• Login
  • Register
Selasa, 29 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Etin Anwar: Isu Gender dalam Pandangan Filsafat Islam

Prof. Etin menunjukkan bahwa jenis Islam yang di dalamnya ada santri akan menampilkan wajah yang moderat dan sangat inklusif terhadap perempuan

Fatikhatul Faizah Fatikhatul Faizah
04/03/2023
in Buku, Rekomendasi
0
Isu Gender

Isu Gender

797
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Telah banyak beredar buku dan atau gagasan berkenaan dengan kritik terhadap konstruksi kesejajaran laki-laki dan perempuan dari berbagai sudut pandang. Salah satunya melalui wacana keagamaan. Namun ketika berbincang melibatkan perpektif ini acap kali terpantul dua wajah paradoks; di satu sisi pantulan cermin realita sosio-historik yang kemudian kalau ditarik sering direlasikan dengan ideologi sekular khas warisan Barat. Di sisi lain wacana agama ketika mengemas isu gender kerap memunculkan pantulan supremasi keagamaan yang doktrinal.

Dalam Islam sendiri, metodologi yang kita gunakan untuk mengkaji isu gender sangat bervariasi, mulai dari perspektif ideologis, sejarah, fikih, dan lain-lain. Sementara di Barat untuk kajian gender dalam tradisi Islam acap kali masih memakai pendekatan sejarah, sosiologi dan hermeneutika. Dari sekian piranti tersebut orientasinya sama. Yakni untuk memahami perempuan secara proporsional.

Berangkat dari tujuan yang sama, adalah Etin Anwar-intelektual diaspora Indonesia yang tinggal di Amerika, menggunakan piranti filsafat Islam untuk membaca perempuan. Melalui bukunya “Jati-Diri Perempuan dalam Islam”, sebagai Muslimah ia tergugah untuk mengkaji gender dari kacamata insider.

Rentetan Kegelisahan Terkait Isu Gender

Buku “Jati-Diri Perempuan dalam Islam” berangkat dari kegelisahan Prof. Etin. Mulai dari logika berpikir gender yang masih didominasi laki-laki, di mana produksi dan sirkulasi pengetahuan agama adalah milik laki-laki. Melalui sistem berpikir gender yang male-dominated akan menghasilkan sistem yang partriarki. Kedua, terkait dengan penciptaan manusia. Wacana yang bergulir kemudian menghasilkan konsepsi bahwa perempuan adalah ciptaan sekunder dan laki-lakilah yang sepenuhnya berperan dalam proses reproduksi.

Ketiga, adanya dampak legitimasi otoritatif terhadap reproduksi manusia. Lagi-lagi kontribusi perempuan dianggap sebagai sekunder. Keempat, problematika tentang maskulinitas dan femininitas yang dinarasikan dengan perintah agama. Prof. Etin mengangkat kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha. Selain itu juga menyoroti praktik keagamaan terkait dengan diri perempuan di dunia Muslim. Kelima, sistem gender yang dominan dan hierarkis akan menentukan pembentukan jati-diri perempuan.

Baca Juga:

Islam Mengharamkan Kekerasan terhadap PRT

Dilema Kepemimpinan Perempuan di Tengah Budaya Patriarki, Masihkah Keniscayaan?

Ketika Zakat Profesi Dipotong Otomatis, Apakah Ini Sudah Adil?

Sound Horeg: Antara Fatwa Haram Ulama’ dan Hiburan Masyarakat Kelas Bawah

Pada intinya buku “Jati-Diri Perempuan dalam Islam” ini tersusun dalam rangka membongkar akar-akar teologis, sosial, politik dan budaya dari sistem gender hierarki yang dominan dan dampaknya terhadap konstruksi jati-diri perempuan. Semua problematika gender tersebut dikupas tuntas oleh Prof. Etin dengan pisau analisis filsafat Islam.

Mengapa Filsafat Islam?

Profesor yang kerap kita sapa dengan Teh Etin ini mengemukakan beberapa hal yang memicu ketertarikannya pada filsafat Islam. Salah satunya perjumpaannya dengan pemikiran Ibn Sina yang mendialogkan hasil pemikiran dari wahyu dan akal. Kemudian masih langkanya kajian gender dalam tradisi keilmuan Islam yang jarang menggunakan filsafat Islam. Padahal bagi Prof. Etin, pendekatan filsafat memiliki keunggulan dalam memperlihatkan multidimensi sebuah realitas. Termasuk dimensi universal, aksidental, partikularitas, dan dimensi lainnya (hlm. 7).

