Mubadalah.id – Menyadari segala sesuatu sebagai bagian dari sebuah sistem besar dan proses panjang kadang memberatkan. Apalagi ekspektasi kita dalam melakukan ikhtiar perubahan suka koyo “yak-yak-o”. Salah satunya terkait membangun kesadaran tentang Keadilan Gender Islam (KGI).
Ketidakadilan berbasis gender pada perempuan akarnya adalah sistem patriarki. Patriarki mewarnai berbagai sendi dalam sistem kehidupan manusia. Jika akar ketidakadilan itu ada dalam pikiran, berarti sistem pengetahuan kita juga perlu kita kritisi. Bukan sekedar pengetahuannya, tapi sistem produksinya. Jika tafsir keagamaan kerap bermasalah, maka mesti kita cek bagaimana sistem produksinya.
Sumber Fitnah
Salah satu bentuk ketidakadilan berbasis gender pada perempuan adalah stigmatisasi perempuan atau cara pandang yang buruk terhadap perempuan. Misalnya perempuan kita pandang sebagai sumber fitnah. Cara pandang ini juga mudah kita temukan dalam pengetahuan keagamaan, termasuk keislaman.
Perempuan kita pandang sebagai makhluk penggoda iman laki-laki. Karenanya, bukan iman laki-laki yang kita perkuat, tapi perempuanlah yang dikendalikan dengan cara memperlemah mereka. Sayyidah Hawa As adalah perempuan pertama yang menjadi korban stigmatisasi. Ia dituduh sebagai penggoda Nabi Adam As sehingga ia terusir dari surga.
Stigmatisasi perempuan pada Sayyidah Hawa As melahirkan cara pandang negatif pada rasa sakit yang muncul dalam pengalaman biologis khas perempuan, terutama menstruasi, melahirkan, dan nifas sebagai kutukan. Ia tidak hanya bahaya tetapi juga membahayakan!
Mitos buruk ini melahirkan rentetan tradisi yang menbahayakan keselamatan perempuan: tabu menstruasi, mitos di seputar kehamilan, penyusuan, dan lain-lain. Alih-alih kita tolong, perempuan semakin berat menjalani fungsi reproduksi.
Pola Fatwa
Stigmatisasi perempuan sebagai sumber fitnah (kekacauan) dan ancaman bagi iman laki-laki rupanya menyebabkan perbuatan baik apapun menjadi belum tentu baik jika perempuan yang melakukannya. Perbuatan baik bisa menjadi buruk jika dilakukan oleh perempuan yang daya tarik seksualnya kuat bagi laki-laki.
Karenanya pola fatwa tentang tindakan apapun yang perempuan lakukan, mulai dari bolehkah perempuan naik sepeda, jadi muballighah, hingga jadi presiden adalah: “Jika pasti menimbulkan fitnah bagi laki-laki, maka haram; jika ada kemungkinan menimbulkan fitnah bagi laki-laki, maka makruh; dan jika pasti tidak menimbulkan fitmah bagi laki-laki, barulah boleh.”
Kecantikan, bukan kapasitas perempuan, menjadi faktor yang lebih menentukan hukum sebuah tindakan yang mereka lakukan. Hukum tindakan yang sama bisa berbeda bagi perempuan yang cantik dan sebaliknya, termasuk hukum bagi perempuan untuk menjadi pemimpin.
Respon Islam
Cara Islam menjelaskan proses penciptaan manusia mengandung spirit kuat untuk melawan stigmatisasi perempuan pada pasangan Nabi Adam As yang kita yakini sebagai perempuan pertama. Al-Quran tidak menyebut secara langsung nama istri Adam As, dan tidak pula menyebutnya sebagai pihak yang menggoda Adam as
Dalam Qs. al-Baqarah, Al-Qur’an memunculkan figur syetan sebagai penggoda Adam dan istrinya (fa azallahuma). Begitu pun di Qs. Al-A’raf (fawaswasa lahuma). Istri Adam As bukanlah penggoda melainkan sama-sama sebagai pihak yang digoda. Orang mungkin masih berkelit bahwa syetan menggoda Adam As melalui istrinya.
Menariknya dalam Qs. Thaha, al-Qur’an menyebutkan bahwa syetan langsung menggoda Adam as: ” Kemudian setan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata, “Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?”
Tak kalah menariknya adalah penyebutan Adam As sebagai pihak yang bertaubat: “Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya.” (Qs al-Baqarah, 37) dan “Kemudian Tuhannya memilih dia, maka Dia menerima tobatnya dan memberinya petunjuk (Thaha, 122)
Beberapa terjemahan al-Quran tidak memerhatikan perubahan dlomir (kata ganti) yang digunakan al-Quran. Padahal perubahan mempunyai makna signifikan jika kita kaitkan dengan stigmatisasi perempuan (Sayyidah Hawa As).
Tidak disebutnya nama Sayyidah Hawa As, diisyaratkannya bahwa ia dan Nabi Adam As sama-sama menjadi pihak yang digoda, penyebutan berkali-kali figur syetan sebagai penggoda, dan penyebutan Adam As sebagai pihak yang bertaubat mempunyai makna signifikan dalam konteks respon Islam atas stigmatisasi pada sosok yang kita yakini sebagai perempuan pertama ini.
Akar ketidakadilan ada dalam pikiran. Melalui kisah penciptaan manusia ini kita sepertinya sedang diajak adil pada perempuan sejak dalam pikiran. Semoga ikhtiar kecil mungil ini memberi manfaat signifikan. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin. []