Mubadalah.id – Jika merujuk pada hukum khitan bagi perempuan menurut fiqh, mungkin bisa disimpulkan bahwa hukum khitan perempuan perbuatan dilarang, atau haram.
Penjelasan Hukum Khitan Bagi Perempuan
Penjelasan hukum khitan bagi perempuan adalah haram bukan tak punya alasan. Setidaknya ada tiga alasan hukum khitan bagi perempuan haram.
Pertama, menurut Maria Ulfah Anshor seperti di dalam Parenting With Love, khitan perempuan dilakukan medikalisasi secara serampangan, karena tidak ada Standar Operasional Prosedurnya (SOP), baik pada kurikulum Sekolah Kebidanan maupun kurikulum kedokteran.
“Beberapa bentuk praktik khitan perempuan antara lain ada tindakan penyayatan sampai mengeluarkan darah. Tidak memotongnya atau ada tindakan penusukan dengan jarum hingga keluar darah. Ada yang memotong ujung klitoris,” tulisnya.
Kedua, alasannya menurut Maria, ada yang memotongnya hingga bibir kecil vagina (labia minora). Sebagian yang lain adalah labia majora, sebagaimana yang terjadi di negara Afrika.
Ada juga yang melakukannya hanya secara simbolik dengan serangkaian upacara adat, tetapi tidak ada bagian-bagian yang terlukai sedikit pun.
Khitan Bagi Perempuan dalam Hadis Nabi
Ketiga, Maria menyampaikan bahwa ternyata tidak terdapat riwayat Nabi Saw memerintahkan kepada perempuan untuk adanya tindakan khitan. Sekalipun ada, ulama menyebutkan hadis berikut, “Khitan itu sunah bagi laki-laki dan mulia bagi perempuan.”
Dalam hadis ini, kata dia, terdapat isyarat berupa anjuran bagi perempuan untuk adanya khitan. Tetapi tidak ada makna yang menunjukkan bentuk perintah (amr) adanya kewajiban. Sebab lafaz makramatun li al-nisd’ bersifat anjuran.
Selain hadis di atas, Maria mengungkapkan, ada hadis lain mengenai praktik khitan yang mana Ummu Athiyah r.a menceritakan bahwa ada seorang perempuan, yang menjadi juru khitan para perempuan Madinah, mendatangi Nabi Saw.
Kemudian Nabi Saw bersabda, “Jangan berlebihan, karena hal itu adalah bagian (kenikmatan) perempuan dan kecintaan suami.”
Dalam riwayat lain, Nabi Saw bersabda, “Potong ujungnya saja dan jangan berlebihan, karena hal itu pemanis wajah dan bagian (kenikmatan) suami.”
Namun, beberapa pakar hadis mengatakan bahwa hadis tersebut bermasalah (ma’lul), ada yang mengatakan dhaif dan ada yang mengatakan aneh (munkar).
“Oleh karena itu, pendapat yang mengatakan bahwa khitan perempuan itu wajib adalah pendapat yang sangat lemah, karena tidak merujuk pada hadis yang sahih dan redaksi hadis pun tidak mendukung pendapat tersebut,” jelasnya.
“Saya sendiri cenderung berpendapat, sebaiknya khitan perempuan tidak ada, karena selain hanya menyakiti bayi perempuan, dampaknya sangat buruk bagi kepentingan seksualitas perempuan,” tukasnya. (Rul)