Melalui rangkaian dimensi tersebut terjawab bagaimana ajaran Islam turun beserta rentetan panjang perjalanan dakwah Nabi. Dari sinilah Prof. Etin kemudian menarik benang merah bahwa realitas-realitas partikular yang bermuara pada kehidupan Nabi maupun interpretasi Al-Qur’an terkadang sering diterima sebagai tata nilai universal. Padahal di dalamnya banyak berkelindan tata nilai etis.

Yang kedua ini kemudian yang sering terlupakan (hlm. 7). Keuniversalan inilah yang dinormalisasi menjadi semacam framework yang kaitannya dengan konstruksi peran laki-laki dan perempuan, hingga mengarah pada patriarki dan misogini. Selain itu juga terserapnya budaya pra-Islam yang menjadikan perempuan sebagai objek seksual dan barang dagangan.

Lalu pertanyaan lanjutannya, bagaimana filsafat Islam bekerja? Untuk menjawab ini, Prof. Etin mengawali penjelasannya dengan pemaparan bagaimana filsafat secara umum menangani persoalan gender. Jawabannya didasarkan pada argument bahwa filsafat dapat mengurai masalah “peran sosial kaum perempuan, ketertindasan dan kebebasan mereka” secara filosofis (hlm. 36).

Filsafat Kontemporer Belum Memasukkan Isu Gender

Namun beberapa filsafat kontemporer terkadang belum memasukkan isu-isu gender karena masih berkutat seputar sejarah, epistemologi, mistik, etika, ontologi dan politik. Di sini Prof. Etin juga memberikan kritik terhadap terhadap pendekatan filsafat itu sendiri (hlm. 37-38).

Operasionalisasi filsafat Islam sebagai metodologi kurang lebih digunakan untuk membangun argument induktif untuk menghasilkan sebuah abstraksi pembahasan filosofis tentang gender dan jati-diri dalam Islam. “Sebuah karya filsafat”, begitu Prof. Etin menjuluki buku ini, karena memang penjabarannya sangat luas dan kaya akan khazanah keilmuan filsafat, khususnya filsafat Islam. Tidak hanya sekedar metodologi, filsafat Islam juga berkelindan dengan norma dan praktik Islam.

Oleh karena itu, piranti yang memang berangkat dari diri Islam sendiri itu harapannya dapat menghasilkan kajian yang objektif. Meskipun lagi-lagi masih berkembang asumsi bahwa filsafat Islam adalah metode yang tidak netral. Bagaimanapun dalam buku ini Prof. Etin menguatkan keobjektifikannya dengan menghadirkan beragam literatur serta melakukan autokritik terhadap interpretasi Islam sendiri.

Dalam bab satu sendiri, kerangka filsafat Islam ia gunakan untuk membedah secara filosofis akar-akar sistem gender. Mulai yang hierarkis hingga yang egaliter. Untuk mencapai konsep gender yang egaliter Prof. Etin menyajikan konsep “tiga realitas mendasar” dalam filsafat Islam, yakni Tuhan, alam semesta (makrokosmos), dan manusia (mikrokosmos).

Penciptaan Manusia dari Nafs Wahidah

Dalam pengertian ini lahirlah sifat dasar manusia sebagai makhluk menolak hak siapapun untuk mendominasi orang lain (hlm. 59-60). Di samping itu, jati-diri manusia yang terbentuk secara material (material self) yang memiliki fluiditas maskulin dan feminine juga seharusnya menghasilkan hubungan yang egaliter.

Selanjutnya dalam bab dua, filsafat Islam mengulas dalam ranah ontologis, di mana laki-laki dan perempuan berasal dari satu entitas. Penciptaan dari nafs wahidah ini memunculkan kemanusiaan yang inklusif (hlm. 108,139,147-148). Bab tiga sendiri memperlihatkan bahwa filsafat Islam bertanggungjawab terhadap de-esensialisasi peran perempuan dalam reproduksi. Adapun operasionalisasinya menghadirkan beragam tafsir Al-Qur’an dan juga keilmuan sains terkait dengan reproduksi.

Bab ke empat, Prof. Etin menyinggung lagi tentang material self . Dengan sarana filsafat Islam Prof. Etin menguraikan akar-akar budaya lokal yang mempengaruhi pembentukan jati-diri material perempuan. Ia juga menegaskan banyaknya problematika perempuan. Mulai dari stigmatisasi, marginalisasi, subordinasi, beban ganda, dan kekerasan karena material self perempuan terbentuk dari legitimasi otoritatif laki-laki.

