Mubadalah.id – Berbicara mengenai problematika bias gender, biasanya sebagian masyarakat berpikir bahwasannya gender adalah jenis kelamin, isu gender yang konotasinya pada perbedaan jenis kelamin menduduki sebagai posisi strategi dalam membuka ruang peradaban, karena itu agama memberikan bagian yang sangat spesial bagi persoalan gender. Alquran dan sunnah memberikan paradigma yang cukup serius dalam menentang marjinalisasi antara perempuan dan laki-laki.
Secara historis laki-laki menempatkan posisinya di atas perempuan, namun hal itu adanya kontruksi budaya dan sosial. Setelah Nabi Muhammad membawa Islam posisi perempuan derajatnya ditinggikan, sebut sajalah posisinya setara dengan laki-laki. Perspektif gender sendiri dalam islam tidak sekedar mengatur mengenai kesetaraan antara hak perempuan tetapi dalam konteks persamaan bukan keadilan antara relasi perempuan dan laki-laki.
Secara umum Al Qur’an mengakui adanya konsep perbedaan antara perempuan dan laki-laki. Namun di sisi lain bukanlah perbedaan sebagai bentuk keberpihakan yang menguntungkan salah satunya. Adanya perbedaan itu untuk mendukung obsesi alquran, yaitu terciptanya relasi harmonis yang didasari dengan kasih sayang (mawaddah wa rahmah) di lingkungan keluarga, serta sebagai tercipatnya negeri ideal damai penuh ampunan Tuhan (baldatun Thayyibatun wa rabbun ghafûr).
Alquran dengan segala keabsahan dalilnya mmebuktikan bahwa problematika bias gender bukan hanya merupakan antara relasi perempuan saja, lebih dari itu ada faktor yang mempengaruhi, baiknya ketidakadilan gender maupun kesenjangan gender. Persoalannya, apakah Islam dengan gender merupakan bentuk keselarasan? Menurut saya gender dan islam merupakan keselarasan yang mutlak dan ada tiga alasan yang mendukung mengenai keselarasan gender dalam Islam itu sendiri.
Al-Qur’an Menjawab Problematika Bias Gender
Pertama, dilihat dari segi teologis bahwasannya Islam sendiri telah memberi detail tentang peran lelaki dan perempuan dalam kehidupan ini. Pembagian tersebut menunjukan semat-semata bukan untuk pembagian akan tetapi sebagai menuju spiritual yang hakiki, dan Islam sendiri telah memberikan hak-hak perempuan secara adil.
Hal ini secara tertulis ada dalam alquran surah al-Ahzab : 35 “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah Telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”
Alquran sendiri menunjukan bahwa sebagai manusia kedua belah pihak mempunyai hak sama. Islam sendiri menuntut keseimbangan, keserasian, keselarasan, keutuhan yang baik sesama manusia. Manusia dan lingkungan alamnya. Konsep relasi gender Islam tidak hanya mengatur keadilan gender dalam masyarakat, Tetapi secara teologis menyesuaikan mode hubungan dunia mikro (manusia), Dunia makro (alam) dan Tuhan. Hanya dengan cara ini manusia dapat Memenuhi fungsinya sebagai khalifah.
Alasan kedua, secara hierarkis sosial bahwasannya perempuan dan laki-laki masing-masing mempunyai relasi sama dalam sosial, politik, maupun ekonomi, tidak adanya tendensi antara perempuan dan laki-laki. Apabila kita melihat konteks untuk fenomena sekarang cukup banyak perempuan yang telah mengambil peran dalam segi politik, Pendidikan, dan ekonomi. Berbeda dengan pada masa zaman orde baru. Melihat fenomena sekarang cukup maraknya gerakan emansipasi wanita, sebut sajalah Kartini era kontemporer yang menyerukan relasi persamaan perempuan dengan laki-laki.
Alasan terakhir, sebagai bentuk perlawanan terhadap patriarki. Adanya problematika bias gender dalam islam yang mengakibatkan marjinalisasi perempuan menyebabkan ruang relasi perempuan sempit dalam segala bidang. Adanya gerakan perempuan atau yang kita sebut dengan feminism itu berorientasi untuk melawan budaya patriarki serta kekerasan gender yang terjadi, seperti subordinasi, streotipe, serta double borden (beban ganda terhadap perempuan maupun laki-laki).
Sedangkan mengenai banyaknya ketimpangan gender di negara-negara muslim bahwasannya disebabkan oleh adanya penanaman pembenaran terhadap hegemoni laki-laki maupun perempuan, hal ini dapat menimbulkan ketimpangan gender. Dan salah satu faktor yang mengakibatkan ketimpangan gender ialah dangkalnya pemahaman terhadap teks suci yang menimbulkan sikap patriarki bahkan bisa juga terpapar radikalisme.
Bisa kita lihat contohnya yang dilakukan kelompok Taliban terhadap masyarakat Afghanistan bahwa Perempuan di larang untuk bersekolah hal ini menyebabkan ketimpangan antara relasi perempuan dengan laki-laki. Faktor radikalisme serta pemikiran yang konservatif merupakan salah satu faktor dari adanya kesenjangan gender di negara-negara muslim.
Sebagai simpulan, Gender dan Islam merupakan keselarasan, dimana Islam memberikan relasi penuh terhadap perempuan serta laki-laki. Alquran memberikan dalih bahwasannya perempuan dan laki-laki baik secara sosial, serta kedudukan itu sama. Dengan terciptanya ruang lingkup yang ramah gender serta terwujudnya keadilan. []