Apakah yang ada di pikiran kita, beliau beristri limakah? Tentu hal itu terhalang oleh agama yang dianutnya. Lalu, poligami? Bukankah beliau adalah penganut monogami yang sangat militan? Atau dekat dengan para perempuan itu dan baru sekarang terungkap? Berikut penjelasan Biografi Gus Dur yang dekat dengan lima perempuan.
Jawaban yang kedua itulah yang hendak dihidangkan kepada para pembaca. Lima perempuan itu sudah sangat dikenal publik. Namun tak banyak diketahui bagaimana mereka hidup seatap dengan beliau di Jombang dan Jakarta.
Kala itu mereka masih berempat dan menjadi berlima ketika pindah ke Jakarta. Siapakah para perempuan yang beruntung mendampingi kyai yang unik, tokoh pembela yang lemah, kaum minoritas dan pejuang pluralism ini?
Mereka tentulah istri beliau, Ibu Shinta Nuriyah, dan anak-anak perempuan beliau, Alissa Qatrunnada Munawaroh, Yenny Zannuba Arifah Chafsoh, Anita Hayatunnufus, dan Inayah Wulandari.
Tidak hiperbolik, kalau kita lihat, sudah ratusan mungkin juga ribuan buku atau berita tentang Gus Dur dalam berbagai versinya, terutama saat-saat akhir hidup beliau.
Dalam gunungan dokumen itu Gus Dur, saya menangkapnya, mempunyai dua inti perjuangan, pertama; persamaan atau keadilan di muka hukum untuk sesama. Kedua, perlindungan kepada yang lemah. Pembelaan terhadap perempuan adalah bagian dari isu yang tak terpisahkan dari dua kelompok itu.
Perjuangan Gus Dur memang tidak mengenal yang juz’i atau parsial namun keseluruhan atau kulli. Bagi kami, membicarakan Gus Dur dalam hak reproduksi amat menarik. Menariknya, jarang ada yang secara khusus menggali dan menuliskan tentang Gus Dur dan isu perempuan.
Jika ditelisik, pemikiran Gus Dur yang sudah maju pada eranya tentang kesetaraan sebenarnya telah tumbuh dari keluarga inti, ayah dan ibunya, KH.Wahid Hasyim dan Ibu Hj.Sholihah. Juga kakek dan neneknya dari pihak Ibu Hj. Sholihah, KH.Bisyri Sansuri dan Nyai Hj. Nur Chodijah.
Sebagaimana kita ketahui, Kakek Nenek Gus Dur ini adalah pendiri dan perintis pesantren pertama perempuan di Jatim.
Adapun KH. Wahid Hasyim, kita tahu beliaulah pelopor sekolah hakim perempuan di tahun 1950-an dan konskuensi atas rintisannya itu, ia membolehkan perempuan menjadi hakim agama.
Dengan sadar tanpa harus berwacana, pengalaman empirik keluarga besarnya ini, dipraktikkan pada keluarga Gus Dur; istri dan anak-anak beliau. Praktek itu jauh sebelum kami, bangsa Indonesia, perlu dan diinspirasi gerakan keadilan untuk perempuan oleh dan bangsa lain.
Kesetaraan di mata Gus Dur itu juga bisa dilihat dan dimulai misalnya, bagaimana beliau memposisikan pasangannya, Ibu Shinta, ketika anak-anaknya lahir dan bagaimana memperlakukan mereka ketika tumbuh dan berkembang.
Praktik-praktik kesetaraan yang menyangkut reprodusi pada diri Gus Dur itu tak banyak diungkap, tertumpuk diantara isu atau perjuangan Gus Dur yang lain yang sangat media covered atau mungkin dianggap tidak penting dan ada yang lebih mendesak untuk diperjuangkan.
Kedekatan Gus Dur dalam peran yang sering didefinisikan dengan “domestik” dan given atau kodrat menunjukkan kesetaraan dan kemitraan dalam keluarga sejak dini sudah terbangun, misalnya dalam pengasuhan anak-anak dan pekerjaan rumah tangga.
Beliau, yang mempunyai nasab darah biru dan hidup di lingkungan pesantren yang biasanya lekat dengan sikap feodal dan patriarkhi, justru bertindak sebaliknya, yakni melaksanakan kesetaraan.
Dalam konsep pengasuhan, sekarang ini kita dikenalkan dengan pola pengasuhan parenting, di mana ayah dan Ibu secara bersama-sama merawat dan mengasuh anak-anak secara bersama-sama.
Pola lama dan masih banyak dipraktekkan adalah mothering, dimana ibu menjadi tumpuan pengasuhan anak anak dan bertanggung jawab atas pekerjaan-pekerjaan rumah yang merupakan wilayah domestik, sebaliknya bapak adalah pekerja publik dan paid, pekerjaan rumah yang tak kalah beratnya, unpaid.
Gus Dur, jauh sebelum ini sudah menerapkan pola parenting dan bahu membahu bersama istrinya dalam merawat, mengasuh dan mendidik anak-anaknya.
Bagaimana realitanya Gus Dur, putra orang yang mempunyai pengaruh besar dan di kemudian hari menjadi presiden kita yang keempat, dulunya tak pernah canggung untuk mencuci pakaian anak-anaknya?
Lima perempuan bertutur hal yang langka dan sedikit sekali diungkap kepada publik berikut ini. Berikutnya kita akan bedah lagi kehidupan dan biografi Gus Dur dimata keluarga inti. Semoga biografi Gus Dur bermanfaat. []
*Tulisan diambil dari buku “Gus Dur di Mata Perempuan.”.