Mubadalah.id – Sebagian besar umat muslim lazimnya merayakan peringatan maulid nabi sebagai ekspresi kecintaan pada Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia, khususunya Jawa, perayaan ini mewujud menjadi beragam konsep kegiatan seperti pengajian umum, gebyar sholawat, walimah, khitanan massal atau ajang lomba keislaman.
Sementara di beberapa daerah, perayaan maulid bahkan telah melebur dengan tradisi lokal, misalnya Sekaten di Solo, Weh-Wehan di Kendal, Ampyang Maulid di Kudus dan Meron di Pati.
Tak tanggung-tanggung, di Semarang misalnya, euforia maulid nabi terasa selama 12 hari pertama bulan Rabi’ul Awwal. Berduyun-duyun majelis putra maupun putri membaca beragam versi maulid (Ad-Diba’i, al-Barzanji, Simthu ad-Durar, dsb.).
Terlepas dari apapun bentuk acaranya, peringatan maulid nabi tak lepas dari kebutuhan pengadaan hidangan untuk dibagikan pada seluasnya-luasnya masyarakat umum. Para dermawan biasanya memanfaatkan momentum ini untuk bersedekah dalam bentuk makanan, minuman atau sekadar jajanan yang terkemas sedemikian rupa.
Meski demikian, niat baik tersebut tak jarang menjadi bumerang bagi lingkungan sekitar. Pasalnya, penggunaan kemasan plastik masih menjadi alternatif favorit yang belum tergeser hingga saat ini.
Belum lagi, masalah berlebihnya pasokan makanan. Juga perilaku oknum yang meninggalkan sampah di lokasi acara. Ironisnya, fenomena banjir sampah logistik seusai acara akbar seolah sudah biasa.
Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH) mencatat bahwa 40,5% dari 35,4 juta ton sampah di Indonesia berasal dari sisa makanan. Selama 5 tahun belakangan (2018-2022), sampah dari sisa makanan juga selalu menempati posisi tertinggi pertama. Sementara sampah plastik menduduki posisi tertinggi kedua.
Lingkungan vis a vis Kemajuan Peradaban
Adalah keniscayaan, selalu ada harga yang harus terbayar dari pesatnya kemajuan peradaban, utamanya teknologi. Keduanya ibarat timbangan yang berat sebelah. Jika satu sisi lebih maju, sisi lain harus terkorbankan.
Problem saat ini, kemajuan peradaban menjadi perhatian utama. Sedangkan kelestarian lingkungan rentan terabaikan. Kita ambil contoh dari kehadiran bahan plastik yang selangkah lebih ramah lingkungan pada masanya. Namun, saat ini justru menjadi ancaman.
Sejak tahun 1860an, penemuan bahan plastik awalnya bertujuan untuk menggantikan kertas yang bahan dasarnya adalah kayu. Kala itu, penggunaan kertas besar-besaran menjadi biang dari maraknya penebangan liar di berbagai belahan dunia. Akan tetapi semakin ke sini, penumpukan sampah plastik ternyata juga cukup mengancam keberlangsungan lingkungan abiotik.
Apakah kembali menggunakan bahan kertas adalah solusi terbaik? Barangkali penggunaan wadah berbahan kramik untuk konsumsi habis di tempat cukup bisa meminimalisir penggunaan plastik. Demikian juga sampah sisa makanan.
Saat ini kita sudah terdoktrin dengan gaya hidup serba instan tapi jarang mempertimbangkan risiko jangka panjang. Tanpa sadar, setiap perayaan maulid nabi atau Hari Besar Islam lainnya, kita menjadi penyumbang kiloan sampah kemasan plastik dan sisa makanan.
Jika hal tersebut terjadi selama 12 hari selama perayaan maulid nabi, berapa banyak akumulasi sampah dari ratusan atau bahkan ribuan jamaah? Itu masih satu majelis. Tentu saja jumlah itu masih dikalikan dengan total majelis lain yang juga mengadakan event yang sama.
Muhammad Abduh pernah mengaku bahwa di Mesir ia menemukan muslim, namun tidak menemukan spirit Islam. Sementara di Barat, ia tidak menemukan muslim, namun justru ia menemukan spirit Islam. Abduh malah menemukan implementasi dari nilai-nilai ajaran Islam yang disiplin, bersih dan rapi di negara-negara yang notabene mayoritas penduduknya bukan beragama Islam.
Kutipan populer dari Abduh tersebut hendaknya menjadi tamparan bagi kita, muslim Indonesia. Semestinya kedisiplinan dan kebersihan kita jadikan sebagai jalan hidup (way of life). Lebih-lebih, maulid nabi berarti merayakan kelahiran Muhammad yang menebar kasih dan kedamaian pada segenap ciptaan-Nya.
Alam pun Merayakan Maulid Nabi
Agaknya kita perlu berkaca dari fakta sejarah saat Muhammad kecil disusui oleh Tsuwaibah Aslamiyyah dan Halimah As-Sa’diyyah. Menurut riwayat dari Ibnu Ishaq, suatu ketika Halimah mencari anak untuk disusui hingga ke Mekkah. Kala itu, mencari anak yang mau disusui menjadi salah satu upaya mencari penghasilan harta.
Sementara Muhammad sebagai anak yatim, banyak wanita yang menolak untuk menyusuinya. Alasannya karena para wanita mengira tak akan mendapat imbalan harta jika menyusui seorang anak yatim. Namun tidak demikian dengan Halimah.
Dalam kondisi alam yang paceklik, Halimah membawa pulang Muhammad kecil dengan sepenuh hati untuk disusui. Setelah beberapa waktu, ia mendapat keberkahan berupa hasil bumi yang melimpah di tengah musim kering. Keledai dan unta tunggangannya juga menjadi lebih gemuk dan menghasilkan susu yang banyak. Demikian penjelasan Ibnu Hisyam dalam Sīrah an-Nabawiyyah karyanya.
Ternyata kita bukan satu-satunya yang merayakan maulid nabi. Keberlimpahan hasil alam tersebut seolah turut merayakan kelahiran Nabi Muhammad dengan kesuburan dan sejumlah produk yang dapat kita nikmati. Sementara kita biasa merayakannya dengan melalui beragam model seremoni.
Hanya saja, ada satu hal yang perlu kita renungi dari sekadar seremoni maulid nabi. Ekpresi cinta melalui maulid nabi selayaknya dibarengi dengan cinta lingkungan. Sebab sedari awal, kelahiran Nabi Muhammad turut menghidupi lingkungan yang sedang dilanda masa kesulitan. []