• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Hentikan Rasisme dan Sikap Diskriminatif

Hal-hal demikian dapat kita lakukan sebagai bahan refleksi, di antaranya adalah dengan menanamkan kebiasaan berpikir rasional dan ilmiah

Efrial Ruliandi Silalahi Efrial Ruliandi Silalahi
31/05/2023
in Publik
0
Sikap Diskriminatif

Sikap Diskriminatif

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sebelum mengulas upaya menghentikan rasisme dan sikap diskriminatif, saya ingin berbicara mengenai sejarah kemunculan ras. Ide tentang ras tentunya mengacu pada kategorisasi manusia yang para antropolog dan filsuf lakukan di abad ke-18 lalu. Mereka menggunakan lokasi geografis dan ciri-ciri fisik orang (seperti warna kulit, tekstur rambut, ciri wajah, bentuk mata) dalam kelompok yang berbeda.

Motif dari pengelompokan ini sangat berhubungan erat dengan budaya perekonomian di masa lalu. Di mana orang-orang di masa itu melakukan praktik perbudakan. Meskipun praktik perbudakan [[mungkin]] tidak ada lagi di jaman sekarang, namun sejarah perbudakan sangat berdampak pada bagaimana orang dengan karakteristik tertentu mendapatkan perlakuan secara tidak adil dalam kultur sosial.

Apa Itu Rasis?

Rasis adalah sifat individu yang menilai atau memperlakukan orang maupun kelompok orang secara berbeda berdasarkan karakteristik fisik yang terlihat, seperti fitur-fitur pada wajah, warna kulit atau rambut, bentuk mata dan sifat morfologi (penampakan fisik) lainnya.

Nah, bagaimana sifat ini berkembang dalam diri manusia? Secara alamiah, manusia memiliki kecenderungan genetik untuk mempertahankan gennya atau membuat gennya dapat bertahan (dengan cara diturunkan kepada generasi berikutnya).

Maka dalam proses ini, manusia membutuhkan sumber daya. Keterbatasan sumber daya ini menjadi seleksi terhadap kelestarian gen. Sebagai contoh, keturunan seseorang bisa mati akibat kurangnya sumber daya makanan yang bergizi atau air bersih.

Baca Juga:

Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

Membuka Tabir Keadilan Semu: Seruan Islam untuk Menegakkan Keadilan

Kemanusiaan sebelum Aksesibilitas: Kita—Difabel

Dari situlah orang memiliki kecenderungan naluri untuk membantu orang lain yang memiliki kedekatan genetik dengannya dan mengorbankan yang tidak.

Misalnya berbicara mengenai kondisi bencana kelaparan, orang akan mengutamakan memberi makan anak kandungnya dibandingkan anak orang lain, atau saat terjadi bencana gempa bumi atau longsor, ketika mendapatkan bantuan dari yang bukan seagama ataupun satu suku, akan memiliki kesan maupun asumsi yang negatif terhadap bantuan tersebut.

Sikap diskriminatif ini ada dalam berbagai bentuk dan rasis adalah salah satu bentuknya. Kenapa bisa begitu? Padahal faktanya, kedekatan genetik itu tidak ditentukan oleh penampakan fisik?

Naluri tidaklah selalu benar. Ilustrasi sederhananya yakni kita mengembangkan naluri tidak secara rasional. Artinya, kita memang tidak secara sadar membangun naluri berdasarkan fakta-fakta. Naluri dengan sendirinya ada sebagai hasil campuran antara kecenderungan genetik dan ajaran budaya yang ditanamkan dalam proses kita bertumbuh.

Oleh karena itu, dorongan sikap diskriminatif yang ada di awal tadi, bisa berkembang menjadi sifat rasis yang berbasis pada penampakan fisik. Hal inilah kemudian diperparah dengan adanya dukungan dari ajaran budaya tertentu (dalam bentuk norma, kepercayaan, paradigma berpikir, nilai-nilai, dan lain sebagainya) yang membiasakan bersifat rasis.

Upaya Mengurangi Sifat Diskriminatif

Saat ini rasanya agak sulitnya untuk membangun kesadaran bersolidaritas. Dalam dunia yang semakin terbatas dan kompetitif, bakat sikap diskriminatif dalam diri manusia bisa jadi terpicu untuk menguat. Sehingga hal ini mempersulit upaya untuk membangun rasa kemanusiaan atau solidaritas manusia (humanity) yang solid.

Setidaknya, ada beberapa cara untuk mengurangi sifat diskriminatif, termasuk rasis, dalam diri masyarakat. Hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan sebagai bahan refleksi, di antaranya adalah dengan menanamkan kebiasaan berpikir rasional dan ilmiah. Hal ini sangat diperlukan untuk menjinakkan dorongan insting yang tidak sesuai fakta dan tidak sehat dalam diri kita.

Berikutnya dengan mengupayakan ketersediaan sumber daya dasar untuk semua. Tentunya sangat diperlukan agar orang merasa kebutuhannya bisa terpenuhi dengan baik tanpa harus mengorbankan orang lain. Dan terakhir, mengupayakan penghematan dan pelestarian sumber daya.

Kelangkaan dan krisis sumber daya bisa menyebabkan rusaknya solidaritas kemanusiaan. Maka dari itu, harus ada kebijakan publik yang mendorong masyarakat untuk menghemat dan melestarikan sumber daya yang ada.

Apakah Ras Punya Basis Ilmiah?

Jawabannya tergantung mendefenisikan ras yang kita pakai. Bila mendefenisikan ras adalah pengelompokan manusia berdasarkan ciri fisiknya, bisa kita katakan mempunyai basis ilmiah. Faktanya, manusia dari wilayah geografis yang berbeda cenderung memiliki penampakan fisik yang berbeda sebagai dampak dari perbedaan seleksi alamnya.

Namun, bila memakai ras sebagai acuan untuk membedakan asal geografis dan gen seseorang jelas hal itu tidak memiliki basis ilmiahnya. Sederhananya, tidak terbukti secara empiris.

Mengapa demikian? Seiring dengan berkembangnya teknologi transportasi dari masa ke masa, manusia dari berbagai wilayah di dunia banyak melakukan migrasi ke wilayah lain. Sehingga, sebaran gen yang tadinya cukup terisolasi di suatu wilayah mulai bermunculan di wilayah lainnya.

Kesimpulannya, kita tidak boleh melakukan pengelompokan orang bila tidak dengan defenisi yang jelas dan basis pembuktian yang ilmiah. []

Tags: BudayaDiskriminasietniskemanusiaanmanusiaRasRasismeSuku
Efrial Ruliandi Silalahi

Efrial Ruliandi Silalahi

Suka Menonton Film dan Pemburu Buku Gratisan

Terkait Posts

Inses

Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

17 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Inses

Inses Bukan Aib Keluarga, Tapi Kejahatan yang Harus Diungkap

17 Mei 2025
Kashmir

Kashmir: Tanah yang Disengketakan, Perempuan yang Dilupakan

16 Mei 2025
Nakba Day

Nakba Day; Kiamat di Palestina

15 Mei 2025
Nenek SA

Dari Kasus Nenek SA: Hukum Tak Lagi Melindungi yang Lemah

15 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version