Terakhir, filsafat Islam terpantulkan melalui konsep jati-diri yang multisegi, baik ontologis, etis, psikologis atau eksistensional. Prof. Etin menarik kesimpulan multisegi jati-diri perempuan tadi dilemahkan oleh gagasan legitimasi agama dan budaya lokal yang meremehkan nilai perempuan sebagai manusia. Oleh karena itu perempuan harus memupuk rasa bertanggungjawab dalam memperbaiki dan mengubah kehidupan baik dari bidang sosial, ekonomi, politik dan budaya.

Berangkat dari Pandangan Seorang Insider

Sebagai seorang diaspora Indonesia-santri-akademisi yang telah melalangbuana melalui rihlah spiritual dan intelektualnya menjadikan buku ini kaya akan pengalaman, data dan literatur. Meskipun sudah menetap di Amerika membuat Prof. Etin tidak melupakan “jati-diri”nya sebagai orang Indonesia. Malahan genuenitas pemikiran khas Islam Indonesia yang moderat menjadi semacam ilham untuk mendiseminasikan nilai-nilainya kepada masyarakat dunia. Prof. Etin mengungkapkan kehidupan perempuan di Indonesia jauh lebih dinamis di ranah publik dan privat. Oleh karena itu terdapat beberapa wacana yang memang dilandasi oleh pengalaman keislaman di Indonesia.

Menjadi perempuan yang menulis tentang perempuan dalam artian seorang insider membuatnya tidak bias dan subjektif. Gagasannya masih dalam lingkaran metodologi itu sendiri. Justru sebagai insider ia memperlihatkan bahwa pandangan orang dalam tentang teori dan praktik gender memiliki nuansa yang berlapis-lapis. Melalui pengalamannya berjumpa dengan berbagai elemen masyarakat menjadikan pemikirannya autentik. Menariknya, gagasan perempuan memang seharusnya diproduksi oleh perempuan itu sendiri sebagai insider bukan malahan oleh laki-laki (outsider).

Terakhir, gagasannya juga terekternalisasi dari pengejawantahannya sebagai seorang santri. Prof. Etin mendudukkan dirinya sebagai santri entah dalam sebuah kelas maupun identitas agama. Terkait ini ia berupaya untuk akrab dengan bahasa, narasi dan logika yang santri gunakan terhadap isu gender dalam Islam. Dan sekali lagi Prof. Etin menunjukkan bahwa jenis Islam yang di dalamnya ada santri akan menampilkan wajah yang moderat dan sangat inklusif terhadap perempuan. []

 

 

 

 

Tags: Etin AnwarFilsafat IslamislamIsu GenderJati Diri Perempuan
Fatikhatul Faizah

Fatikhatul Faizah

Ibu Rumah Tangga sembari sesekali mengajar. Minat/kajian di Kajian tafsir Al Qur'an, dan Domisili Yogyakarta

Terkait Posts

S-Line

S-Line dan Pubertas Digital: Saat Tren Media Sosial Menjadi Cermin Krisis Literasi Seksual

29 Juli 2025
Selir

Ulasan Buku Concubines and Courtesans: Kisah Para Selir yang Mengubah Sejarah Islam

28 Juli 2025
Sekolah Rakyat

Ketika Sekolah Rakyat Menggusur SLB: Potret Pendidikan Inklusi yang Semu

28 Juli 2025
Tren S-Line

Refleksi Tren S-Line: Bagaimana Jika Dosa Kita Terlihat Jelas Atas Kepala?

27 Juli 2025
Ikrar Kesetiaan KUPI

Ketika Wisudawan Ma’had Aly Kebon Jambu Membaca Ikrar Kesetiaan KUPI, Bikin Merinding!

26 Juli 2025
Anak Bukan Milik Orang Tua

Anak Bukan Milik Orang Tua

25 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Selir

    Ulasan Buku Concubines and Courtesans: Kisah Para Selir yang Mengubah Sejarah Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membangun Rumah Tangga Ideal: Belajar dari Keseharian Rasulullah Saw

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Melawan Lupa terhadap Upaya Penghapusan Sejarah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • A Letter for 23: Pengalaman Perempuan Menjadi Sehat, Cerdas, dan Berdaya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • S-Line dan Pubertas Digital: Saat Tren Media Sosial Menjadi Cermin Krisis Literasi Seksual
  • Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim
  • Mengapa Politik Inklusif bagi Disabilitas Penting? 
  • ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi
  • Perempuan Melawan Lupa terhadap Upaya Penghapusan Sejarah

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID