utama untuk menciptakan masyarakat yang inklusif bagi anak-anak penyandang Down Syndrome

Yayat Hidayat Yayat Hidayat
16 Juli 2024
in Personal
0
Down Syndrome

Down Syndrome

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Bayangkan anak-anak kita dihina, diasingkan, dan diperlakukan dengan kejam hanya karena mereka berbeda. Inilah yang sering dialami oleh anak-anak penyandang Down Syndrome. Di berbagai wilayah yang kurang teredukasi, mereka menjadi sasaran pembulian yang sangat menyakitkan. Pembulian ini tidak hanya menyakiti mereka secara fisik, tetapi juga menghancurkan jiwa mereka. Mengapa kita masih membiarkan ini terjadi? Bukankah Allah berfirman,

 “Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum menyebabkan kamu berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa.” (QS. Al-Ma’idah: 8).

Pembulian terhadap anak-anak penyandang Down Syndrome adalah kenyataan pahit yang harus kita hadapi. Cerita tentang pembulian ini sering kali menyayat hati dan membuka mata kita akan kekejaman yang mereka alami. Misalnya, di sebuah sekolah di daerah pedesaan, seorang anak (sebut saja namanya Farid), yang berusia 15 tahun dan memiliki Down Syndrome, sering kali menjadi bahan ejekan teman-teman sekelasnya.

“Hei, lihat si Farid! Dia tidak bisa bahkan membaca seperti kita,” teriak seorang anak di tengah kelas. “Betul! Dia bodoh!” sahut yang lain. Farid hanya bisa menundukkan kepala, menahan air mata yang menggenang di matanya.

Cerita Farid bukanlah satu-satunya. Banyak anak-anak penyandang Down Syndrome mengalami perlakuan serupa. Data menunjukkan bahwa sekitar 60% anak-anak dengan Down Syndrome pernah mengalami pembulian fisik atau verbal di sekolah. Ini terjadi karena kurangnya edukasi dan kesadaran di kalangan masyarakat.

Dampak Buruk Pembulian

Pembullyan yang dialami oleh anak-anak penyandang Down Syndrome memiliki dampak yang sangat merugikan, baik secara fisik, emosional, maupun sosial. Anak-anak yang dibully sering kali mengalami gangguan emosional seperti kecemasan, depresi, dan rendah diri.

Mereka merasa tidak berharga dan tidak diterima, yang pada akhirnya menghancurkan kesehatan mental mereka. Dampak emosional ini juga berpengaruh pada kehidupan sosial mereka. Pembulian menyebabkan anak-anak penyandang Down Syndrome merasa terisolasi, cenderung menarik diri dari kegiatan sosial, dan kesulitan dalam membentuk hubungan yang sehat dengan orang lain.

Tekanan dan stres akibat pembulian juga dapat mengganggu konsentrasi dan kinerja akademis anak-anak penyandang Down Syndrome. Mereka mungkin mengalami kesulitan belajar dan tidak mencapai potensi akademis mereka karena lingkungan yang tidak mendukung.

Selain itu, dampak fisik dari pembulian tidak kalah mengerikan. Pembulian fisik dapat menyebabkan cedera dan masalah kesehatan lainnya, sementara stres kronis yang mereka alami berdampak negatif pada kesehatan fisik secara keseluruhan.

Kunci mewujudkan masyarakat inklusif

Pendidikan dan kesadaran adalah kunci utama untuk menciptakan masyarakat yang inklusif bagi anak-anak penyandang Down Syndrome. Sekolah harus menyediakan program edukasi yang menyeluruh tentang Down Syndrome dan pentingnya inklusivitas. 

Hal ini membantu mengurangi stigma dan prasangka yang salah terhadap anak-anak penyandang Down Syndrome. Selain itu, pemerintah dan organisasi non-profit dapat mengadakan kampanye kesadaran publik untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Down Syndrome dan pentingnya menghormati hak-hak anak-anak penyandang Down Syndrome.

Dukungan bagi anak-anak dan keluarga mereka juga sangat penting. Penyediaan program dukungan psikososial bagi anak-anak penyandang Down Syndrome dan keluarga mereka dapat membantu mengatasi dampak emosional dan sosial dari pembulian.

