Mubadalah.id – Tidak hanya di dalam ranah pandangan keagamaan, terdapat juga nilai moderasi beragama berbasis keluarga. Moderasi beragama atau sikap moderat dalam beragama secara umum merupakan sebuah proses untuk memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang. Memahami dan mengamalkan agama secara adil dan seimbang itu berguna agar kita dapat terhindar dari perilaku ekstrem atau berlebih-lebihan saat mengimplementasikannya.
Cara pandang dan sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat. Terutama jika hal tersebut dimulai dari keluarga. Maka dari keluarga ini, semangat moderasi beragama yang adil, dan seimbang inilah akan tertanam kuat di salam setiap anggota keluarga.
Berikut sembilan simpul moderasi beragama berbasis keluarga, sebagai perspektif sekaligus mandat mereka melayani umat dan bangsa.
Sembilan simpul moderasi beragama berbasis keluarga ini dikutip dari tulisan Faqihuddin Abdul Kodir dalam laman website Mubadalah.id.
1. Simpul Moderasi Beragama Berbasis Keluarga: Islam
Semua makna dari akar kata ini harus menjadi perspektif awal dalam memulai laku lampah dan dakwah moderasi beragama. Berserah diri kepada Allah, merasa damai, mengusung perdamaian, keamanan, keselamatan jiwa, akal, dan bahkan tubuh, dan kenyamanan semua pihak adalah bagian dari nilai moderasi beragama dalam keluarga.
2. Simpul Moderasi Beragama Berbasis Keluarga: Tauhid
Basis implementasi Islam adalah tauhid, bahwa yang Tuhan hanya Allah, yang lain adalah makhluk dan hamba. Sesama hamba tidak boleh ada yang mempertuhankan atau memperbudak. Semuanya hamba, makhluk, dan manusia yang bermartabat, setara, yang harus berelasi secara mubadalah (kesalingan dan kerjasama).
3. Simpul Moderasi Beragama Berbasis Keluarga: Khalifah
Tugas utama semua manusia adalah menjadi khalifah Allah fil ardl, atau mendapat mandat Tuhan untuk memakmurkan, melestarikan, dan memastikan semua kebaikan hadir di bumi, dan semua kerusakan dihindari.
4. Simpul Moderasi Beragama Berbasis Keluarga: Maslahah
Perspektif kekhalifahan ini bertumpu pada kemaslahatan yang seluas-luasnya, baik ke dalam secara internal, individu dan keluarga, maupun ke luar secara eksternal, masyarakat, publik dunia, dan semesta.
5. Simpul Moderasi Beragama Berbasis Keluarga: Wathoniyah
Lingkup kekhalifahan ini hanya mungkin jika berpijak pada visi kebangsaan, sebagai realitas yang nyata, sebagai tanah tempat berpijak dan rumah tempat bernaung, dengan segala keragaman, dan kesepakatan sosial yang telah dicapai para pendiri bangsa: menghargai perbedaan, mengutamakan dialog tanpa kekerasan, dan menghormati tradisi adiluhung.
6. Simpul Moderasi Beragama Berbasis Keluarga: Khidmah
Dengan demikian, Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai representasi negara dalam bidang agama, di tingkat kecamatan, adalah ujung tombak yang memperoleh mandat negara dan agama, untuk berperilaku dan berdakwah nilai-nilai moderat (tawassuth), berimbang (tawazun), cinta tanah air, persatuan, dan bahwa ketaatan pada konstitusi adalah bagian integral dari ketaatan pada ayat suci.
7. Simpul Moderasi Beragama Berbasis Keluarga: Sakinah
Salah satu khidmah utama Kantor Urusan Agama (KUA) adalah membantu masyarakat mewujudkan keluarga sakinah, yang satu sama lain berelasi secara adil, kerjasama, dan kesalingan, sehingga semuanya berpikir dan berperilaku untuk bahagia sekaligus membahagiakan.
8. Simpul Moderasi Beragama Berbasis Keluarga: Tarbiyah
Salahs satu program unggulan moderasi beragama berbasis keluarga adalah pendidikan pra nikah, atau BIMWIN. Bimbingan calon pengantin, yang tidak hanya mengenalkan pengetahuan relasi pasutri yang mubadalah, tetapi ketrampilan sebagai pasangan, yang memiliki tujuan hidup sakral, mampu melampaui dinamika hidup, mengelola konflik rumah tangga, kebutuhan dan tantangan, bahkan keuangan keluarga, dengan perspektif keadilan, kesalingan, dan keseimbangan.
9. Simpul Moderasi Beragama Berbasis Keluarga: Kaffah
Dengan demikian akan terlahir muslim yang kaffah, sekaligus orang Indonesia seutuhnya, sebagai individu yang salih-salihah, sebagai bekal membentuk keluarga sakinah, lalu menjadi masyarakat penuh kebaikan, negara sejahtera, dan semesta penuh rahmah. (Rul)