Mubadalah.id – Sosok ayah dalam keluarga memiliki peran yang sangat penting. Selain bertanggung jawab memenuhi kebutuhan finansial, sosok ayah juga memiliki tanggung jawab memberikan bimbingan kepada anak dan istri dalam hal spiritual, sosial dan pendidikan. Namun, yang seringkali terjadi adalah banyak dari sosok ayah terlalu fokus memberikan pelayanan finansial kepada keluarga sehingga mengabaikan perannya dalam bidang pendidikan dan spiritual.
Doktrin patriarki “perempuan yang di rumah mengurus anak sedangkan laki-laki mencari nafkah” yang telah melekat di masyarakat perlu kita diskusikan kembali. Padahal, nafkah tidak hanya sebatas kebutuhan materi saja. Akibatnya banyak dari anak-anak yang kehilangan peran sosok ayah atau yang sering terkenal dengan istilah fatherless.
Melansir dari narasi.tv Indonesia merupakan negara fatherless nomor tiga di dunia. Salah satu penyebabnya adalah masih kentalnya budaya patriarki di Indonesa. Selain itu, Mifta Nurul Rosida dalam mubadalah.id juga menyebutkan bahwa masalah ekonomi turut menjadi penyebab anak mengalami fatherless di Indonesia.
Berangkat dari dua problem di atas penulis ingin mengenalkan tiga sosok ayah yang kisahnya terekam dalam al-Qur’an. Dua di antaranya berstatus sebagai nabi sedangkan seorang lagi adalah orang biasa tetapi memiliki keimanan yang kuat dengan agamanya.
Kisah Para Ayah dalam Al-Qur’an
Al-Qur’an banyak menceritakan kisah-kisah, yang mana dalam kisah tersebut selalu mengandung nilai-nilai. Salah satu kisah yang perlu untuk penulis bahas pada tulisan ini adalah kisah para ayah yang selain bertugas sebagai penyampai pesan Tuhan, ia juga merupakan sosok ayah yang sangat berperan penting dalam membentuk karakter anak mereka. Para ayah tersebut adalah sebagai berikut.
Pertama, Kisah nabi Ibrahim dan anaknya Ismail yang terekam dalam QS Ash-Shaffat ayat 102.
فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ
Artinya: ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, “wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu?” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu! Insyaallah enkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar”.
Ibrahim dan Ismail
Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah menjelaskan bahwa ketika menyampaikan mimpi tersebut kepada Ismail, tampaknya Ibrahim memahami bahwa perintah tersebut tidak dinyatakan sebagai sebuah pemaksaaan kepada sang anak.
Jika sang anak membangkang, maka itu adalah urusan ia dengan Allah. namun, Ismail justru berkata “Sembelihlah aku” yang mengisyaratkan kepatuhannya atas perintah Allah swt. Di sini Ismail menampakkan kepasrahan total kepada Allah atas perintahnya.
Kisah Ibrahim dan Ismail menunjukkan bahwa seorang ayah tidak boleh egois terhadap anaknya. keduanya perlu melakukan komunikasi yang baik sebagaimana Ibrahim kepada Ismail. Di sini Ibrahim adalah sosok yang demokratsi dan dialogis.
Hal ini terlihat ketika Ibrahim tidak memaksakan kehendaknya sendiri ketika mendapatkan perintah untuk menyembelih Ismail. Namun, Ibrahim memberikan Ismail kesempatan untuk merenung dan menyampaikan pendapatnya.
Kisah Luqman
Kedua, kisah Luqman. Interaksi luqman dan anak-anaknya bisa kita katakan sebagai sebuah nasihat. Dalam al-Qur’an interaksi ini terdapat pada surah luqman ayat 13-19. Adapun nasihat lukman di antaranya untuk tidak mempersekutukan Allah, menghormati kedua orang tua dengan catatan tidak memaksa untuk mempersekutukan Allah, mengerjakan yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar, bersabar dan terakhir jangan sombong dan angkuh.
Dalam tafsir al-Misbah Quraish Shihab menjelaskan bahwa nasihat-nasihat yang Luqman sampaikan kepada anaknya merupakan pokok-pokok tuntutan agama. Di dalamnya terdapat tiga unsur ajaran dalam al-Qur’an yaitu akidah, syariat dan akhlak.
Dalam nasihat tersebut terdapat akhlak kepada Allah, kepada orang lain dan kepada diri sendiri. Selain itu terdapat pula perintah moderasi dan perintah bersabar yang merupakan syarat mutlak meraih kebahagiaan duniawi dan ukhrawi.
Nabi Ya’qub
Ketiga, kisah Nabi Ya’qub. Kisah nabi Ya’qub beserta anak-anaknya dinarasikan cukup panjang dalam al-Qur’an, bahkan kisah mereka menjadi sebuah surah yakni surah Yusuf. Wahbah Az-Zuhaili dalam Tafsir al-Munir menjelaskan bahwa surah ini berisi tentang interaksi Yusuf dan saudara-saudaranya kepada ayah mereka Nabi Ya’qub.
Bahkan terkadang dalam surah ini juga banyak mengandung momen kebahagiaan dan kesedihan. Mulai dari kedekatan Yusuf, Ya’qub dan saudara-saudaranya, sampai Yusuf terlempar ke dalam sumur hingga dijual.
Kedekatan antara Ya’qub dan Yusuf terlihat ketika Yusuf menceritakan mimpinya di mana ia melihat sebelas bintang, matahari dan bulan yang bersujud kepadanya.
Kemudian bentuk kasih sayang Ya’qub juga terlihat ketia dia memanggul Yusuf dengan sebutan ya bunayya (wahai anakku). Menurut Quraish Shihab ya bunayaa digunakan untuk menggambarkan kasih sayang. Selain kasih sayang Ya’qub juga merupakan seorang ayah yang sangat sabar dalam menghadapi perilaku anak-anaknya.
Hal ini terlihat ketika saudara-saudara Yusuf membuat tipu daya kepada Yusuf dan berbohong kepada Ya’qub dengan mengatakan bahwa Yusuf telah dimakan serigala. Kisah Ya’qub menunjukan bahwa selain kasih sayang seorang ayah harus mempunyai kesabaran dalam mendidik anak.
Mencegah Fatherless pada Anak
Kisah ketiga sosok ayah yang telah penulis paparkan di atas merupakan gambaran dari sosok ayah teladan yang diceritakan dalam al-Qur’an. Selain menyampaikan pesan Tuhan mereka tidak lupa memberikan pendidikan kepada anak-anaknya.
Jika kita lihat secara teksual saja, maka kita akan melihat bahwa pendidikan yang diberikan oleh ketiga sosok ayah di atas memiliki parenting yang berbeda-beda. Nabi Ibrahim dengan cara demokratis dan dialogisnya, Ya’qub dengan kesabarannya, dan Luqman dengan nasehat serta wasiatnya.
Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa dalam mendidik anak dapat kita lakukan dengan parenting yang berbeda-beda. Meskipun begitu, point utama dalam kisah ini adalah seorang ayah tidak hanya kita tuntut untuk mencari nafkah finansial saja. karena nafkah bisa dalam bentuk mendidik, membimbing serta menemani proses tumbuh kembang anak.
Parenting yang para sosok ayah lakukan dalam al-Qur’an setidaknya dapat menjadi parameter bagi para ayah dalam mendidik anak-anak mereka. Setidaknya jika hal tersebut para ayah praktikkan maka akan dapat mengurangi fatherless yang terjadi pada anak di hari ini. Wallahua’lam. []