Selain itu, membangun komunitas yang inklusif di mana anak-anak penyandang Down Syndrome dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial tanpa rasa takut akan diskriminasi atau pembulian akan memberikan mereka ruang untuk berkembang.

Kebijakan dan regulasi yang ketat juga kita perlukan untuk melindungi anak-anak penyandang Down Syndrome. Pemerintah dan lembaga pendidikan harus mengimplementasikan kebijakan anti-pembulian yang ketat untuk memastikan lingkungan yang aman dan mendukung bagi mereka.

Memastikan bahwa hukum yang melindungi hak-hak penyandang disabilitas kita terapkan dengan baik dan memberikan sanksi tegas bagi pelaku pembulian adalah langkah penting dalam menciptakan perlindungan yang efektif.

Pelatihan guru dan tenaga kependidikan juga tidak boleh kita abaikan. Guru dan tenaga kependidikan perlu kita latih untuk memahami kebutuhan khusus anak-anak penyandang Down Syndrome dan bagaimana mendukung mereka dalam lingkungan pendidikan. Pengembangan kurikulum yang inklusif dan ramah bagi anak-anak penyandang Down Syndrome harus kita lakukan untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan pendidikan yang setara dan berkualitas.

Islam dan Kasih Sayang

Islam sangat menekankan pentingnya perlakuan adil dan kasih sayang kepada sesama manusia, termasuk mereka yang memiliki kekurangan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Carilah (keridhaan)ku melalui orang-orang lemah di antara kalian. Karena sesungguhnya kalian diberi rizki dan ditolong dengan sebab orang-orang lemah di antara kalian”. (HR. Abu Dawud)

Allah juga berfirman 

 “Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain karena boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok)…” (QS. Al-Hujurat: 11).

Inklusivitas bagi anak-anak penyandang Down Syndrome adalah tanggung jawab bersama. Pembulian yang mereka alami tidak hanya merugikan mereka secara individu, tetapi juga mencerminkan kurangnya empati dan pemahaman dalam masyarakat kita. 

Edukasi dan dukungan, serta kebijakan yang tepat bagi mereka dapat menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan ramah bagi anak-anak penyandang Down Syndrome. Setiap anak berhak untuk merasa aman, dihormati, dan diberi kesempatan untuk mencapai potensi penuh mereka. Mari kita bersama-sama wujudkan dunia yang lebih baik bagi mereka.

Sebagaimana Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’d: 11). []

 

Tags: bullyingcyberbullyingDown SyndromeKasus BullyingparentalparentingParenting Islami
Yayat Hidayat

Yayat Hidayat

Perantau-Santri-Abdi Negara

Terkait Posts

Kesalingan Spiritual
Keluarga

Tirakat; Kesalingan Spiritual yang Menghidupkan Keluarga

23 Agustus 2025
Kesadaran Gender
Keluarga

Melampaui Biner: Mendidik Anak dengan Kesadaran Gender yang Adil

15 Agustus 2025
Menanamkan Tauhid
Keluarga

Begini Cara Menanamkan Tauhid pada Anak di Era Modern

14 Agustus 2025
Kajian Pra Nikah
Keluarga

Mengapa Kajian Pra Nikah Didominasi oleh Perempuan?

11 Agustus 2025
Fitrah Anak
Keluarga

Cokelat, Kopi dan Secuil Catatan Pengasuhan: Refleksi tentang Fitrah Anak

6 Agustus 2025
Anak Bukan Milik Orang Tua
Keluarga

Anak Bukan Milik Orang Tua

25 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Sekolah inklusif

    Relokasi Demi Sekolah Rakyat: Kenapa Bukan Sekolah Inklusi?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pendidikan Inklusi Indonesia Masih Jauh dari Harapan: Mari Belajar dari Finlandia hingga Jepang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mewujudkan Pernikahan Ideal dengan Kesiapan Lahir dan Batin

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tirakat; Kesalingan Spiritual yang Menghidupkan Keluarga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Makna Pernikahan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Merayakan Talenta Individu melalui MV “Fire in The Rain”
  • Tips Memilih Pasangan Hidup
  • Jika Sekolah Masih Tak Ramah Disabilitas, Apa Pendidikan Kita Sudah Merdeka?
  • Makna Pernikahan
  • Tirakat; Kesalingan Spiritual yang Menghidupkan Keluarga

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID