• Login
  • Register
Sabtu, 7 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Aqiqah Dalam Perspektif Mubadalah

Jika kedua riwayat hadits ini ingin kita amalkan, maka batas minimal aqiqah adalah satu kambing sudah cukup, baik untuk laki laki maupun perempuan

Redaksi Redaksi
10/01/2023
in Hikmah, Pernak-pernik
1
Aqiqah

Aqiqah

571
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Jika masyarakat Arab hanya mengenal aqiqah kambing bagi bayi laki-laki, Islam justru mengenalkannya juga untuk bayi perempuan.

Mungkin karena tindakan revolusioner ini, maka tradisi yang dilakukan sebagian besar umat Islam justru dua kambing untuk laki-laki dan satu kambing untuk perempuan.

Awalnya, hanya untuk bayi laki-laki, bisa satu, dua, atau tiga kambing, tergantung pada kemampuan masing-masing.

Dalam konteks ini, dua kambing untuk laki-laki dan satu untuk perempuan, yang sebagian umat Islam praktikkan, sudah merupakan terobosan dari tanpa apresiasi sama sekali.

Imam Malik, guru Imam Syafi’i, lebih cenderung pada sama-sama satu kambing, untuk bayi laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga:

Spirit Siti Hajar dalam Merawat Kehidupan: Membaca Perjuangan Perempuan Lewat Kacamata Dr. Nur Rofiah

Islam Berikan Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

Menelusuri Perbedaan Pendapat Ulama tentang Batas Aurat Perempuan

Dalil Hadits

Dari Malik, dari Hisyam bin Urwah, bahwa ayahnya, Urwah bin Zubair, selalu melakukan aqiqah untuk anak anaknya, laki-laki dan perempuan, satu kambing saja. Imam Malik berkata,

“Demikian ini adalah tradisi kami dalam hal aqiqah. Bahwa siapa yang ingin melakukan aqiqah bagi anaknya, cukup satu kambing, baik anak laki-laki maupun perempuan.

Praktik aqiqah ini tidak wajib, melainkan sunnah saja. Praktik ini sudah biasa orang-orang kami lakukan. Orang yang melakukan aqiqah sama seperti ibadah kurban, tidak boleh hewan (cacat), seperti hewan yang buta, yang lemah dan kurus kering, yang patah tulang, dan yang sakit.

Daging (aqiqah) tidak boleh dijual sedikit pun, tidak juga kulitnya. Tulangnya juga (tidak) boleh dipatahkan. Keluarga boleh memakan (daging) aqiqah dan menyedekahkannya. Anak (bayi yang di -aqiqah) tidak boleh terkena darah dari hewan tersebut.” (Muwaththa’ Malik, no. 1076).

Dalam beberapa riwayat hadits juga, Nabi Muhammad Saw hanya menyembelih satu kambing untuk aqiqah al-Hasan dan al-Husein (Sunan al-Tirmidzi, no. 1596: Sunan Abu Dawud, no. 2483: Sunan al-Nasa’i, no. 4230, dan Muwaththa’ Malik, no. 1075).

Memang, ada juga riwayat hadits yang menyatakan bahwa aqiqah itu dua kambing untuk bayi laki-laki dan satu kambing untuk bayi perempuan (Sunan al-Tirmidzi, no. 1595, Sunan Abu Dawud, no, 2836: Sunan al-Nasa’i, no. 4229: dan Sunan Ibnu Majah, no. 3282).

Aqiqah Laki-laki Perempuan Cukup Satu

Jika kedua riwayat hadits ini ingin kita amalkan, maka batas minimal aqiqah adalah satu kambing sudah cukup, baik untuk laki laki maupun perempuan.

Jika ingin menambah, tentu boleh dua kambing untuk laki-laki. Tetapi, penambahan ini sama sekali tidak terkait dengan kemuliaan bayi laki-laki dari bayi perempuan. Islam sama sekali tidak mengajarkan pemuliaan seperti ini.

Tentu saja, jika menambah lebih dari satu kambing untuk perempuan. Karena kelapangan yang keluarga miliki, atau karena tamu yang datang lebih banyak, maka itu juga boleh.

Yang prinsip adalah tidak boleh ada pandangan dan tindakan yang merendahkan salah satu jenis kelamin dari yang lain. Justru, aqiqah menjadi isyarat untuk merayakan kehadiran manusia baru.

Karena itu, di tengah budaya dan tradisi yang masih merendahkan anak perempuan, Islam, baik melalui ayat al-Qur’an maupun teks hadits, menegaskan pemihakan dan dukungan kepada perempuan.

Dalam sebuah teks hadits riwayat Imam Bukhari (no. 14039 dan 6061) menyebutkan bahwa jika kita ikut ambil bagian mengasuh dan mendidik anak perempuan. Maka ja akan menjadi perisai dari api neraka.*

*Sumber: tulisan Faqihuddin Abdul Kodir dalam buku Qiraah Mubadalah.

Tags: aqiqahlaki-lakiMubadalahperempuanperspektif
Redaksi

Redaksi

Terkait Posts

KDRT

3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

7 Juni 2025
Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

Islam Berikan Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

6 Juni 2025
Wuquf Arafah

Makna Wuquf di Arafah

5 Juni 2025
Kritik Asma Barlas

Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

5 Juni 2025
Aurat

Aurat Perempuan: Antara Teks Syara’ dan Konstruksi Sosial

5 Juni 2025
Batas Aurat

Menelusuri Perbedaan Pendapat Ulama tentang Batas Aurat Perempuan

5 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • KDRT

    3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Spirit Siti Hajar dalam Merawat Kehidupan: Membaca Perjuangan Perempuan Lewat Kacamata Dr. Nur Rofiah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan
  • Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID