Mubadalah.id – Seringkali atas nama kebutuhan anak, kita lengah dengan peraturan. Misalnya, anak bermain sampai malam. Lalu kita berdalih bahwa anak butuh bermain. Selain itu, anak tidak mau mandi, tidak mau makan. Anak corat-coret tembok, anak tidak mau membereskan mainan, anak tidak mau tidur siang, dan lain-lain. Dan, anak ingin makan dan minum yang ia kehendaki. Dengan berdalih menyayangi anak, kita melalaikan itu semua.
Kita selalu berdalih bahwa itu semua kebutuhan dan daya kreasi anak. Padahal, anak belum tahu benar dan salah. Bahkan anak tidak tahu kebutuhannya. Anak tidak tahu minuman itu baik atau tidak, sehat atau tidak. Anak tidak tahu makanan itu baik atau tidak, sehat atau tidak.
Dengan dalih menyayangi anak, kita tidak boleh memarahi anak, sehingga seringkali terkecoh untuk mampu bersikap tegas. Padahal, marah dan tegas itu sesuatu hal yang berbeda meski penerapannya sering terlihat mirip. Misalnya, anak harus mandi, tapi ia tidak mau. Lalu kita membiarkan ia yang sudah kotor seharian tidak mandi.
Kita tidak mau menerapkan peraturan karena kita tidak mau memarahi anak. Daripada anak menangis, lebih baik semua keinginannya kita penuhi, alasannya itu kebutuhan. Padahal semua itu justru melatih anak untuk bersikap semaunya sendiri. Akibatnya kita akan membentuk anak yang manja dan tidak taat aturan.
Kenapa harus taat aturan?
Jika kita mau membahas kebebasan anak, sesungguhnya setiap anak tidak bisa bersikap sebebas-bebasnya. Kita sendiri hidup dalam aturan negara, tatanan hukum, aturan agama, dan sosial. Peraturan dibuat untuk menjaga hak-hak setiap manusia.
Maka anak pun sudah harus belajar taat aturan sejak kecil. Ketika ia harus mandi, kita harus menjelaskan kenapa ia perlu mandi. Ketika ia harus makan, kita harus menjelaskan kenapa ia perlu makan. Tentu untuk makan ini, ada bebarapa kondisi yang harus dimaklumi karena mereka sering tumbuh gigi.
Ketika anak corat coret dinding kita membiarkannya. Kita berdalih itu kreasi dia. Baiklah, jika itu dinding rumah kita, maka itu baik-baik saja. Jika itu dinding rumah kontrakan? Jika itu dinding rumah orang saat bertamu?
Kita harus menerapkan peraturan, bahkan jika itu di rumah kita sendiri. Kenapa? Agar anak tahu tempat untuk menggambar yang tepat. Bukankah kita sering marah ketika ada aksi vandalisme? Bukankah itu sikap anak yang dibebaskan sejak kecil?
Apa salahnya memberikan media yang tepat untuk anak? Kertas, buku gambar, kanvas, kain? Kenapa kita tidak menerapkan waktu untuk mandi dan tidur? Agar ia tidur cukup dan bangun di pagi hari dengan ceria?
Kenapa kita tidak mengajarinya untuk membereskan mainan sejak kecil. Bukankah kita benci orang yang ketika menghadapi masalah berlindung di balik ketiak bapaknya? Bahkan kita juga membenci orang yang lari dari tanggung jawab?
Bukankah kita benci orang yang menghamili tapi kabur? Dan, bukankah kita benci para bapak-bapak yang tidak mau menafkahi? Bukankah itu semua bermula dari kebiasaannya sejak kecil? Kenapa kita memberi makan dan minuman yang tidak sehat? Kenapa kita tidak membatasi keinginannya? Alih-alih berdalih itu kebutuhan?
Kenapa kita memenuhi keinginan anak untuk bermewah-mewahan padahal tidak mampu? Bukankah kita benci para koruptor yang merampok uang rakyat? Kenapa kita malu jika anak tidak memiliki apa yang temannya miliki?
Tegas
Sekali lagi, tegas tidak sama dengan marah. Kita boleh menerapkan peraturan, dan menghukum anak jika tidak menaatinya. Selain itu, kita juga boleh mengatakan bahwa anak melanggar peraturan dan meminta dia untuk merenunginya.
Kita wajib berbicara 4 mata, dari hati ke hati. Menanyai kenapa ia melakukan ini dan itu. Kenapa ia menolak melakukan kewajibannya. Kenapa ia melanggar peraturan. Kita juga wajib mengingatkannya ketika ia melanggar aturan.
Bersikap tegas ketika anak harus melaksanakan kewajibannya bukan berarti bersikap kejam. Bersikap tegas bukan berarti memarahi. Mungkin kita sering menyampaikan dengan nada yang agak tinggi. Namun, anak terkadang lebih fokus dan lebih mendengar nada tinggi. Tentu bukan untuk menakutinya, tapi untuk mengingatkannya agar ia lebih waspada. []