Mubadalah.id – Imam Malik bin Anas (w. 179 H/796 M), adalah salah seorang pendiri aliran (mazhab) hukum Islam. Ia adalah guru Imam Asy-Syafi’i.
Mazhab Maliki sangat popular di sejumlah Negara, antara lain, Maroko, Tunisia, dan Spanyol. Maroko sampai hari ini menganut mazhab ini.
Ciri utama mazhab ini yang membedakannya dari mazhab lain adalah penghargaannya pada tradisi lokal. Bahkan tradisi lokal merupakan salah satu dasar hukum yang menjadi pijakannya.
Tradisi Madinah dalam banyak hal menurutnya lebih kuat daripada hadits Nabi dengan transmisi tunggal (hadits Ahad). Amal Ahli Madinah Atsbat min al-Hadits. (Praktik hidup komunitas Madinah lebih kuat daripada hadits).
Logikanya adalah bahwa tradisi ini pasti ada asal usulnya dari Nabi. Ia lebih kuat, karena ia banyak orang yang mengikuti. Posisinya seperti hadits popular (Masyhur). Dalam Al-Fikr As-Sami, karya Al-Hajwi, ada sekitar empat puluh masalah yang diputuskan berdasarkan dasar hukum ini.
Menghargai Tradisi Lokal
Pendirian Imam Malik menghargai tradisi lokal Madinah tersebut terus dipertahankan meski banyak ulama yang menentangnya dan meski harus berhadapan dengan penguasa.
Pada suatu saat, Khalifah Abbasiyah: Abu Ja’far Al-Manshur, memintanya agar kitab Muwattha yang menghimpun hadits-hadits Nabi karyanya menjadi sumber hukum positif yang akan diberlakukan di seluruh wilayah Islam. Imam Malik menolak.
Katanya, Anda tahu bahwa para sahabat Nabi berbeda-beda pandangannya dan mereka telah berpencar di kerbagai negeri.
Jawaban Imam Malik di atas memperlihatkan kepada kita di samping keluasan dan kedalaman pikirannya sekaligus juga menunjukkan kerendahan hatinya.
Ia sangat paham bahwa di berbagai wilayah negeri ini telah berkembang berbagai tradisi hukum yang berbeda-beda. Mereka memperolehnya dari para sahabat-sahabat Nabi.
Pandangan para sahabat Nabi tersebut tentu berdasarkan pada informasi yang pernah Nabi Muhammad Saw sampaikan. Mereka memahaminya secara berbeda karena berbagai sebab. Imam Malik menghormati semuanya.
Atas dasar itu, masyarakat berhak memilih dan tidak bisa kita paksakan mengikuti satu pendapat dan tidak ada seorang pun yang berhak mengklaim kebenarannya sendiri seraya menyalahkan orang lain.*
*Sumber: tulisan KH. Husein Muhammad dalam buku Islam dan Toleransi.