Mubadalah.id – Teks Hadis tentang preseden pada masa Nabi Saw mengenai kerjasama antara laki-laki dan perempuan dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi kontra deskripsi yang hiperbolik dan eksesif mengenai fitnah, aurat, dan khalwat dalam narasi keagamaan arus utama selama ini.
Tentu saja ketiga isu ini benar adanya, tetapi harus dibaca secara mubadalah dengan menempatkan kedua jenis kelamin secara berimbang, dan tidak menyudutkan salah satunya sebagai tertuduh, yang harus dikerangkeng dalam ruang domestik.
Ketiga isu ini, dengan basis teks-teks eksplisit mengenai partisipasi perempuan dan kerja sama mereka dengan laki-laki di ruang publik, harus kita pahami sebagai kewaspadaan bersama dari potensi buruk yang mungkin terjadi dari kedua belah pihak.
Kewaspadaan ini bukan untuk melarang, tetapi menjaga diri, dan melindungi dari kemungkinan hal buruk bisa terjadi. Hiperbolis dalam ketiga isu ini akan merendahkan preseden nama-nama perempuan awal Islam yang aktif di ranah publik. Preseden yang terjadi pada masa Nabi Muhammad Saw. dengan kesaksian dan persetujuan beliau.
Teks Hadis yang banyak dan valid ini tidak boleh kita kerdilkan. Apalagi nafikan oleh satu atau dua teks yang melarang khalwat bersama perempuan:
“Bahwa seseorang yang khalwat dengan perempuan akan ditemani setan” (Sunan al-Tirmidzi, Kitab al-Radha’, no. 1204).
Prinsipal
Teks Hadis ini bukanlah larangan mutlak. Melainkan kondisional, dan harus kita maknai secara integral dengan teks Hadis yang lebih suportif dan prinsipal.
Makna kondisional yang dimaksud Hadis tentang khalwat ini harus dikhususkan pada hal-hal yang mengarah langsung pada perzinaan yang diharamkan atau segala pertemuan yang mengarah pada perencanaan dosa, perbuatan jahat, dan zalim.
Karena itu, teks Hadis ini merupakan peringatan kepada laki-laki dan perempuan agar relasi mereka selalu dipandu oleh niat baik. Termasuk komitmen pada kebaikan, kemaslahatan, perdamaian, kerahmatan, serta keadilan.
Perempuan tidak terus-menerus, dengan alasan khalwat, disalahkan dan dirumahkan. Melainkan kedua belah pihak, laki-laki dan perempuan, diminta untuk saling waspada.
Serta menjaga diri dengan tetap membuka akses-akses secara positif bagi perempuan. Sebagaimana laki-laki memperoleh kebaikan-kebaikan yang ada pada ranah publik. []